Kisah Sukses Tim Cook - CEO Apple Inc

Kisah Sukses Tim Cook - CEO Apple Inc

Apple adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia saat ini. Apple adalah pioneer lahirnya smartphone dan menjadi merk paling bernilai di dunia, hampir setiap inovasi yang diluncurkan oleh Apple meledak dipasaran. Nah dari nama besar Apple ini, apakah kita semua tahu siapa sosok dibalik kesuksesan Apple ?.

Ketika kita mendengar nama Apple, mungkin kita lebih familiar dengan nama Steve Jobs ketimbang Tim Cook. Yaps Steve Jobs adalah pendiri Apple, maka tidak heran kenapa nama Steve Jobs itu lebih populer ketimbang Tim Cook. Namun saat ini era Steve Jobs sudah terlewatkan, kini Apple berada dibawah pimpinan Tim Cook yang merupakan CEO baru Apple.

Lalu siapa Tim Cook ?. Seperti apa kisah sukses Tim Cook sampe-sampe dia ditunjuk menjadi bos Apple ?. Nah berikut ini kita akan membahas tentang cerita inspiratif dari Tim Cook yang meliputi Biografi, profil, dan perjalanan hidup. Simak Penjelasannya.


Biografi Singkat

Timothy Donald Cook atau lebih dikenal Tim Cook lahir di Robertsdale, Alabama, Amerika Serikat, pada tanggal 1 November 1960. Ayahnya bernama Donald yang merupakan pekerja salah satu perusahaan, sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Cook adalah lulusan dari Auburn University dengan gelar sarjana teknik industri. Cook juga mendapatkan gelar MBA dari Duke of Fuqua School of Business di Duke University. Selain itu, Cook dianugerahi gelar "Fuqua Scholar" (Gelar kehormatan yang diberikan kepada siswa berprestasi).


Mulai Berkarir

Setelah menyelesaikan pendidikan akademiknya, Cook memulai karir dalam bidang teknologi komputer dan bergabung dengan IBM. Di IBM, Cook menjalani kewajibannya hingga ia di angkat sebagai jajaran fulfillment director wilayah Amerika Utara. Dalam jabatan ini, Cook bertanggung jawab mengelola fungsi manufaktur dan distribusi perusahaan komputer pribadi IBM di Amerika Utara dan Amerika Latin.

Setelah 12 tahun bekerja untuk IBM. Pada tahun 1994, Cook bergabung dengan Intelligent Electronics sebagai Chief Operating Officer pada Divisi Reseller. Setelah itu pada tahun 1997, Cook memutuskan untuk bekerja di Compaq Computer Corporation dengan posisi Vice President of Corporate Materials, ia bekerja di Compaq selama 6 bulan.


Memulai Karir di Apple

Salah satu alasan kenapa Cook keluar dari Compaq adalah karena ia memutuskan untuk bergabung dengan Apple. Cook mulai bekerja di Apple pada awal tahun 1998, sebelum Apple mengembangkan produk seperti iMac, iPod, iPhone, atau iPad. Saat Cook bergabung dengan Apple, perusahaan ini sedang mengalami penurunan financial, banyak masalah-masalah yang terjadi di Apple.

Tapi masalah-masalah ini mulai teratasi setelah Cook mengabil alih posisi jabatan Vice President. Kurang dari setahun, Financial Apple kembali bangkit. Cook akhirnya kembali dipromosikan menjadi Executive Vice President and then Chief Operating Officer, disini ia bertanggung jawab untuk mengelola penjualan dan projek ekspansi Apple di seluruh dunia.


Dianggkat CEO

Pada tahun 2011, Pendiri Apple yaitu "Steve Jobs" mengudurkan diri sebagai CEO Apple karena mengalami sakit. Steve Jobs mengundurkan diri pada tanggal 24 Agustus 2011. Apple yang tidak mau mengalami krisis kepemimpinan langsung menunjuk Tim Cook yang pada saat itu menjabat Direktur Operasional menjadi CEO Apple baru. Selain itu, Cook juga duduk di dewan direksi Apple.

Baca Juga : Kisah Sukses Pendiri Perusahaan Apple Inc - Mendiang Steve Jobs

Dibawah kepemimpinan Tim Cook, Apple mampu mempertahankan dominasinya dalam bidang teknologi. Salah satu hasil kerja keras Cook adalah pada bulan Mei 2014 yang berhasil mengakuisisi Beats Music and Beats Electronics seharga US$ 3 miliar. Pada bulan juni 2014, Cook mengumumkan bahwa Apple akan merilis sistem operasi terbaru untuk desktop dan mobile.

Pada bulan september 2014, Cook meluncurkan iPhone 6 yang memiliki fitur baru bernama "Apple Pay" dan "Burst Selfies". Pada tahun 2015, Cook merilis produk terbaru Apple pertama dibawah kepemimpinannya yaitu "Apple Watch", sebuah perangkat yang bisa mendeteksi kebugaran dan kesehatan manusia. Dan yang terbaru, Pada tahun 2017 Apple meluncurkan iPhone X dengan fitur sistem pengenal wajah.

Pada bulan November 2011, majalah Forbes menobatkan Cook sebagai salah satu orang yang paling terkenal di dunia. Cook juga digadang-gadang sebagai CEO termahal karena bayarannya yang sangat tinggi.

Labels: ,