Kisah Sukses Michael Dell - Pendiri DELL INC (Dell Computer)

Kisah Sukses Michael Dell - Pendiri DELL INC

Dell Inc (dulunya Dell Computer Corporation) adalah sebuah perusahaan teknologi yang berpusat di Round Rock, Texas, Amerika Serikat. Perusahaan ini fokus memproduksi dan memasarkan perangkat keras teknologi seperti komputer pribadi, laptop, alat penyimpanan data, server, dan perangkat jaringan komputer.

Jika kamu adalah penggemar teknologi atau setidaknya mengikuti perkembangan teknologi mungkin tidak asing lagi dengan nama Dell, khususnya produk-produk komputer pribadi dari merk Dell, karena memang Dell merupakan salah satu perusahaan terbaik yang memproduksi perangkat Komputer.

Pendiri sekaligus CEO Dell Inc yakni Michael Dell yang merupakan sosok dibalik kesuksesan Dell nyatanya tidak mendapatkan keberhasilannya secara instan. Bahkan Michael Dell memilih Drop Out dari Universitas dan membangun dari nol Dell Inc hingga sebesar sekarang ini.

Lalu seperti apa cerita inspiratif dari Michael Dell sang pendiri Dell Inc ?. Nah berikut ini adalah pembahasan kisah sukses dari Michael Dell dari profil, biodata, hingga perjalanan hidup yang mungkin memberikan pelajaran berharga. Simak Penjelasannya.


Biografi

Michael Saul Dell lahir pada tanggal 23 Februari 1965 di Houstin, Amerika Serikat. Michael dilahirkan dari keluarga yang berada, ayahnya bernama Alexander Dell, seorang ahli ortodontik dan ibunya bernama Lorraine Charlotte adalah seorang pialang saham.

Sama seperti para tokoh teknologi lainnya, michael dell sejak muda sudah menunjukan ketertarikannya pada komputer, dan disisi lain ia juga mengaku tertarik dengan pasar saham dan bisnis. Dia kemudian mempelajari beberapa aspek keuangan dari Ibunya.

Walaupun dilahirkan dari keluarga yang berkecukupan, namun jiwa bisnis michael sudah mulai terasa sejak kecil. Pada usia 12 tahun, Michael mengawali bisnisnya menjadi seorang penjual koran dan perangko. Dari pekerjaan ini, michael setidaknya mendapatkan income $2000, jumlah itu dirasa sudah sangat banyak untuk seorang anak muda.

Tidak hanya itu, ketertarikan michael juga terjadi pada bidang teknologi. Pada usianya beranjak 15 tahun, ia mendapatkan komputer pertamanya “Apple II”. Michael lalu membongkar dan mempelajari komponen dan mengamati bagaimana cara kerja dari sistem komputer.

Ketika michael belajar di Memorial High School di Houston, ia sempat bekerja sebagai penjual koran langganan di 'Houston Post'. Ilmu bisnisnya kembali terasah ketika ia menyadari bahwa metode penjualan koran di Houston Post ternyata tidak efektif. Michael kemudian merancang rencana pemasaran baru yang terbukti lebih berhasil. Hanya butuh waktu dalam setahun, michael sukses memperoleh pendapatan sebesar $ 18.000.

Namun, Michael lebih memilih kuliah di University of Texas dengan tujuan untuk menjadi dokter, namun Michael memutuskan untuk drop out dari kuliah dikarenakan ingin memulai bisnisnya sendiri, walaupun usianya pada saat itu masih 19 tahun.

Dari sinilah, keinginan michael dell untuk menjadi seorang pengusaha semakin kuat. Namun, orang tuanya ingin michael menjadi seorang dokter, lalu pada tahun 1983, ia mendaftar di University of Texas di Austin.

Walaupun mengambil jurusan kesehatan, michael tetap menyimpan keinginan pada mimpi kewirausahaanya. Diam-diam, ia mendirikan sebuah usaha kecil yang di beri nama “PC’S Limited” dari kamar asramanya hanya berbekal modal $US 1000. Usaha tersebut menjual komputer rakitan sendiri dengan spesifikasi unggulan dan harga yang jauh lebih terjangkau.

Bisnisnya berjalan dengan sangat baik, dan tak lama, michael dell memutuskan untuk berhenti dari kuliah (Drop Out) agar bisa fokus untuk usahanya ini.

Kemudian michael dell melucurkan produk pertama “PC’S Limited” yang diberinama “Turbo PC”. Pilihan michael dell untuk fokus di bisnis tampaknya sangat tepat. Di tahun pertama, ia mendapatkan pendapatan sebesar $US 73 Juta dari hasil penjualan bisnisnya.

Pada tahun 1988, michael dell lalu mengganti nama “PC’S Limited” menjadi “Dell Computer Corporation”, dan mulai berekspansi secara global.


Kejayaan Dell

Dell pelan namun pasti menjadi perusahaan yang meraksasa. Bahkan pada tahun 1992, majalah Fortune menempatkan Dell Computer Corporation dalam daftar 500 perusahaan terbesar di dunia.

Baca Juga: Kisah Sukses Pendiri TENCENT GROUP - Ma Huateng

Pada tahun 2000, Michael Dell menjadi seorang miliarder dengan perusahaannya yang memiliki kantor di 34 negara dan jumlah karyawan lebih dari 35.000. Di tahun berikutnya, Dell Computer berhasil melampaui pesaingnya yakni Compaq Computer sebagai pembuat PC terbesar di dunia.

Saat ini kompetisi produsen perangkat PC sangat ketat, kedikdayaan Dell sebagai raja industri komputer dunia juga diganggu oleh pesaing-pesaingnya. Bahkan menurut data dari Businees insider tahun 2017, Dell terlempar di posisi 3 sebagai perusahaan PC terbesar di dunia setelah disalip oleh HP dan Lenovo.

Walaupun demikian, tidak serta merta membuat Dell sebagai perusahaan PC terbaik di dunia luntur. Bahkan pendirinya yakni Michael Dell sukses di nobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia, hal ini menjadi bukti bahwa Dell Computer (saat ini Dell Inc) masih merajai pasar PC dunia.

Menurut data dari Forbes yang diambil pada tanggal 29 Desember 2017, Michael Dell menduduki posisi ke 38 sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar $US 20,4 Miliar atau sekitar Rp 265 Triliun.

Labels: ,