Kisah Pendiri Tokobagus (OLX) - Arnold Sebastian Egg

Kisah Pendiri Tokobagus (OLX) - Arnold Sebastian Egg

Tokobagus sekarang OLX Indonesia adalah salah satu platform ecommerce yang fokus menyediakan iklan baris dan melakukan traksaksi jual beli produk secara online. saya sendiri biasanya menggunakan OLX untuk menjual barang-barang bekas (second) dan benda yang tak terpakai namun masih sangat layak untuk digunakan.

Pertama kali mendengar nama Tokobagus.com, mungkin terbesit di pikiran kita bahwa pendirinya adalah orang asli Indonesia, karena memang nama Tokobagus sendiri sangat kental dalam bahasa Indonesia. Tapi siapa sangka, pendiri tokobagus adalah orang asing berkewarganegaraan Belanda.

Dia adalah Arnold Sebastian pendiri situs Tokobagus atau sekarang OLX.co.id. Lalu gimana cerita sukses Arnold Sebastian saat mendirikan situs jual beli online ini ?. Berikut ini adalah kisah inspiratif dari owner Tokobagus yang meliputi profil, biografi, hingga perjalanan hidup dari Arnold Sebastian. Simak Penjelasannya.


Profil Arnold Sebastian


Arnold Sebastian lahir di Gauda, Belanda. Ia adalah seorang lulusan dari Fakultas Teknologi Informasi dari James Madison University, AS. Setelah lulus, ia mengawali karirnya sebagai seorang Freelance Programmer dengan membuat situs-situs perusahaan. Walaupun pekerjaannya pada saat itu sudah sangat mapan, namun ia memiliki ambisi yang sangat besar ,yakni membuat situs layaknya Amazon.com, sebuah perusahaan yang menjual unit buku secara online.


Cikal Bakal Berdirinya Tokobagus


Takdir pun berkata lain, pada tahun 2000 ia akhirnya mendarat di pulai Bali untuk berlibur disana, Saat singgah di Bali, Terbesit di pikiran Arnold Sebastian untuk mewujudkan impian membangun ecommerce layaknya Amazon di Indonesia. Menurut Arnold Sebastian, ia melihat internet sudah berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, namun ia melihat bahwa bisnis online masih belum banyak yang tergarap di Indonesia.

Selain itu, Indonesia memiliki potensi besar dikarenakan penduduk Indonesia yang sangat banyak. Dari sinilah Arnold Sebastian mulai merombak tujuannya datang ke Indonesia. dan memulai mewujudkan Impiannya membangun ecommerce Indonesia.

Berbekal pengalamannya membuat situs-situs perusahaan, Arnold Sebastian mengajak rekannya bernama Remco Lupker untuk mulai mendesain tampilan dan sistem untuk situs yang ingin mereka buat, mereka merancang situs ini dari sebuah rumah kontrakan di Bali. dan pada tahun 2005 mereka resmi meluncurkan sebuah ecommerce yang di berinama Tokobagus.com

Baca Juga : 30 Kata Kata Berani Mengambil Resiko untuk Berubah

Awal mulanya, Tokobagus hanya mendapatkan beberapa ribu pengunjung saja perharinya, walaupun sang pendiri Arnold Sebastian terus berupaya untuk membesarkan nama tokobagus agar makin dikenal masyarakat. Namun, ketika tokobagus mendapatkan suntikan investasi, mereka akhirnya berekspansi dengan terus memperkenalkan situsnya lewat iklan televisi maupun cetak. dan hingga saat ini, situs olx sudah mendapatkan jutaan pengunjung setiap harinya.


Nama Toko Bagus


Ada kisah unik mengapa Arnold Sebastian memberikan nama tokobagus di situs yang ia buat. Arnold menjelaskan bahwa pemilihan nama tokobagus sendiri memiliki dua makna yakni toko dan bagus. kata toko karena situsnya mendesain setiap user dapat domain atau shop alias toko sendiri Sedangkan, saya pilih bagus karena ia sering melihat dan mendengar kata bagus untuk nama toko di Indonesia


Perubahan Tokobagus menjadi OLX


Banyak yang menyayangkan peruabahan nama tokobagus menjadi OLX Indonesia, karena brand tokobagus pada saat itu sudah sangat melekat di penduduk Indonesia. Tokobagus sendiri resmi berubah nama menjadi OLX Indonesia (olx.co.id) pada tanggal 20 Mei 2014. yang diikuti situs Berniaga yang masuk ke dalam bagian OLX Indonesia. OLX sendiri saat ini dimiliki oleh perusahaan Naspers.

Labels: ,