Sebelum Melangkah Memakai Toga, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat

Sebelum Memakai Toga, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat

Kamu sebentar lagi akan wisuda dan akan mendapatkan gelar sarjana ? kamu pasti sangat bahagia dan tidak sabar menantikan hari tersebut. rasa antusias serta senang bercampur rasa gugup dan grogi akan tergambar dari wajah kamu ketika menanti detik detik namamu dipanggil dan dinyatakan lulus dengan nilai terbaik dari universitas yang selama ini menghabiskan waktu 3-4 tahun untuk menuntut ilmu disana. begitu bahagianya karena sebentar lagi kamu akan melangkah dengan memakai toga. karena mamakai toga adalah simbol perjuangan dan keberhasilan saat menuntut ilmu. Namun, tidaklah rasa bahagia saja akan kamu rasakan, merasa cemas dan sedih juga mungkin akan kamu rasakan juga, mengingat kamu harus berpisah dengan sahabat dan teman-teman seperjuangan mu dan bersiap untuk menghadapi dunia nyata yang sebenarnya, yaitu dunia kerja. hal ini justru sebenarnya harus lebih kamu perhatikan dan persiapkan serta kamu harus selalu ingat sebelum kamu melangkah memakai toga.

Ya, Salah satu momen terpenting yang tidak bakal kamu lewatkan ketika lulus kuliah adalah memakai toga. tak bisa terbayangkan begitu gagah tampan serta cantiknya kamu saat memakai baju yang selama ini kamu impikan ketika masih kuliah, untuk sampai ke tahap memakai toga tidaklah semudah dibayangkan, kamu harus berjuang terlebih dahulu dari menghabiskan mata kuliah serta mnyusun prosoal penelitian hingga skripsi yang memang sangat bert dan tidak mudah untuk dilalui. jerih payah mu selama ini dibayarkan sudah ketika akan memakai toga.

Namun, keberhasilan kamu memakai toga bukanlah akhir dari segalanya, karena kamu baru menginjakan dan melangkahkan satu kaki mu didunia nyata. kadang kamu berpikir bahwa ketika sudah lulus dan memakai toga. kamu sudah merasa sukses, ya, kamu sudah sukses membayar jerih payah orang tua kamu untuk membiayai kuliah. membuat dia tersenyum saat melihat kamu memakai toga. tapi pertanyaannya sekarang, "kamu mau kemana setelah lulus kuliah ?". mungkin pertanyaan tersebut akan membuat kamu khawatir dan cemas. namun, itulah kenyataannya. kamu akan memasuki dunia nyata. kamu harus bersaing dengan jutaan sarjana saat ini untuk mendapatkan pekerjaan. bahkan dijaman sekarang banyak sekali sarjana yang pengangguran. so, apakah kamu masih berbahagia ?

Baca Juga : Kumpulan Kutipan Motivasi Sukses Jack Ma Alibaba

Semua perasaan akan bercampur sehingga kamu tidak tahu lagi untuk bicara apa dan ingin melakukan apa. kamu mungkin berkata akan melanjutkan mimpi dan mengapai cita cita yang selama ini kamu angan-angankan. meskipun kamu sedikit meara takut. kamu harus tetap ingat 7 hal di bawah ini. Dengan begitu, kamu tak akan kehilangan arah dan tetap berjuang demi menggapai impian.


7 Hal yang Harus Kamu Ingat. 

Sebelum Memakai Toga



1. Cepat atau lambat kamu akan memasuki dunia yang lain, dunia yang sebenarnya, Dunia kampus tentu saja tak akan pernah sama dengan dengan dunia kerja. Satu sisi, kamu sangat ingin merasakan dunia baru. Bertemu teman baru dan belajar banyak hal yang tak pernah kamu dapatkan di kampus. Tapi, satu sisi kamu takut dengan perubahan. Tak mengapa, bukan hanya kamu yang takut dengan perubahan. Tapi yakinlah, tak selamanya perubahan akan membawa petaka. Sampai kapan pun di mana pun, kamu akan selalu disapa perubahan yang justru menjadi peluang buatmu untuk tumbuh.

2.  Ketika kamu merasa sangat gugup dan deg-degan, jangan anggap hal ini sesuatu yang buruk. Ketika kamu memiliki rasa yang menentu, artinya kamu terus memikirkan tentang hal ini. Tentang dunia yang belum pernah kamu injak selama ini. Berpikir keras artinya kamu belajar. Belajar, artinya kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik.

3.  Mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar memang impian semua orang. namun, jangan pernah memilih milih pekerjaan apapun itu. Meskipun, gajimu tak sebesar teman yang lain. tak mengapa hindari rasa malu pada dirimu. banggalah pada jerih payahmu yang berusaha semampu mu untuk mencari uang yang halal. percayalah akan takdir tuhan selagi kamu masih berusaha dengan keras.

4.  Jangan takut kalau kamu terus mengubah goal dan impian hidup. Soalnya, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang punya pengetahuan lebih luas. Kamu juga bakal mendapat banyak pengalaman baru. Jadi, jangan pernah menolak sesuatu yang baru buatmu. jangan pernah berpikir kamu tidak bisa melakukan itu walau hal tersebut bukanlah keahlianmu.

5.  Kamu tidak harus memiliki pekerjaan yang bidangnya sama dengan jurusanmu waktu kuliah. Kenapa? Karena siapa yang tahu kalau ternyata passion-mu berbeda dengan bidang yang kamu pelajari selama ini. Jadi, jangan berkecil hati dan merasa malu serta menutup diri kalau kamu ternyata menemukan sesuatu yang kamu suka di tengah perjalanan.

Baca Juga : 5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Untuk Prestasi Akademisnya Pas-Pasan

6. Jangan pernah ingin menjadi sama dengan orang lain. Buatlah jalan kamu sendiri. walau jalanmu ternyata tidak rata dan berliku-liku, kadang seorang menjadi tenang karena banyak yang memilih jalan yang salah juga. lalu, Jangan memutuskan untuk berkencan dengan seorang pria, hanya karena semua orang di sekitarmu memiliki pasangan. Kamu adalah penari solo yang indah meski hanya menari sendirian di bawah sinar bulan.

7.  Ingat, seberapa kuat pun kamu menghadapi cobaan dan menerima tempaan, kamu tetaplah manusia. kamu pasti akan melakukan kesalahan. Memaafkan diri sendiri memang sangat sulit. Tapi sebelum kamu berani memaafkan orang lain, cobalah untuk memaafkan diri sendiri. Kesalahan akan selalu menyapa setiap hari. Tapi hidup bukan tentang menangisi dirimu sendiri, tapi lebih memperbaiki dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

SEMOGA BERMANFAAT

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »