Sulit Mengingat ? Inilah 10 Cara Positif Menghafal Dengan Cepat

Sulit Mengingat ? Inilah 10 Cara Positif Menghafal Dengan Cepat

Salah satu hal yang cukup sulit bagi kebanyakan orang adalah menghafal sesuatu. Menghafal adalah cara kita untuk mengingat sesuatu dan tidak melupakannya, apakah kamu masih ingat ketika masih sekolah atau kuliah, kita sering sekali disuruh oleh guru dan dosen untuk menghafal pelajaran dan materi sebelum ujian.

Mungkin bagi orang yang rajin dan pintar, mereka tidak perlu lagi menghafal, karena semua materi sudah di luar kepala, alias sudah paham dan mengerti. Tapi gimana jika kita adalah seorang yang kebiasaan malas, sudah berusaha menghafal tapi malah gak hafal-hafal, giliran sudah hafal, eh taunya 10 menit kemudian malah gak inget lagi. Nah hal inilah yang sebenarnya menjadi masalah untuk kita, kadang kita jadi sakit kepala dan stress karena memaksakan untuk mengingat sesuatu.

Setiap orang memiliki daya ingat yang berbeda-beda, ada yang cepat hafal, ada juga yang lambat untuk menghafalkan sesuatu, Tapi sebenarnya lupa itu adalah hal yang wajar, semua orang pasti pernah jadi pelupa. Nah tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah 10 cara dan tips menghafal sesuatu dengan cepat dan tahan lama.


1. Membaca Berulang-ulang kali.

Untuk menghafalkan sesuatu, ada baiknya kita membacanya berulang-ulang. Misalnya kamu ingin menghafalkan materi yang diberikan. kamu cukup membaca materi tersebut, setelah selesai, bacalah kembali materi itu. Lakukan ini secara berulang-ulang sampai kamu merasa bahwa kamu sudah sedikit hafal materi tersebut. Hal ini akan membantu otak merekam apa yang kamu baca, dan secara perlahan, kamu akan inget apa yang ingin dihafalkan.


2 Menulis apa yang ingin dihafal.

Kamu merasa gak waktu sekolah dulu, kita sering disuruh guru untuk menyalin dan menulis materi ke buku lain, padahal kita punya buku materi tersebut, untuk apa lagi coba disalin ke buku yang lain, membuang-buang waktu dan pikiran aja.

Namun, ada sesuatu makna yang terselip ketika kita menyalin materi ke buku lain, maknanya adalah agar kita bisa mengingat dengan mudah materi tersebut. Ketika kita mengalin materi, kita akan membaca materi, mengingat sejenak materi tersebut, lalu menulisnya di buku. Jadi ada tiga kali perulangan, membaca, mengingat, dan menulis. tiga perulangan ini dilakukan dalam waktu yang singkat, hasilnya kita akan mengingta dengan lebih cepat


2. Merekam lalu dengarkan.

Kadang ada sifat seseorang yang lebih mudah untuk mengerti karena ia mendengarkan materi daripada ia membaca materi. Memang sih, kita cenderung lebih cepat paham dengan cara mendengarkan daripada membaca. Karena ketika mendengarkan, kita biasanya mendapatkan penjelasan yang lebih detail, berbeda saat kita membaca yang mana kita hanya disodorkan dengan tulisan-tulisan saja. Ibaratkan kamu pengen curhat, lebih lega ketemu langsung, atau hanya sekedar chat doang.? Ketemu langsung kan.

Untuk itu, kamu boleh minta bantu orang lain untuk menjelaskan materi yang ingin kamu hafal. Tapi kalo gak ada orang yang bisa membantu, kamu cukup merekam apa yang hendak dihafal, lalu dengarkan apa yang kamu rekam.


4. Mengubah suku katanya.

Cara selanjutnya bagaimana kita bisa menghafal sesuatu dengan cepat adalah dengan cara mengubah suku katanya. Bisa mengubahnya kata-katanya dengan kata-kata yang mudah dimengerti, atau mempersingkat kosa katanya supaya kamu mudah mengingatnya.

Misalnya seperti ini. Kamu pernah mendengar kata "mejikuhibiniyu". itu adalah warna pelangi yang dipersingkat dengan arti (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu).

Dengan mempersingkat kosa kata seperti contoh diatas, kita bisa dengan mudah untuk menghafalkan warna-warna pelangi. Coba kalo kata katanya gak disingkat, mungkin aja kita lupa salah satu atau urutan warna pelangi tersebut.

Sama halnya ketika kamu ingin menghafalkan sesuatu. Jangan dibuat ribet, karena bisa-bisa buat kamu sakit kepala sendiri, jadi menghafalah dengan cara yang sederhana.


5. Mengubahnya menjadi lirik lagu.

Ketika mendengarkan lagu, kamu merasa gak kalo lirik lagu itu mudah sekali untuk kita hafalkan. padahal kita sama sekali gak merencanakan untuk menghafalkan lirik lagu itu. Lalu kenapa ini bisa terjadi. ? Lagu mengekpresikan apa yang sedang kita rasakan, apalagi jika kita terus-menerus mengulang-ngulang lagu tersebut, hal ini akakn membantu otak untuk merekam apa yang kita ulangi. Maka gak heran kenapa lirik lagu terasa sangat mudah dihafalin.

Untuk menghafal sesuatu, kita bisa mengubah kata-katanya menjadi lirik lagu. Memang sih, hal ini dirasa cukup lebay, tapi untuk usaha menghafalkan sesuatu, menjadikannya lirik lagu bisa kita manfaatkan.


6. Konsentrasi pada hafalan kamu saja.

Untuk bisa menghafal dengan cepat, konsentarsilah pada hafalan kamu aja. Jangan menambah beban sesuatu hafalan yang baru. Misalnya kamu hari ini pengen ngafalin ini, tapi sejam kemudian, kamu juga pengen menghafalkan itu, bisa-bisa pikiran kamu akan jadi lebih mumet.

Oleh karena itu, biasakan untuk fokus dengan hafalan yang penting aja. Jika apa yang ingin di hafalkan memang banyak, usahakan untuk menghafakannya satu per satu. Jika materi pertama sudah hafal, kamu bisa melanjutkannya dengan hafalan materi berikutnya.


7. Pahami secara luas apa yang dihafalkan.

Ada baiknya kita untuk memahami secara luas apa yang saat ini kita hafalkan, jangan bisanya ngafalin doang, tapi gak tau apa sih yang kamu hafalin itu. Bisa jadikan apa yang kamu hafalin itu mempunyai fungsi dan makna pelajaran hidup. Dan biasanya saat kita tahu apa maksud dari hafalan itu, membuat kita jadi bersemangat untuk menghafalkan materi tersebut.


8. Jangan terburu-buru.

Untuk bisa menghafalkan sesuatu itu butuh proses, gak bisa dalam waktu yang sekejab mata doang. Walaupun kamu mempunyai waktu yang deadline, tapi gak mesti juga untuk memaksakan 1/2 menit "kamu harus hafal". Kalo masih memaksakannya, percaya deh, kepala kamu akan makin puyeng. :)

Jadi gak harus juga untuk terburu-buru menghafalkan materi. Cobahlah untuk menghafalnya, kata demi kata, lalu, kalimat demi kalimat, hingga, lembar demi lembar. Maka materi yang kamu hafalkan gak akan bertahan dengan lama, dan tidak akan buat kamu cepat lupa.


9. Motivasikan diri.

Perlu diketahui bahwa segala sesuatu pasti perlu motivasi. Motivasi berguna untuk kita lebih semangat dalam melakukan segala hal. Termasuk ketika kita saat ini sedang menghafalkan sesuatu. Yuk berpikir lagi apa sih yang membuat kamu bisa termotivasi dan bersemangat untuk menghafal materi ini, bisa berupa prestasi yang mungkin aja akan kamu dapatkan jika kamu bisa menghafal materi tersebut. atau hal-hal yang keren lainnya.

Baca Juga : 30 Kata Kata Motivasi Keren


10. Rileks.

Yang terpenting dari itu semua adalah jangan pernah kamu merasa terbebani untuk menghafal sesuatu. Jangan menyalahkan kata "menghafal" sebagai alasan kamu seakan melupakan segalanya. Lupa makan ataupun lupa untuk tidur. Ada kalanya sih kamu untuk rileks supaya pikiran kamu bisa menerima materi yang kamu hafalkan.

Labels: ,