50 Kata Kata Pasti ada Hikmah dibalik setiap Kejadian.

50 Kata Kata Pasti ada Hikmah dibalik setiap Kejadian.

Kumpulan | Kata Kata | Kalimat | Kutipan | Caption | Ucapan | Status | Quote | Mutiara | Bijak | Motivasi | Hikmah Kehidupan | Musibah dan Cobaan |

Ada beberapa definisi yang menjelaskan tentang hikmah itu apa. Menurut ilmu agama islam, Hikmah berasal dari kata Al-Hikmah yang artinya suatu keadilan atau kebijaksanaan (dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.). Sedangkan menurut ilmu bahasa, Hikmah adalah suatu arti dan makna yang terkandung dalam suatu kejadian atau peristiwa yang telah selesai.

Namun biasanya Hikmah sering dikaitkan dengan makna kejadian yang sudah dilalui, misalnya ketika menghadapi masalah dan cobaan kehidupan. Pada dasarnya cobaan adalah bentuk ujian dari Allah SWT untuk hamba-nya. Hampir seluruh manusia yang hidup saat ini pasti mempunyai cobaan-nya masing-masing, baik cobaan kesulitan maupun cobaan kesenangan.

Ketika menghadapi cobaan kehidupan. Kata hikmah sering kita gunakan untuk menguatkan diri untuk tetap tegar menghadapi cobaan. Contohnya saat kita kehilangan sesuatu, lalu kita berkata bahwa pasti ada hikmah dari sesuatu yang hilang tersebut. Hikmahnya apa ?. Mungkin saja sesuatu itu memang tidak baik untuk kita, atau bisa jadi Tuhan akan memberikan yang lebih baik daripada sesuatu yang hilang itu.

Walau terlihat cukup simple, namun entah kenapa, saat kita mengatakan “pasti ada hikmah disetiap kejadian” membuat hati ini seketika menjadi tenang dan tentram. Rasa cemas dan khawatir yang sebelumnya kita rasakan sedikit demi sedikit memudar.

Selain itu, kata kata hikmah yang keluar dari mulut juga menandakan bahwa kita adalah seorang yang mampu bersabar, bersyukur, dan menerima semua takdir yang telah Allah tetapkan untuk kita. Percayalah, disetiap kejadian pasti ada makna yang terkandung di dalamnya. Selagi kita sabar dan menjalaninya dengan ikhlas. Insha Allah kita akan memetik pelajaran berharga dari suatu kejadian yang akan berguna dan bermanfaat di kemudian hari.



50 KATA KATA HIKMAH KEHIDUPAN



Bangun dan teruskanlah berjuang. Jangan sesekali mengenal arti putus asa. Walaupun berapa banyak kita jatuh. Ingat, Allah senantiasa menemani kita setiap masa.

Jika kita mampu bersyukur dengan apa yang kita ada, kita takkan risau dengan apa yang bukan milik kita.

Jika kita inginkan yang terbaik, selalulah berikan yang terbaik, meskipun kita bukan yang terbaik.

Mensyukuri hari ini, mengikhlaskan apa yang telah berlalu.

Hikmah adalah barang hilang milik orang beriman. Dimana saja ia temukan, ambilah sebagai pelajaran.

Buatlah orang lain gembira, maka Allah akan mengembirakan kita dengan perkara yang tidak disangkakan.

Perbaikilah dirimu sendiri, maka orang-orang lain akan baik kepadamu.

Janganlah kamu sakiti siapapun jika sekiranya kamu tidak mau disakati oleh orang lain.

Hidup ini akan terasa indah jika kita mampu mengambil hikmah dari semua yang kita alami.

Orang yang hebat adalah orang yang dalam keadaan terburuk sekalipun bisa mengambil hikmah dan berubah menjadi lebih baik.

Masalah adalah sebuah anugrah dimana kita bisa mendapatkan hikmah dan memberikan inspirasi untuk bertindak.

Jika kita bersedia untuk menerima kehadiran seseorang, maka kita harus bersedia untuk kehilang orang tersebut.

Jadilah Anda dalam kehidupan orang lain bagaikan butiran gula. Meskipun tidak kelihatan, tapi tetap meninggalkan rasa manis.

Lebih baik kita menilai seribu kali diri kita sendiri sebelum kita menilai diri orang lain walaupun cuma sekali.

Apa yang Tuhan takdirkan itu adalah yang terbaik untuk hambanya. Setiap kejadian selalu ada hikmah yang Tuhan berikan.

Masalah adalah ujian pendewasaan. Tidak ada alasan menyalahkan orang lain. Benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa.

Jangan pergi terlalu jauh, karena suatu hari nanti, kamu perlu mundur sejenak untuk melihat apa yang telah kamu tinggalkan.

Yakinlah, ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran yang kau jalani, yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit.

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu.

Belajarlah mengalah hingga tak seorang pun bisa mengalahkanmu. Dan belajarlah merendah hingga tak seorangpun bisa merendahkan mu.

Pertolongan Allah mungkin datang tidak terlalu cepat dan tidak pula terlalu lambat. Tetapi ia hanyya selalu datang disaat yang tepat.

Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum.

Selalu ada harapan bagi mereka yang sering berdoa. Selalu ada jalan bagi mereka yang sering berusaha.

Sesungguhnya di balik kata"MAAF"ada janji ku untuk menjadi lebih baik dan tak mengulangi kesalahan yang sama.

Setiap nikmat yang ada membuat kita merasa bersyukur. Dan setiap musibah yang datang semakin menambah alasan kita untuk terus bersyukur.

Teruskanlah berbuat baik, berkata baik, memberi nasehat yang baik. Walaupun tidak ramai orang mengenalimu, cukuplah Allah mengenalimu lebih daripada yang lain.

Petiklah milyaran hikmah yang terdapat pada laut, niscaya laut tak akan pernah letih memberikan dirimu pelajaran tentang kehidupan.

Hikmah selalu dipetik setelah peristiwa. Maka jangan terburu-buru menghakimi keadaan dan menyerah terhadapnya agar hikmah itu dapat kita petik.

Orang yang pandai memahami musibah, dia akan tersenyum setiap menghadapi musibah. Karena terbayang hikmah yang akan didapatnya dibalik musibah tersebut.

Bersabar dalam marah bukan semudah kata-kata. Lidah diam tidak berkata, tapi hati sedang membara. Cuma aku sabar menghadapinya, sebab aku juga Takut kepada-NYA.

Masalah yang kamu hadapi bukan untuk menjatuhkanmu, tetapi agar kamu bisa berpikir lebih dewasa dari hari ini, kemarin, dan sebelumnya.

Jangan pernah jatuh tersungkur karna persoalan Dunia, bangkitlah dan jadikan sejarah masa lalu sebagai pengalaman yang berharga, galilah hikmah dan pelajaran untuk menatap masa depan yang penuh kebahagiaan.

Baca Juga: 30 Kata Kata Tidak ada Kata Terlambat dalam Hidup

Syukuri yang ada. Begitu banyak orang yang hanya bisa bermimpi memiliki yang kamu miliki. Syukuri apa yang ada padamu. Menikmati hidup bukan soal memiliki segalanya, tapi terus berusaha sambil tetap menikmati apa yang ada padamu.

Allah sebaik-baik perencana. Maka yakinilah bahwa apa pun itu, selalu ada hikmah di balik rencana-Nya.

Dalam setiap kegelapan pasti ada setitik terang. Dalam setiap doa selalu ada jawaban. Dalam setiap kesusahan pasti ada kemudahan. Dalam setiap ketidakmungkinan selalu ada keajaiban. Maka bersabarlah selalu.

Setiap ada awal pasti ada akhir, setiap ada masalah pasti ada solusi. Jangan pernah menyerah, percaya diri bahwa bahagia menanti. Ambilah hikmah dari setiap masalah/musibah. Karena mutiara pun terdapat di dalam kerang yang keras dan dalam.

Setiap kesabaran akan digantikan dengan kemenangan. Setiap kedukaan akan digantikan dengan kebahagiaan. Setiap perpisahaan akan digantikan dengan pertemuan. Setiap yang berakhir akan bertukar dengan permulaan. Setiap kejadian ada Hikmah yang diberikan.

Allah tak menjanjikan langit selalu biru, matahari tanpa hujan, dan kebahagiaan tanpa kesediaan. Namun, ia selalu menjanjikan kemudahan dalam setiap kesulitan dan hikmah dalam setiap cobaan.

Kita selalu bekerja keras untuk mencari rezeki sehingga lalai beribadah kepada Allah. Kita lupa yang rezeki itu bukan datang dari kerja keras kita, tapi dari Allah juga.

Jadilah manusia yang baik dalam pandangan ALLAH. Jadilah manusia yang buruk dalam pandangan diri sendiri. Jadilah manusia yang biasa dalam pandangan orang lain.

Ingatlah, apapun yang kamu hadapi saat ini, semua akan berlalu. Jadilah orang yang tetap sejuk di tempat panas. Tetap manis di tempat yang begitu pahit. Tetap merasa kecil meskupin telah menjadi besar. Tetap tenang di tengah badai yang paling hebat.

Apabila kita ridho pada sesuatu yang mengecewakan hati, Maka percayalah Allah akan menggantikan kekeccewaan itu dengan sesuatu yang tak disangka. Hadiah tak semestinya berbungkus dengan bahagia. Kadang ia berbungkus dengan ujian, tetapi didalamnya ada hikmah.

Hikmah sakit: "Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya" (HR Bukhori no 5680 dan Muslim no 2571).

Apabila dirimu dilanda ujian. Hidup dengan kesusahan, tekanan, dan kesedihan. Tabahkan hatimu. Ingatlah janji Allah bahwa "Sesungguhnya tiap-tiap kesulitan itu ada kemudahan (Al-insyirah;6)".

Labels: , ,