Kisah Inspiratif "Blake Ross" - Pembuat Mozilla Firefox



Para pengguna internet, khususnya yang sering berselanjar di mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. pasti mengenal namanya Mozilla Firefox. Aplikasi ini adalah Browser perambanan web lintas platform gratis. Namun siapa menyangka, browser Mozilla diciptakan oleh anak muda, siapa dia ?

Dia adalah Black Ross dan Dhave Hyatt yang dikenal sebagai Founder atau pencetus Mozilla Firefox. Namun kali ini kita akan membahas tentang Black Ross, dari Biografi, Profil hingga cerita sukses dari Black Ross ketika membuat aplikasi browser Mozilla Firefox. Simak Penjelasannya.


Biografi Singkat


Blake Ross lahir pada tanggal 12 Juni 1985 di Miami, Florida, Amerika Serikat. Ross adalah seorang anak yang pintar tentang pemrograman komputer, bahkan sejak umurnya 10 tahun, Ross telah bisa membuat website pertamanya. Kemudian, Blake Ross mulai bekerja di Netscape Communications Corporation pada umur 15 tahun.

Setelah lulus SMA. Pada tahun 2003, Blake  Ross diterima di salah satu universitas terbaik dunia yakni Standford University. Setelah kulianya berjalan satu tahun, Ross mulai mengembangkan aplikasi Mozilla sebagai web browser di Internet yang mana pada waktu itu aplikasi browser dikuasi oleh Internet Explorer dan Netscape Novigator. Pada tahun 2004, akhirnya Mozilla Firefox dirilis secara resmi oleh ke publik dimana kala itu Blake Ross masih berusia 19 tahun. Pada tahun 2005, Blake Ross memutuskan untuk keluar dari Standford University.


Masuk Majalah Wired & Rolling Stones


Blake ross masuk nominasi dalam penghargaan majalah Wired, dalam kategori Renegade of the Year. Pesaingnya untuk menerima penghargaan ini adalah dua pendiri dari Google yaitu Sergey Brin, dan Larry Page serta Jon Stewart, ditahun yang sama juga ia masuk dalam majalah rolling Stone dalam 2005 Hotlist.

Blake Ross membuat awal yang baru dengan kawannya yang merupakan mantan pegawai Netscape bernama Joe Hewitt, dia merupakan pencipta dari aplikasi Firebug yang mempunyai fungsi dalam hal antarmuka firefox dan juga kode-kode penyusun. Mereka berdua kemudian bekerja sama dalam menciptakan aplikasi bernama parakey, yakni sebuah antarmuka pengguna baru yang didesain untuk menjembatani kesenjangan antara desktop dan web atau bisa disebuat sebagai Sistem Operasi Web. Kemudian pada tanggal 20 Juli 2007, BBC memberitakan bahwa facebook berhasil membeli Parakay.


Firefox Buatan Blake Ross




Blake Ross menciptakan mozilla firefox diilhami dari perang web browser tahun 1998 antara Internet Explorer dan Netscape yang dimenangkan oleh Internet Explorer buatan Microsoft, Netscape tidak menyerah, mereka membuka kode program dari aplikasi Netscape sehingga dapat dikembangankan oleh pengembang lain hal ini kemudian yang memicu Blake Ross membuat Firefox. Logo yang dipilih Blake Ross untuk mozilla firefox yaitu seekor burung phoenix dengan warna abu-abu Mozilla dan Netscape. Kemudian berubah menjadi Logo Rubah Api.


Keunggulan Mozilla Firefox



Dalam waktu yang cukup singkat, Firefox cepat diterima oleh masyarakat dan merupakan web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna Internet disluruh dunia. Bayangkan saja disaat peluncuran versi Firefox 2.0, pengguna yang mengunduhnya lebih dari 2 Juta orang hanya dalam tempo 24 jam saja.

Keunggulan lainnya dari Firefox adalah program yang dibuat sangat cepat, stabil, mudah digunakan untuk pengguna rumahan serta aman dari gangguan iklan serta virus selain itu Firefox juga didistribusikan secara gratis dan bersifat open source artinya mudah dimodifikasi oleh komunitas atau pengembang.

Labels: ,