Meski Merasa Bersalah, 6 Alasan Tidak Perlu Menghukum Diri Sendiri


Apa yang anda lakukan ketika merasa bersalah. ? mungkin sebagian diantara kita akan menghukum diri sendiri dengan menyalahkan diri kita sendiri. namun kita juga harus memahami, tidak semua yang kita lakukan selalu bisa terwujud seperti apa yang kita harapkan dan inginkan. kita tidak akan bisa terus menerus melakukan sesuatu secara sempurna. pasti akan ada kekurangan. tapi kebanyakan kita tidak menyadari bahwa ketika kita melakukan kesalahan dan merasa bersalah. Justru kita menghukum diri  sendiri sebagai bentuk pelarian akan kesalahan yang kita perbuat. Ya menghukum diri sendiri dengan menyalahkan diri kita sendiri adalah hal yang tidak baik dan harus kita hindari. banyak penelitian yang menganjurkan untuk tidak menghukum diri dan menyalahkan diri sendiri karena akan berdampak buruk bagi kita ? seperti apa ? Simak Penjelasannya.

Dengan menghukum diri kita sendiri. akan membuat kita semakin meratapi kesalahan kita yang mungkin akan membuat kita semakin menyakiti diri kita sendiri. sebetulnya menyalahkan diri dengan menghukum diri kita sendiri adalah sesuatu yang tidak ada manfaatnya. karena kita akan menyiksa batin yang secara tidak langsung mengakibatkan mental kita akan emnurun dan terganggu. kita akan merasa sering bersalah, tak berharga dimata orang lain, serba salah dan hal-hal buruk lainnya. cobahlah memaafkan diri kita sendiri.

Baca Juga : Sering Dibohongin Pasangan ? ini 8 Cara Menumbuhkan Kembali Kepercayaan Anda

Pahamilah bahwa melakukan kesalahan itu normal. sebagai manusia biasa apalagi kita yang masih muda. pasti berkeinginan mencaba hal-hal baru. kita juga harus memahami bahwa kesalahan itu akan selalu ada ketika kita melakukan apapun itu bahkan sekecil dan semudah apapun itu. lebih baik kita memperbaiki kesalahan dan belajar akan kesalahan dimasa lalu agar kita tidak melakukan nya lagi dan terulang dikemudian hari. dan jika diantara kita melakukan kesalahan hari ini. jangan-sesekali kita menyalahkan kondisi dan menghukum diri kita sendiri. kita harus menghindari nya Kenapa ? karena akan muncul 9 hal yang buruk kepada dirimu jika kamu terus menyalahkan dan menghukum dirimu sendiri.


6 Alasan Tidak Perlu Menghukum Diri Sendiri


1. Bikin kita tambah terpuruk. 


Dampak pertama jika kamu terlalu menghukum diri justru membuat kita tambah terpuruk. baik itu secara fisik maupun mental. terus merapi kesalahan dimasa lalu dengan menyalahkan dan menghukum diri akan terus membayangi bayangi yang malah jika terus menerus akan berdampak kepada mental siqis kamu. terus merasa bersalah. terus merasa tidak berguna mungkin sudah cukup membuatmu terjun bebas dan terpuruk.


2. Terjerat masa lalu. 


Hal yang buruk kedua adalah kita akan bisa terjerat pada masa lalu. kita akan terus mengingat-ingat kesalahan yang pernah kamu buat walaupun kejadian itu sudah berlalu bertahun-tahun. pahamilah bahwa masa lalu sudah menjadi cerita dan sejarah, namun terkadang, diantara kamu masih saja gagal move on dan terus menghukum dirimu sendiri. Kesalahan yang kamu buat itu seakan-akan mengikat dan membenamkan pikiranmu. Kamu tak bisa memikirkan apa pun kecuali kesalahan tersebut. Mau melangkah pun, kamu tak kuasa. Ini yang bikin kamu tak pernah bisa maju dan menjadi pribadi yang lebih baik.


3. Kepribadian tertutup. 


Hal buruk ketiga adalah dengan menghukum diri sendiri akan membuat kita secara tidak langsung akan memunculkan kerpibadian yang tertutup. Ya, Keadaan dan hidup kits sebenarnya menjadi lebih susah ketika kita menghukum dirimu sendiri. Tapi, kita kerap menolak bantuan dari orang lain. Boleh saja merasa kita bisa menyelesaikan masalahmu sendirian. Tapi, kalau 'tembok' yang kamu bangun terlalu tinggi dan kuat, kita justru jadi membatasi diri kita dengan orang lain. Bukankah kini kita jadi merasa kesepian?


4. Akan Menolak untuk bahagia. 


Hal buruk yang ketiga adalah kamu akan selalu murung dan bersedih. Dengan menghukum diri sendiri, kamu akan menolak bantuan berupa apapun dari orang lain. Kamu pun menolak untuk bahagia. kamu akan memendam perasaan dan sakit sendiri. Pemikiran 'kamu pantas mendapatkan ini' terus menjeratmu. Sehingga, kamu sendiri yang menjauhkan kebahagiaan dari dirimu sendiri. Sampai kapan kamu mau melarang dirimu sendiri untuk bahagia?


5. Memandang rendah dirimu sendiri. 


Hal buruk keempat adalah kita akan selalu memandang rendah diri sendiri. Kesalahan yang pernah buat buat tak hanya sekadar kesalahan. Tapi juga belati yang kamu gunakan untuk 'menyayat' diri. Kamu menganggap dirimu tak akan pernah bisa melakukan banyak hal dengan baik. Kamu berpikir, dirimu yang bersalah tak pernah becus dalam melakukan semua hal. Tapi ini bukan perkara becus atau tidak. Ini perkara kamu menganggap dirimu sendiri tak mampu. Padahal, ada sejuta kemampuan dan tenaga yang bisa kamu gunakan untuk bangkit dari keterpurukan.

Baca Juga : Inilah 5 Pengusaha Cilik yang Telah Mampu Menghasilkan Pendapatan Miliaran


6. Hilang kepercayaan pada diri sendiri. 


Hal buruk terakhir adalah menghilangnya kepercayaan diri. Ibarat berada di pinggir jurang, kamu takut melangkah dan jatuh ke dalam lubang. Setiap hari pekerjaanmu hanya menghitung napas. Takut kalau-kalau oksigen tiba-tiba lenyap seperti masa depan. Kamu tak lagi percaya kalau langkah selanjutnya justru bakal membawamu ke dunia baru yang jauh lebih baik. Sekalipun jatuh, kamu tak percaya kalau sebenarnya kamu bisa terbang. untuk itu cobolah memaafkan diri sendiri dan berhenti menghukum diri dengan terus-menerus menyalahkan diri sendiri. Semoga Bermanfaat.

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »