7 Cara Positif Balas Dendam kepada Orang yang Jahat sama Kita

Cara Balas Dendam yang Baik kepada Orang sama kita

Ketika orang berbuat jahat kepada kita, mungkin terbesit dipikiran untuk membalas dendam kepada orang tersebut. Baik perbuatan atau perkataan mereka yang sering mengejek dan sering meremehkan kita. Banyak alasan kenapa orang ingin sekali balas dendam, seperti ingin mereka berhenti benci kepada kita dan membuatya jera atau hanya ingin menyadarkan dirinya bahwa apa yang dia lakukan adalah perbuatan yang salah.

Namun melakukan Balas dendam juga sesuatu yang negatif dan sama sekali tidak perlu untuk dilakukan. Kenapa ? Karena Balas dendam mungkin tidak akan menyelesaikan masalah tapi justru membuat masalah semakin besar. Lalu, Bagaimana cara dan tips membalas dendam yang baik sama orang yang telah jahat dan membenci kita ? Simak Penjelasannya.

Balas dendam adalah perbuatan yang membalas perbuatan yang serupa dengan orang lain karena sakit hati, menyebalkan, iri atau dengki. Balas dendam juga berlaku kepada orang yang membenci, dan sudah berbuat jahat kepada kita atau sering mendapat ejekan, cemoohan, berfitnah, Berbicara buruk, dan diremehkan yang tidak jarang berakibat trauma yang berkepanjangan.

Tidak semua orang didunia ini berikap baik kepada kita, pasti ada yang pro dan kontra, jika ada rasa peduli dan pasti ada benci, serta ada rasa menyukai dan ada juga tidak suka. Akan tetapi hal tersebut bukanlah masalah yang besar untuk kita semua. Walaupun tidak jarang kita merasa sakit hati dan sering menangis, akan tetapi cobalah pahami bahwa itu adalah sebuah kehidupan yang normal.

Sebenarnya memang berat jika kita hanya membiarkan perlakuan mereka yang amat jahat tersebut. Harga diri seakan terinjak-injak dan dianggap tidak berharga lagi. Kadang ketika ada yang mencoba mengusik kehidupan padahal kita sama sekali tidak menggangu mereka serta telah menjaga sikap dan tingkah laku baik dan sopan, maka hal yang paling masuk akal adalah memberi pelajaran serta melayani perlakuan dan kemauan orang tersebut, agar dikemudian hari mereka tidak melakukan perbuatan jahat itu lagi.

Baca Juga : 5 Cara Positif Bagaimana Menghadapi Orang Yang Membenci Kita

Akan tetapi ada juga seseorang yang tidak mau membalas perbuatan jahat orang lain, orang-orang ini tidak akan membiarkan rasa kebencian dan sifat pendendam menguasai akal dan pikiran mereka, dan memilih untuk sabar, hanya diam dan Ikhlas menerima perbuatan jahat orang lain. Jelas tingkah laku seperti ini patut kita contoh karena mereka bisa menyikapi serta mengatasi balas dendam secara dewasa dan dapat mengendalikan rasa marah dan emosi ketika di zalimi orang lain.

Nah tanpa membahas lebih jauh lagi, berikut 7 cara Positif Balas Dendam kepada Orang yang Jahat Sama Kita.



Cara Balas Dendam yang Baik kepada Orang yang telah Jahat



1. Jadi Lebih Bahagia Tanpa Mereka


Pertama, Kamu bisa berusaha terlihat lebih bahagia daripada orang yang sudah jahat sama kamu. Jangan sesekali melihatkan rasa mengeluh karena telah dizalimi orang karena hal tersebut akan membuat merasa merasa menang dan berhasil mengubah dirimu.

Dengan terlihat bahagia, orang-orang yang jahat sama kamu akan berpikir apa yang selama ini mereka lakukan adalah hal yang sia-sia saja, karena mereka melihat sama sekali tidak berpengaruh terhadap kondisi kamu.


2. Jadilah Lebih Sukses


Kedua, Kamu bisa berusaha untuk membuktikan apa yang selama ini mereka lakukan tidak sesekali membelokkan arahmu menuju kesuksesan. Karena tidak jarang, seseorang yang berbuat jahat sama kamu cuma merasa iri karena mereka tidak mampu melakukan sesuatu seperti kamu melakukannya,

Jadilah lebih sukses darinya, ada kata pepatah mengatakan bahwa " Balas dendam yang terbaik adalah dengan cara lebih sukses darinya ". Jadi, Bisa kamu bayangkan betapa sakitnya hati mereka melihat kenyataan bahwa kamu lebih sukses darinya.


3. Abaikan Saja


Ketiga, Kamu bisa berusaha untuk bersikap biasa saja. Abaikan mereka yang berbuat jahat dan membenci dirimu. Anggap mereka hanya kerikil kecil yang tidak akan sesekali menahan perjalanan panjang yang sedang kamu lakukan.


4. Lawan mereka dengan kebaikan


Keempat, Kamu bisa berusaha untuk melawan kejatan dengan cara baik kepada mereka. Kok begitu kan dia jahat ? Ya, seperti hukum alam dimana api yang menyala-nyala hanya bisa dipadamkan dengan air yang jernih.

Begitupun dengan kasus mereka yang jahat. Cobalah berbuat baik sama mereka supaya mereka dapat Introspeksi diri atas tindakan yang selama ini mereka perbuat.


5. Kalahkan Mereka


Kelima, kamu bisa berusaha menjadi lebih baik dari mereka, perangi mereka dalam segala hal. Jika mereka unggul dalam sebuah bidang, usahakan kamu bisa menyamai atau mungkin melebihi keunggulan tersebut dengan cara yang fair.

Baca Juga : 30 Kata Kata Mutiara untuk Introspeksi diri agar Berubah Menjadi Lebih Baik

Hal ini kemungkinan akan membuat mereka semakin membenci dirimu. tapi kemungkinan juga mereka akan mengakui kamu atas kekalahan tersebut dan tidak lagi sesekali mengusik hidupmu.


6. Putuskan hubungan mereka di Sosial Media.


Keenam, jika perbuatan mereka semakin menjadi-jadi. Segera putuskan hubungan mereka di Sosial Media. hal ini mungkin akan menghindarkan kamu terjebak dari rasa sakit hati yang semakin dalam. dan lambat laun kamu akan mudah melupakan mereka karena kamu sudah berhenti melihat perkembangan orang-orang jahat tersebut.


7. Jika memang Berlebihan, Pertimbangkan untuk menggugat secara hukum


Dan terakhir, Jika memang perbuatan mereka sudah melebihi batas. Jangan sesekali meluapkan emosi secara berlebihan karena sama sekali tidak akan memperbaiki sebuah masalah. Coba rangkul mereka dengan menanyakan, kenapa mereka melakukan hal yang jahat kepada kamu. apa alasannya ?

Dan jika tidak bisa diselasaikan secara baik-baik dan kamu sudah memberikan peringatan, namun tetap saja orang-orang tersebut masih mengusik kamu. Tidak ada jalan pilihan lagi bahwa kamu harus mempertimbangkan untuk melayangkan gugatan hukum supaya mereka jera.

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »