Kisah Sukses Pendiri KFC - Harland Sanders

Kisah Sukses Pendiri KFC - Harland Sanders

Bagi pecinta kuliner pasti tak asing lagi dengan nama KFC, makanan yang memiliki kepanjangan Kentucky Fried Chicken ini adalah makanan dengan sejuta cabang, padahal KFC sendiri berasal dari Amerika namun ekspansi nya meluas hingga hampir seluruh dunia. kesuksesan KFC khususnya dalam bidang pengolahan ayam cepat saji dikarenakan kecerdikan dari pendirinya.

Mungkin banyak yang tidak tahu, dari nama besar KFC saat ini, memang tidak mudah untuk mendapatkannya, bahkan pendiri KFC sempat menerima seribu penolakan saat ia menjajal resep KFC, Namun siapa sangka, dengan kepercayaannya, resep yang awalnya ditolak banyak perusahaan rumah makan, justru menjadi booming dan populer berkat kesabarannya.

Siapa sebenarnya sosok dibalik berdirinya KFC ? dia adalah Harland Sanders ? lalu bagaimana kisah suksenya nya ? Berikut kita akan mengenal profil dan biografi singkat serta cerita inspiratif dari sang pendiri KFC ynag mungkin memberikan pelajaran berharga untuk kita semua. Simak Penjelasanya.


Biografi Harland Sanders


Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890 dari pasangan Wilbur David dan Maragaret Ann. Ayahnya meninggal dunia saat dia masih berusia enam tahun lebih tepatnya Pada tahun 1895, yang membuat Ibunya terpaksa memikul tanggung jawab lebih untuk menafkahi keluarga. dengan bekerja di pabrik pengalengan tomat. Sanders sebagai anak paling tua, mengharuskan Harland Sanders menjaga kedua adik kandungnya dan mau tidak mau belajar memasak walaupun usianya masih terbilang balita.

Baca Juga : 5 Karakter Pengusaha Sukses yang Wajib Dimiliki Semua Orang

Namun Berkat hal tersebut, Horland Sanders menjelma menjadi koki yang handal sebelum menginjak usia tujuh tahun. Kemudan saat dia baru menginjak usia sepuluh tahun, Harland Sanders bekerja di sawah dengan upah dua dolar setiap bulan untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari.

Pengalaman Pekerjaan


Pada tahun 1902, Ibu Sanders memutuskan untuk menikah kembali dengan pria bernama William Broaddus dan pindah ke Greenwood Indiana. Sanders sendiri tidak memiliki hubungan yang baik dengan ayah tirinya. Pada tahun 1903, Sanders terpaksa harus keluar dari sekolah saat kelas 7 dan kembali bekerja di peternakan. Pada usia 13 tahun, Dia meninggalkan rumah dan bekerja sebagai tukang cat kereta kuda. Kemudian pada usia 14 tahun, Harland Sanders pindah ke Indiana, AS dan bekerja di lahan pertanian.

Pada tahun 1906 Harland Sanders bersama Pamannya menuju ke New Albany Indiana. Pamannya bekerja diperusahaan trem dan Sanders dijadikan sebagai konduktor. Pada tahun 1906, Sanders bergabung di Tentara Amerika Serikat. Beliau mendapat tugas di kuba dan setahun kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri. Setelah mundur dari tentara AS, Sanders lalu pindah ke tempat tinggal pamannya di Sheffield Alabama.

Pada tahun 1909 Sanders menikah dengan wanita bernama Josephine. Namun walau sudah menikah, Tidak banyak perubahan signifikan dalam pekerjaan Sanders. Beliau sempat melalang buana bekerja sebagai pemadam api diperusahaan kereta mesin uap, peternakan hingga agen asuransi.

Pada tahun 1920, Sanders dan beberapa orang kawan mendirikan perusahaan kapal feri yang beroperasi di Sungai Ohio, AS. Bisnis kapal ferinya berkembang pesat dalam waktu yang relatif singkat. Namun  Ternyata Sanders merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut. Sanders keluar dan mendirikan usaha sendiri dalam bidang lampu asetelin menggunakan uangnya sendiri. Tapi bisnis tersebut gagal karena kalah bersaing dengan lampu elektrik

Kemudian Sanders pindah ke Winchester, Kentucky dan bekerja di Michelin Tire Company sebagai salesman dan kehilangan pekerjaan tersebut pada tahun 1924 ketika perusahan Michelin memutuskan untuk menutup pabriknya. kemudian Sanders pun bertemu dengan manager perusahaan Standard Oil of Kentucky dan memintanya untuk menjalankan sebuah statiun layanan. Namunada tahun 1930, stasiun tersebut harus ditutup akibat ekonomi yang goyah.

Mulai memasak Ayam


Pada tahun 1930, Sanders dan Shell Oil Company bersepakat untuk menjalankan bisnis di statiun bensin di North Corbin , Kentucky, dengan kesepakatan bagi hasil. lalu Sanders kemudian mulai mempromosikan masakan ayam goreng dan makanan lainnya. Pada tahun 1935, Sanders diberi gelar kehormatan colonel dari Gubernur Kentucky bernama Ruby Laffoon. Hal ini membuat popularitas Sanders semakin meningkat, dan pada akhirnya salah satu seorang yang berprofesi sebagai seorang penilaian makanan bernama Duncan Hines mengunjungi restoran Sanders.Dan akhirnya restoran tersebut diberi gelar Adventures in Good Eating di seluruh Amerika Serikat

Dengan pertumbuhan pelanggannya, Sanders akhirnya merasa membutuhkan sebuah tempat untuk mengembangkan bisnisnya. Pada Juli 1939, Sanders membeli sebuah motel untuk dijadikan rumah makan. namun rumah makan tersebut mengalami musibah kebakaran. Kemudian Sanders membangun rumah makannya kembali yang mempunyai tempat kursi yang lebih banyak.

Menciptakan Bumbu Rahasia


Horland Sanders sangat menyukai ayam goreng, setiap saat ia melakukan eksperimen untuk menghasilkan ayam yang lezat namun praktis dibuat. akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng yang terdiri dari rempah – rempah dan bumbu-bumbu yang dikenal dengan 'Sebelas bumbu rahasia KFC. Hingga sekarang, resep tersebut tidak diketahui kecuali segelintir orang yang tidak melebihi jumlah jari tangan.

Baca Juga : 30 Kata Kata Berani Mengambil Resiko untuk Berubah

Menciptakan Waralaba KFC


Pada tahun 1963, jumlah rumah makan mencapai enam ratus tempat. Jumlah tersebut terlalu banyak dan tidak mungkin dia memikulnya sendiri. Oleh karena itu, Harland Sanders memutuskan untuk menjual bisnis waralaba KFC-nya kepada Jhon Brown Junior dan seorang milyuner Jack Mass seharga $2 juta. Selain itu, sanders juga mendapatkan gaji bulanan sebagai ganti usaha dan kerja keras nya selama ini.

Kolonel Harland Sanders meninggal pada tahun 1980 dan dimakamkan di Louisville. Pada tahun 1982, bisnis waralaba KFC menjadi bagian dari anak perusahaan Reynolds dan pada tahun 1986, KFC dibeli oleh perusahaan Pepsi Cola dengan harga $840 juta. dan sekarang KFC berada dibawah perusahaan induk bernama Yumi Brands Inc yang juga membawahi Pizza Hut. Pada tahun 2010, KFC mempunyai 450.000 karyawan, dan pada tahun 2012, KFC sudah mempunyai cabang sebanyak 17.000 tersebar diseluruh dunia.

Labels: , ,