Selalu Merasa Kesepian ? 7 Hal Baik yang harus diingat Saat Kita Sendirian

Selalu Merasa Kesepian ? 7 Hal Baik yang harus diingat Saat Kita Sendirian

Merasa selalu Kesepian dan Sendirian, Ya itu adalah salah satu kondisi yang mana menjadi sebuah masalah yang serius untuk kita semua saat ini, karena kita harus memahami bahwa dalam hidup ini pasti tak lepas dari rasa kesunyian dan kesepian. Kadang, tidak hanya ketika situasi yang sendiri saja kita merasa kesepian, Bahkan kadang, saat bertemu  dan berinteraksi bersama banyak orang pun, masih tak mempan mengatasi rasa kesepian, entah mengapa, sulit memang untuk dijelaskan. mencari perhatian kepada banyak orang pun dirasa akan sia-sia juga.

Pasti dilubuk hati yang paling dalam,  kita selalu bertanya. "mengapa rasa ini terjadi"". dan "bagaimana cara dan tips menghilangkan dan mengatasinya". Ah sudahlah, yang terpenting janganlah kita berputus asa dan hilang semangat karena selalu terjebak dalam sendirian dan selalu merasa kesepian, karena  ada hal-hal baik yang harus kita ingat ketika kita merasa kesepian dan tak perlu merasa sendiri. Simak Penjelasannya.

Kesepian adalah keadaan emosi yang tidak bahagia ketika hastrat dan keinginan akan hubungan yang akrab namun tidak bisa mencapainya. dijaman serba teknologi seperti sekarang yang bisa terhubung satu sama lain, menjadi penyebab utama kenapa seseorang mudah merasa kesepian. yang jauh terasa dekat, dan yang dekat terasa jauh. memang terdengar agak lucu, namun, sadar atau tidak, hal tersebutlah menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang terlalu individualis dan cenderung menutup diri.

Baca Juga : Cerita Sukses Sosok Dibalik Penemu Sistem Operasi Android - Andy Rubin

Memang, kita selalu dikelilingi oleh teman-teman, sahabat, orang tua, keluarga dan orang yang selalu mencintai kita, tapi entah kenapa. rasa kesepian tersebut selalu datang pada diri kita. hal ini diperparah, ketika kita merasa semua orang yang tadinya berada disisi kini menjauhi kita. Ya, kadang ketika kita merasa kesepian , tidak jarang memunculkan pikiran yang negatif yang sebenarnya tidak baik. terlepas dari hal tersebut, jangan pernah sekali-kali merasa kita sama sekali tidak berharga untuk orang lain, karena mungkin kita, alasan kita selalu merasa kesepian adalah kita justru membutuhkan waktu-waktu untuk sendiri (quality time). tidak jarang, ketika kita sendiri mendatangkan hal yang baik untuk kita. dan berikut 7 Hal Baik yang harus diingat Saat Kita Sendirian dan kesepian.



Selalu Merasa Kesepian ? 7 Hal Baik yang harus diingat Saat Kita Sendirian


1. Merasa kesepian itu cerminan atas diri kita.


Berapa sering kita berinteaksi dengan orang-orang baru? atau teman-teman lama yang dirasa kini mulai menghilang? Berada diantara banyak orang tapi masih tetap merasa sendirian? Bisa jadi memang karena kita sulit untuk berhubungan dengan orang lain, atau terlalu asik dengan diri sendiri dan kurang memperhatikan yang ada disekitar kita, hingga ada saatny kita merasa benar-benar kesepian. Belajar perduli dengan orang lain, mencintai diri sendiri bukan berarti harus selalu mengabaikan orang lain, karena kita memang takkan bisa hidup sendirian.


2. Selalu ada teman ataupun orang lain  yang bisa diajak ngobrol.


Seperti theUnlearn; yang akhirnya bisa menjadi tempat untuk berinteraksi dengan teman-teman dalam komunitas, mengadakan kopi darat untuk bertemu teman baru dan ngobrol melalui sosial media dengan orang yang tidak kita kenal dekat, namun karena memiliki kesukaan yang sama, obrolan kita menjadi lebih menarik hingga membuat kita memiliki pengalaman baru. Sebenarnya kita tidak pernah kesepian, kita dikelilingi oleh banyak orang, merasa kesepian itu pilihan diri, karena sebenarnya selalu ada teman yang bisa kita ajak ngobrol.


3. Biarkan diri kita menghilang agar dapat menemukan diri.


Dalam hidup kita sudah di didik oleh lingkungan agar bisa menjadi A, sehingga harus melakukan B lalu tidak boleh membuat kesalahan C. ada pepatah yang mengatakan “Menghilang Untuk Menemukan Diri” memberanikan dirinya untuk berlibur sendirian tanpa membuat perencanaan. “Yang terjadi yaaa terjadilah.. no need to worry about” begitu kalimat pepatah agar bisa membuatmu untuk berani sendiri.

Sendirian bukan selalu menjadi hal yang buruk, untuk orang yang ekstrovet sekalipun bisa jadi ada saat dimana kita tidak nyaman untuk membuat percakapan lebih dahulu, beranikan diri untuk melakukan hal-hal yang tidak nyaman untuk dilakukan dan temukan dirimu.


4. Belajar untuk mengubah cara pandang pada Hal-hal yang terjadi dalam hidup.


Menerima semua yang datang dan berlalu. Ketika suatu hal buruk terjadi mungkin reaksinya adalah kesal atau bahkan marah. Hal baik yang datang kita malas suka merasakannya “ah biasa aja.” seperti kita yang kadang merasa sendirian, kita bisa saja merubah cara pandang kita. Merasa sendirian itu karena perasaan, bukankah perasaan bisa berubah? kita saja yang sering kali terjebak dalam perasaan yang belum tentu benar.

Setiap orang pasti punya kesibukannya masing-masing. Mungkin kamu kadang merasa semua temanmu sibuk dan tak ada lagi waktu buatmu. No offense, mereka pada kenyataannya memang sibuk. Kenapa kamu juga tidak menyibukkan diri sendiri dengan pekerjaan atau hal lain? Pertemanan tak akan menjadi rapuh kalau kamu dan sahabat saling paham satu sama lain.


5. Membantu orang lain itu membantu diri kita juga.


Kalau kita baik maka dunia pun akan baik, percaya atau tidak, kalau mau tahu itu benar atau tidak ya coba saja. Menawarkan bantuan atau malah langsung memberikan bantuan membuat kita menyadari betapa beruntungnya kita yang akan membuat kita lebih senang. Ada juga penelitian yang menunjukan bahwa memberi itu memang membuat lebih bahagia.


6. Semua hal yang kita lalui itu baik, Kesepian bisa membuat kita berpikir untuk mengevaluasi dan mengubah diri.


Apa kita pernah mempertanyakan kenapa kita merasa sendirian? apa yang bisa kita ubah agar tidak merasa sendirian? tidak jarang banyak keluhan berupa “Kenapa sih orang-orang itu tidak selalu ada buat saya?” atau “kenapa sih mereka ada kalau ada maunya dan lagi butuh aja?”.itu adalah pertanyaan dan keluhan yang tak perlu dijawab. kita balik lagi ke point 5. Kalau kita baik maka dunia pun akan baik.” Bukan orang lain yang harus berubah, tapi mulailah berubah dari diri kita sendiri.

Baca Juga : 10 Cara Sederhana Agar membuat Rasa Percaya Diri Bertambah

Menjadi lebih baik dengan intofeksi diri. kenapa saya menjadi kesepian. apa karena saya terlalu menutup diri. terlalu mementingkan diri dan tidak peduli dengan orang lain. itu pikirkan dan renungkan akan hal tersebut.


7. Karena kita bisa mulai mencintai diri kita sendiri lebih dulu.


Kalau kita sendiri tidak mencintai diri kita, bagaimana orang lain mau mencintai diri kita? Mencintai diri kita lebih dahulu bukan berarti kita tidak bisa mencintai orang lain dan mengabaikan semuanya ya. Mencintai diri sendiri termasuk mencintai perasaan kesepian atau sendirian yang dialami juga.

Menjalani hidup memang tak semudah yang dibilang para motivator.  akan ada fase-fase dimana kita bingung untuk banyak hal atau merasa kesepian dalam setiap langkah. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa, jalani saja semuanya dan terus lakukan yang terbaik dalam setiap perjalanan kita. Semoga Bermanfaat

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »