13 Waktu Istimewa Untuk Berdoa Yang Cepat Dikabulkan Dan Mustajab

13 Waktu Istimewah Untuk Berdoa

Doa merupakan ibadah yang dapat dilakukan setiap umat Manusia, Apapun agama nya pasti akan mengajarkan tentang pentingnya berdoa. Begitupun dengan agama islam. dengan berdoa juga memberikan kita ketenangan lahir dan batin. Doa juga dapat mendekatkan kita kepada tuhan semesta alam Allah STW. Tapi tidak jarang kita merasa bahwa kita sudah berdoa namun belumlah dikabulkan. Perlu diketahui jika kamu merasa semua permintaan kamu kepada Allah belum dikabulkan, itu adalah cara pikir yang salah. Allah pasti mengabulkan semua doa hambanya dengan cara dan waktu yang tepat.

Kemungkinan belum terkabulnya semua doa yang kita panjatkan karena mungkin belum saatnya kita mendapatkannya sekarang. Allah tahu yang mana kamu butuhkan dan yang hanya harapkan. jadi berbaik sangkalah kepadanya. Perbanyaklah meminta dan berdoa kepada Allah.

Doa adalah kewajiban bagi setiap muslim, Doa mencerminkan bahwa kamu adalah sosok yang rendah dihadapannya. Allah sangat menyukai hambanya yang berdoa. Maka, sangatlah rugi jika kita melewatkan untuk berdoa dan meminta karena kita akan termasuk hamba yang sombong. seperti firman Allah SWT berikut ini.
Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)

Berdoa itu tidak kenal waktu dan tempat, kita bisa memanjatkan doa kapanpun dan dimana saja. hal ini bisa kita artikan bahwa kita akan selalu mengingat dan menyebut nama Allah disetiap aktivitas yang kita lakukan. Terlepas dari hal tersebut, ada dalil baik hadist atau firman Allah mengatakan bahwa ada waktu-waktu yang tepat untuk kita berdoa yang terjamin akan dikabulkan, karena pada waktu-waktu tertentu pintu-pintu langit akan terbuka yang menyebabkan tidak terhalangnya doa-doa tersebut.

Baca Juga : Doaku Hari ini Terbaik

Lalu Kapan waktu itu terjadi ? Kapan waktu-waktu yang dianjurkan untuk kita memperbanyak berdoa dan paling mustajab untuk dikabulkan ? perlu diketahui juga bahwa jika kamu berdoa pada waktu-waktu tersebut saja dan tidak mengerjakan semua perintahnya seperti sholat 5 waktu dsb. maka akan percuma, karena kewajiban utama seorang muslim adalah sholat dan menyembah kepadanya. Untuk itu tanpa membahas lebih lebar lagi, Berikut Waktu Berdoa Yang Cepat Dikabulkan Dan Mustajab


13 Waktu Istimewah Untuk Berdoa



1. Waktu Pertengahan Malam Terakhir


Waktu pertama adalah saat pertengahan malam terakhir. mungkin diantara kita sangat sulit untuk bangun tengah malam. Namun jika kamu mengetahui bahwa dipertengahan malam disetiap malamnya, Allah SWT meninggalkan Arsy dan turun kemuka bumi. hal ini diperkuat dengan dalil yang berbunyi
Allah SWT akan turun kebumi di sepertiga malam terakhir dan berkata "Barang siapa yg berdoa, maka akan ku kabulkan, barang siapa yg memohon pasti akan aku perkenankan dan barang siapa yg meminta ampun, pasti aku mengampuni-nya" ( HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Abi ‘Ashim ).
Rasulullah saw bersabda. Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya”. ( HR. Ibnu Majah )
Terbangun tanpa sengaja pada malam hari. (An-Nihayah fi Gharibil Hadits 1/190) Yang dimaksud dengan “ta’ara minal lail” terbangun dari tidur pada malam hari.

2. Waktu Setelah Sholat Wajib


Waktu kedua adalah ketika selasasi melakukan ibadah sholat fardhu. tidak jarang kita sering mengabaikan pentingnya berdoa setelah shalat fardhu. namun salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa adalah ketika selesai sholat, hal ini diperkuat denga dalil yang berbunyi. 

Dari Abu Umamah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah swt, beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu. ( HR. Tirmidzi )

3. Waktu Malam Lailatul Qadar


Waktu ketiga adalah pada malam Lailatul Qadar, Malam yang lebih mulia dari seribu bulan ini terjadi pada 10 malam terakhir dibulan ramadhan. Akan tetapi, Allah menyembunyikan kapan waktu malam Lailatul Qadar, Allah hanya mengisyaratkan malam tersebut terjadi di 10 malam terakhir dibulan puasa.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. ( Qs. Al-Qadr 97: 3-5 )
Imam Asy-Syaukani berkata bahwa kemuliaan Lailatul Qadar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan. (Tuhfatud Dzakirin hal. 56)


4. Waktu Antara Adzan dan Iqamah


Waktu yang keempat untuk berdoa mustajab adalah antara Adzan dan Iqamah,
Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah”. ( HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi )

5. Waktu Pada Saat Turun Hujan


Waktu kelima adalah ketika saat turun hujan. diantara kita mungkin banyak yang tidak tahu bahwa saat turn hujan adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. karena turun hujan adalah rahmat Allah SWT untuk setiap penguni bumi. Hal ini diperkuat dengan hadist yang berbunyi.
Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

6. Waktu pada Saat Jihad Fii Sabilillah


Waktu keenam adalah saat Jihat Fii Sabilillah. lebih tepatnya saat berperang membela agama islam.
“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

7 Waktu pada Saat Hari Jum’at


Waktu ketujuh adalah pada hari jum'at. jika kita mengetahui hari jum'at adalah hari paling utama daripada hari-hari yang lainnya. Allah SWT sangat memuliakan hari Jum'at dengan memberi semua keberkahannya.
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Abul Qasim saw bersabda. Sesungguhnya pada hari Jum’at ada satu saat yang tidak bertepatan seorang hamba muslim shalat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah melainkan akan diberikan padanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut”. ( HR. Muttafaqun Alaihi )
Waktu yang sesaat itu tidak bisa diketahui secara persis dan masing-masing riwayat menyebutkan waktu tersebut secara berbeda-beda, sebagaimana yang telah disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 11/203. Dan kemungkinan besar waktu tersebut berada pada saat imam atau khatib naik mimbar hingga selesai shalat Jum’at atau hingga selesai waktu shalat ashar bagi orang yang menunggu shalat maghrib.

8. Ketika Bersujud dlm Sholat


Waktu kedelapan adalah ketika bersujud dalam sholat. hal ini diperkuat dengan dalil yang berbunyi.
Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan”. ( HR. Muslim )
Dalam riwayat lain.
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: Yang paling dekat seorang hamba pada Rabbnya ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah kalianlah berdoa. ( HR. Muslim, Abu Daud, Nasa’i dan Ahmad )

9. Doa Waktu saat ditimpa suatu musibah


Waktu kesembilan ketika sedang terkena musibah. ketika kita terkena musibah, itu adalah salah satu waktu dimana kita sangat dekat kepada Allah SWT. Saat terkena musibah juga tidak jarang kita memanjatkan doa untuk segera bangkit dan keluar dari musbiah tersebut.
Doa seseorang untuk kebaikan, keselamatan bagi saudaranya yang Muslim, maka para malaikat juga akan turut mengatakan Amin. Memohonkan semoga doa itu diperkenankan & untuk engkau yang sepertinya" (HR Muslim)

10. Doa Orang Yang Sedang Berpuasa Sampai Berbuka


Waktu sepuluh adalah saat sedang berpuasa. orang-orang yang sedang melaksankan ibadah puasa ada doa yang tak tertolak. hal ini perkuat dengan hadist yang berbunyi
Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra. bahwa dia mendengar Rasulullah saw bersabda. Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak. ( HR. Ibnu Majah dan Hakim )

11. Doa seorang musafir


Waktu kesebelas adalah saat berpergian jauh. siapa sangka ketika kita sedang berpergian jauh saat itulah doa kita tidak akan tertolak
“Tiga orang yang doanya pasti terkabulkan ; doa orang yang teraniyaya; doa seorang musafir dan doa orang tua terhadap anaknya”. [Sunan Abu Daud, kitab Shalat bab Do’a bi Dhahril Ghaib 2/89. Sunan At-Tirmidzi, kitab Al-Bir bab Doaul Walidain 8/98-99. Sunan Ibnu Majah, kitab Doa 2/348 No. 3908. Musnad Ahmad 2/478. Dihasankan Al-Albani dalam Silsilah Shahihah No. 596]

12 Doa Orang Yang terzalimin


Waktu kedua belas adalah dao orang yang sedang tertindah dan terzalimin, Berhati-hatilah untuk menjalimin orang lain karena doa mereka tak akan pernah terhalang oleh langit dan langsung kepada Allah SWT.
Hendaklah kamu waspada terhadap doa orang dizalimi. Sesungguhnya doa itu akan naik ke langit amat pantas seumpama api marak ke udara.” (Hadis riwayat Hakim – sanad sahih)

Baca Juga : Sering diremehkan Orang ? 3 Alasan Kita harus Lebih Sukses darinya. 

13. Doa Ibu 


Doa ibu adalah doa yang paling mustajab. Doa ibu tak pernah kenal waktu dan tempat. Ridha ibu adalah Ridha Allah SWT. Maka dari itu, perbanyaklah meminta doa dari ibu apapun yang sedang dilakukan dan dihadapi.

14 Doa dihari Arafah


Dan waktu yang terakhir adalah ketika wukuf di arafah. hal ini diperkuat dengan dalil yang berbunyi.
Dari ‘Amr bin Syu’aib ra, dari bapaknya dari kakeknya bahwasanya Nabi saw bersabda. Sebaik-baik doa adalah pada hari Arafah”. ( HR. At-Tirmidzi )

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »