30 Kata Kata Ikhlas dan Sabar Menerima semua Kenyataan Hidup

30 Kata Kata Ikhlas dan Sabar Menerima semua Kenyataan Hidup

Kumpulan | Kata Kata | Kutipan | Kalimat | Ucapan | Caption | Status | Quotes | Motivasi | Bijak | Mutiara | Ikhlas | Sabar | Menerima | Bersyukur |

Secara harfiyah, ikhlas artinya tulus dan bersih. Adapun secara umum ikhlas adalah suatu kondisi dari suasana hati yang bisa menerima semua kejadian yang ada pada dirinya. Ikhlas bisa juga dikaitkan dengan makna merelakan atau kehilangan. Kata ikhlas tidak bisa dipisahkan dengan kata sabar karena memang sabar dan ikhlas mempunyai makna yang hampir sama.

Ketika cobaan dan masalah datang, memang sulit untuk tidak menimbulkan rasa kecewa tanpa adanya keikhlasan dan kesabaran yang mencegah orang merasakan sedih yang berlarut-larut. Ikhlas dan sabar memang sangat mudah untuk dikatakan, namun sangat sulit untuk dilakukan. Karena ini menyangkut tentang kenyataan hidup yang sebenarnya, kenyataan hidup yang mana membuat kita seringkali menyalahkan diri sendiri dan terpaku dengan rasa penyesalan. Walaupun demikian, sabar dan ikhlas justru membuat kita semakin kuat menerima sebuah takdir yang telah ditetapkan Tuhan yang maha esa.

Kami membagi dua golongan kata ikhlas yang biasanya sering kita rasakan, yaitu saat menerima dan saat merelakan. Menerima adalah kejadian baik maupun buruk yang sudah terjadi yang mau tidak mau harus kita jalani dengan rasa bersyukur. Sedangkan merelakan biasanya terjadi saat mengalami sebuah kehilangan sesuatu atau sebuah perpisahaan sama seseorang.

Memang benar bahwa kita bisa menilai seseorang melalui seberapa ikhlas dan sabar mereka saat menerima sebuah ujian hidup. Tak peduli ujian ringan ataupun berat, seseorang yang kuat mampu menerima dan mensyukuri semua yang telah terjadi tanpa ada sedikitpun rasa menyesal dan mengeluh.

Ada sebuah pertanyaan yaitu "seberapa penting kah kata sabar dan ikhlas itu ?" Jelas jawabannya adalah sangat penting. Untuk golongan apapun, orang dewasa ataupun anak muda. Khususnya kaum remaja yang emosi dan amarah nya masih meledak-ledak. Dengan belajar untuk sabar dan ikhlas dalam kondisi apapun mungkin dapat melatih sifat, sikap dan mental untuk mencari jati diri yang lebih baik dan lebih tenang. Kemudian, remaja yang mempu mengontrol kesabaran dengan baik biasanya cenderung lebih sukses dari mereka yang tak mampu melakukannya.

Apalagi jika membahas tentang perpisahaan, biasanya sangat akrab dengan para remaja. Mengapa ? karena anak muda lebih mudah untuk merasakan sebuah kebersamaan. Apalagi jika dikaitkan dengan masalah yang sensitif seperti hubungan cinta dan kasih sayang, biasanya hal ini sangat erat dengan perasaan patah hati dan sakit hati, yaa bisa juga dikatakan sering galau. :)

Terlepas dari hal tersebut, pada kondisi yang tidak mengenakan seperti ini, biasanya kita membutuhkan kata kata motivasi berupa nasehat dan doa agar bisa menumbuhkan rasa semangat dan dapat menerima semua keadaan secara ikhlas dan sebar. Yaa namanya juga hidup, kalo siap untuk bahagia, berarti kamu juga harus siap untuk merasakan sedih.

Baca Juga : 30 Kata Kata Mutiara tentang Makna Kehidupan

Jadi intinya, tergantung dari diri kita sendiri bagaimana mesti menyikapi hal-hal yang seperti ini. Apa gunanya menyalahkan keadaan, toh itu semua tidak akan memperbaiki masalah yang sudah terjadi. Lebih baik kita menerima semua kenyataan dengan ikhlas, Percayalah Tuhan itu maha pengatur lagi maha sempurna, pasti ada hikmah dan akan indah pada waktunya. Bersabarlah !!!.




KATA KATA IKHLAS DAN SABAR




Betapa mulia jiwa yang sabar dan iklash, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Tuhan.

Mensyukuri hari ini. Mengikhlaskan apa yang telah berlalu.

Intinya yang selalu sabar dan ikhlas akan menerima kebahagiaan yang lebih.

Ada hari dimana kita harus berhenti sebentar menengok ke belakang, lalu bersyukur.

Aku mencoba ikhlas dari suatu kehilangan dan tersenyum dari suatu kesakitan yang sedang menimpa.

Tuhan tidak menjanjikan langit selalu biru, tapi ia selalu menghadirkan pelangi setelah badai berlalu.

Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan. Semangat buat hari ini !!. Jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar.

Ikhlas, bukan melepaskan sesuatu dengan air mata. Tapi bisa merelakan sesuatu dengan senyuman.

Merelakan bukan berarti menyerah, tapi menyadari bahwa ada hal yang tidak bisa dipaksakan.

Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas. Dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit.

Karena hati yang terlukai, hanya bisa terobati oleh hati ikhlas dan berserah diri kepada-Nya.

Aku akan mulai belajar berjalan meninggalkan, lalu aku akan tersenyum, ikhlas dan diam.

Tidak ada kata kata yang lebih indah selain kata ikhlas dan sabar.

Aku belajar mengikhlaskan sesuatu yang memang bukan untukku.

Bila cobaan ini adalah kehendakMu, maka kamu ikhlas dengan senang hati menerima cobaan ini.

Jangan pernah terpaksa untuk berbuat kebaikan. Beri sedikit keikhlasan, maka Allah akan membalas dengan berlipat kebahagiaan.

Ikhlas menerima kesalahan, dan belajar dari setiap kesalahan. Karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan.

Pertahankanlah jika kuatmu masih pantas untuk diperjuangkan, tapi lepaskanlah jika kuatmu tidak dipedulikan.

Jalan keluar terbaik tidak akan pernah bisa ditemukan pada hati yang tidak ikhlas dan tidak sabar.

Memberi sedikit dengan keikhlasan lebih membahagiakan dibanding memberi banyak tapi memiliki pamrih.

Allah memberi kita ujian melalui situasi yang sulit. Ikhlaslah melangkah di situasi tersebut, maka anda akan melewatinya dengan sangat muda.

Kamu boleh saja telah memberi jutaan bantuan. Tapi kamu tak akan merasakan kebahagiaan sejati sebelum kamu memberi dengan penuh keikhlasan, meskipun jumlahnya sedikit.

Saat kamu tidak ikhlas, kamu akan dibalas dengan satu pujian manusia. Saat kamu ikhlas, kamu akan mendapatkan pujian dari sang pencipta.

Baca Juga : 6 Alasan Jarang Pamer di Media Sosial, Justru Hidupnya Lebih Sukses dan Bahagia

Jangan pernah membayangkan sakitnya hati orang yang ikhlas, sekeras apapun kamu berusaha menyakitinya, hanya akan membuatnya lebih kuat untuk bersyukur.

Bagi orang yang ikhlas, tak ada waktu untuk mengeluh. Karena setiap kondisi datangnya dari allah, dan diapun menyikapi kondisi tersebut untuk allah.

Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tapi disitu kita akan belajar dari makna dari sebuah ikhlas dan sabar.

Orang yang ikhlas, akan melalui segala macam ujian kehidupan dengan mudah. Bukan karena dia kuat, tapi karena tuhan yang maha kuat bersama dengan langkahnya.

Allah menghancurkan hati hamba-hamba yang ia cintai, agar tidak ada lagi pengharapan mereka kepada dunia.

Apabila kita ridho pada sesuatu yang mengecewakan hati kita, maka percayalah Allah akan menggantikan kekecewaan itu dengan sesuatu yang tidak dijangka.

Kebahagiaan bukanlah disaat kamu memiliki kesempurnaan, namun ketika kamu dapat menerima ketidak sempurnaan dengan tulus dan ikhlas.

Belajarlah ikhlas pada hal-hal kecil. Dengan demikian kamu akan terbiasa ikhlas saat melakukan hal besar. Dan lakukanlah satu kali hal besar dengan ikhlas, sehingga kamu akan ikhlas saat melakukan hal kecil.

Belajar tenang, karena saya pernah menyesal karena terburu-buru. Berhenti marah, karena saya sering melihat penyesalan karena marah. Belajar ikhlas, karena saya tau Tuhan itu adil. Dan belajar serius, karena saya sudah harus menatap kehidupan.

Labels: , ,