Stan Shih - Cerita Sukses Pendiri Acer Computer

Pendiri Acer - Stan Shih

Acer. Jika kita mendengar nama Acer, mungkin yang terlintas dipikiran kita sebuah merk komputer atau laptop. ya, Acer saat ini sudah menjadi salah satu brand ternama dan terbesar untuk bidang komputer. Laptop, Notebook, LCD Hingga Smartphone. Hampir semua produk yang diciptakan oleh perusahaan acer, mereka sukses mengibarkan bendera kejayaan yang terbukti enga melihat penjualannya lumayan tinggi.

Namun, apakah kalian tahu, siapa sosok orang dibalik berdiri nya acer ? dia adalah Stan Shih. lalu, bagaimana sejarah berdirinya Acer, cerita inspiratif serta kisah perjalanan hidup Stan Shih saat awal mula mendirikan Acer yang mungkin memberikan pelajaran hidup untuk kita ?  berikut kita akan mengenal profil dan biografi Founder Acer, Simak Penjelasannya.


Cerita Sukses Pendiri Acer Computer


Biografi Stan Shih


Stan Shih atau dikenal juga Shi Zhenrong dilahirkan pada pada tanggal 8 Desember 1944 Di Taiwan. Ia dilahirkan di masa-masa akhir penjajahan Jepang di Taiwan. Ia terlahir dari keluarga yang miskin karena menderita akibat dari penjajahan Jepang. Stan Shih merupakan sosok panutan bagi teman-temannya di Taiwan. Stan kecil telah membantu ibunya yang menjanda untuk berjualan telur. Sifat mandiri dan naluri wirausaha mulai terbentuk dari kegiatan membantu ibunya. waktu bermain Stan Shih pun semakin berkurang karena Setiap hari selepas sekolah Stan Shih harus menjajakan telur-telur ibunya.

Baca Juga : 8 Alasan Kita yang Masih Muda Berpotensi Besar untuk Sukses

Walau hidup dengan segala kekurangan, Namun mental stan shih mulai terasah dan semakin kuat. stan shih tetap berjuang untuk menyelesaikan sekolahnya. Setelah lulus SMA, Stan Shih kemudian memutuskan untuk masuk di Universitas National Jiao Tong University Taiwan. di kampus inilah Stan Shih setiap hari menimba ilmu yang pada akhirnya Stan Shih lulus dan menerima gelar sarjana dan master nya untuk jurusan Teknk Elektro,


Menikah dan Mendirikan Acer


Setelah lulus kuliah. Stan Shih memutuskan untuk menikah dengan seorang wanita bernama Carolyn Yeh. lalu pada tahun 1976 Stan Shih dan istrinya mendirikan sebuah perusahaan Multitech yang pada tahun 1987 nama tersebut diubah menjadi Acer.

dalam perjalanannya, Lambat namun pasti perusahaan Acer berkembangan dengan sangat cepat sebagai sebuah perusahan perangkat komputer ternama di taiwan. bahkan pada waktu itu perusahaan Acer sempat disebut-sebut sebagai salah satu calon menguasa perangkat komputer terbesar didunia di masa depan. Stan Shih sukses membalikan fakta bahwa merk asia tak akan mampu menyaingi keperkasaan produk-produk eropa maupun amerika. dan kenyataannya saat ini Acer telah mampu menjadi salah satu merek papan atas dalam produk PC (Personal Computer) menyaingi produk-produk raksasa lain seperti IBM, Dell dan Hewlwett-Packard.


Memilih Pensiun Dini


Namun kejutan terjadi ketika Stan Shih mengumumkan untuk pesiun dini dari perusahaan yang telah ia rintis dari awal. Stan Shis mundur ketika perusahaan Acer mulai berkembang pesat sebagai salah satu perusahaan komputer ternama di dunia, tapi Stan kekeh memilih untuk pensiun pada pada tahun 2004. dalam Budaya orang Tionghoa, hal ini cukup aneh mengingat tradisi pengusaha tionghoa tak mengenal batas usia untuk bekerja dan mulai akan pensiun dan terus bekerja sampai kondisinya tidak sanggup lagi.

Namun menurut Stan Shih. alasan nya untuk pensiun ialah Selain ingin merubah hal tradisi pengusaha Tiongkok tersebut. Stan Shih juga ingin memberikan kesempatan bagi generasi penerus yang dia pikir akan memberikan ide baru dan menyegaran dalam perusahaan Acer. Anak muda memiliki pikiran yang fresh dan kadang menelurkan karya yang sangat kreatif, namun ide tersebut kadang terkendala karena anak muda tidak mempunyai SDM yang baik. untuk itu lah Stan Shih memberikan kepercayaan penuh bagi anak-anak muda penerus perusahaan Acer.


Kepemimpinan Stan Shih


Selama menjadi pemimpin perusahaan, Stan Shih dikenal sangat toleran dan memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Selain menganggap sebagai keluarganya sendiri, Stan Shih juga sering memberikan pembagian keuntungan atau bonus selain gaji kepada para karyawannya.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Sebagai Motivasi Untuk Meraih Kesuksesan

Meski telah sukses dan hidup sangat bahagia, Sebagai salah satu Billioner tapi Stan Shih dan keluarga selalu menerapkan kesederhanaan. Gaya hidup Stan Shih yang sederhana ini memang diciptakannya untuk mencerminkan gaya hidup orang Taiwan yang sederhana, santai, harmonis, dan kuat.


Perkembangan Perusahaan Acer


Perusahaan Acer sekarang sudah menjadi salah satu perusahaan terbesar didunia dalam bidang pengembangan perangkat komputer, tidak hanya seputar komputer personal, Bahkan Acer sudanh mengenspansi atau memmperluas jaringan perusahaannya dengan menelurkan berbagai produk seperti Smartphone dan perangkat LCD. dan sekarang Acer memiliki fokus dan visi utama yaitu ingin menjadi yang terbaik dalan produk komputer

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »