Kisah Sukses Pendiri Wordpress - Matt Mullenweg


Bagi para developer Website dan Blog, mungkin tidak asing lagi saat mendengar nama Wordpress. Ya Wordpress adalah salah satu aplikasi CMS penyedia konten dan web hosting (blog engine) saat ini, selain itu, wordpress juga bersifat open source (terbuka), jadi siapapun bisa saja mengembangkan aplikasi berbasis website di platform wordpress.

Walaupun yang ada di wordpress tidak semuanya bersifat gratis, namun platform ini justru menguasai pasar website di dunia, artinya, para pengembang website saat ini lebih memilih platform Wordpress untuk mengembangkan website atau blog mereka ketimbang menggunakan aplikasi yang serupa.

Nah bagi kamu yang seorang blogger atau seorang admin website yang menggunakan Wordpress sebagai CMS nya, apakah kamu mengenal siapa sosok dibalik Wordpress, jangan hanya bisa menggunakan wordpress nya aja tapi gak kenal siapa sih pendiri nya.

Dia adalah Matt Mullenweg, seorang laki-laki berkewarganegaraan Amerika Serikat yang berhasil membangun wordpress dari nol hangga jadi besar seperti saat ini. Lalu bagaimana cerita sukses Matt Mullenweg saat membuat Wordpress ? Berikut adalah Biografi, profil, hingga Kisah Inspiratif dari Matt Mullenweg sang Owner sekaligus Founder Wordpress. Simak Penjelasannya.


Biografi Singkat


Matthew Charles atau Matt Mullenweg dikenal sebagai pendiri Wordpress, dan Owner sekaligus CEO Automattic. Ia lahir pada tanggal 11 Januari 1984 di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Sejak kecil, kedua orang tua Matt Mullenweg menggiringnya untuk menyukai musik. Ia lalu diperkenalkan dengan berbagai macam alat musik khususnya alat musik saksofon. Matt Mullenweg lalu masuk di SMA bernama High School for the Performing and Visual Arts dan terus menekuni musik jazz dan saksofon.

Setelah lulus SMA, Matt Mullenweg melanjutkan studinya di University of Houston mengambil jurusan politik, Saat kuliah inilah Matt Mullenweg mulai membangun Wordpress. Pada bulan januari 2003, Matt Mullenweg bersama Mike Little memutuskan untuk membuat wordpress yang dimulai dengan membangun kodebase untuk wordpress. Diusianya yang terbilang cukup muda, Matt Mullenweg sudah bisa mendirikan Gobal Multimedia Protocol Gruop.

Pada tahun 2004,  Matt Mullenweg bergabung dengan CNET perusahaan situs web yang menerbitkan artikel berita, teknologi dan podcast, namun Matt Mullenweg harus merelakan studinya karena ia memilih untuk drop out, kemudian ia pindah ke San Fransisco, AS. Matt Mullenweg bekerja di perusahaan CNET sambil mengembangkan situs Wordpress.


Mendirikan Automatic


Pada bulan Oktober 2005, Matt Mullenweg keluar dari CNET untuk fokus pada Wordpress secara penuh. Setelah keluar dari CNET, Mullenweg membuat "Akismet" yang berfungsi untuk menghentikan dan melacak komentar spam. Pada bulan Desember 2005, Mat Mullenweg mendirikan sebuah perusahaan bernama "Automattic" dibawah nama Wordpress dan Akismet. Automattic mempekerjakan orang-orang yang sebelumnya berperan dalam proyek Wordpress itu sendiri.

Pada bulan 2006, Mat Mullenweg merekrut mantan CEO Oddpost dan eksekutif Yahoo! "Toni Schneider" untuk bergabung dengan Automattic sebagai CEO. Tepat, perusahaan Automattic akhirnya mendapatkan dana segar sekitar US$ 1,1 Juta dari Polaris Venture, True Ventures, Radar Ventures, dan CNET.


Kesuksesan Wordpress dan Automattic



Entah kebetulan atau tidak, dua perusahaan Auotomattic dan Wordpress tumbuh beriringan, dimulai dari Automattic yang sukses mendapatkan dana besar kedua mereka senilai US$ 29,5 juta, dana tersebut digunakan supaya perusahaan ini tetap Independen atau berdiri sendiri.

Sama halnya dengan Wordpress. Pada bulan januari 2009, San Fransisco Business Times menyebutkan trafict situs Wordpress tumbuh lebih cepat daripada layanan yang serupa seperti Blogger dari Google, dan Six Apart. Dalam sebuah wawancara, Mat Mullenweg mengungkapkan bahwa perusahaan Wordpress tumbuh dengan sangat cepat, bahkan pertumbuhan lalu lintas organik mencapai 10% disetiap bulannya. yang lebih mencengangkan adalah ada setidaknya lebih dari 15 ribu blog baru yang di host oleh Wordpress setiap harinya diawal awal Wordpress berdiri.

Pada bulan juli 2011, blog Wordpress melewati anggka 50 juta blog secara global. Dan pada bulan mei 2012, All Things D melaporkan bahwa Wordpress benar-benar mendominasi situs dengan sudah merilis 70 juta situs yang menggunakan Wordpress sebagai CMS. Hal ini menghasilkan pendapatan sebesar US$ 45 juta pada tahun 2012.


Penghargaan Matt Mullenweg


Pada bulan Maret 2007, Matt Mullenweg mendapatkan penghargaan sebagai 16 of the 50 most important people on the web by PC World. Ditahun yang sama, Matt juga dikabarkan telah menolak tawaran sebesar US$ 200 juta untuk membeli perusahaan miliknya bernama Automattic. 

Pada tahun 2008, Matt menerima the Information Technology Innovator Award. Salah satu penghargaan paling prestius yang didapat Matt adalah ketika ia dinobatkan sebagai salah satu dari 10 orang berpengaruh di dunia online pada tahun 2011.

Dari data The Richest, diketahui bahwa kekayaan bersih Matt Mullewenweg bernilai sekitar US$ 40 juta. Sementara WordPress sendiri, berdasarkan data Forbes, bernilai US$ 1,16 miliar.

Labels: