Kisah Sukses dari Pendiri Instagram - Kevin Systrom

Kisah Sukses dari Pendiri Instagram - Kevin Systrom

Sosial Media Instagram. Ya mungkin anda dan kita semua memiliki akun Media Sosial Instagram. dengan Instagram dapat memungkinkan kita untuk mengunggah dan mengupload suatu aktivitas berupa foto dan video. hal ini tidak heran mengapa Sosial Media Instagram sangat populer dikalangan remaja dan digandrungi masyarakat dan orang-orang didunia bahkan indonesia. Namun, apakah kita semua mengetahui, Siapa sosok orang dibalik kesuksesan Instagram ? dia adalah Kevin Systrom. lalu bagaimana sejarah saat membuat Instagram ? Berikut kita akan mengenal CEO Faunder Instagram dari Biografi dan profil serta kisah cerita inspiratif penjuangan dan penjalanan hidup Kevin Systrom saat menciptakan Instagram. Simak Penjelannya.


Kisah Sukses dari Pendiri Instagram - Kevin Systrom


Biografi dan Profil Kevin Systrom

Kevin Systrom ia lahir pada tanggal 30 Desember 1983 dan dibesarkan di sebuah kota kecil bernama Holliston di HMassacahusetts, Amerika Serikat. Ia merupakan anak dari Douglas Systrom yang berkerja sebagai kepala sumber daya manusia dan Diane yang merupakan seorang marketing eksekutif. Kevin Systrom menyelesaikan sekolah menengah umumnya di Middlesex School di Concord, Massachusetts

Kemudian setelah lulus SMA, Kevin Systrom kemudian melanjutkan studinya dengan masuk ke Stanford University mengambil jurusan Management Science and Engineering dan lulus pada tahun 2006. Pada saat di Stanford, Kevin Systrom pernah bekerja paruh waktu di perusahaan startup, bernama Odeo. Pada suatu hari Odeo semakin berkembang dan dikenal sebagai penyedia layanan mikroblogging, Twitter. Setelah Lulus dari Stanford, Kevin Systrom kemudian bergabung dengan Google dengan posisi sebagai manajer pemasaran produk. Ia bekerja pada produk Google seperti Gmail, Google Calendar, Docs, dan Spreadsheets.


Cikal Bakal Perciptanya Instagram



Tak lama setelah meninggalkan Google, lalu dia bergabung dengan Nextstop, sebuah startup yang didirikan oleh beberapa mantan karyawan Google. Walau kerjanya fokus pada bidang pemasaran, Namun, tak jarang dia membantu membuat ide-ide dalam bentuk pemrograman. Setelah bekerja di Twitter dan Google serta beberapa startup lainnya, ia mulai membangun perusahaannya sendiri dan menciptakan aplikasi diberi nama Burbn yang kemudian menjadi cikal bakal dari terciptanya Instagram.

Baca Juga : Mengenal Kisah Sukses Walt Disney ~ Bapak Animasi dan Pendiri Disneyland

Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan juga Mike Krieger, memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna.

Versi Burbn yang sudah final, adalah aplikasi yang sudah dapat digunakan di dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur yang memungkinkan orang check-in lokasi, membuat rencana, mendapatkan poin untuk bergaul dengan teman-teman, dll. Namun ketika ingin merombak Burbn, mereka melihat bahwa Facebook membuat aplikasi check-in seperti Foursquare.

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram. Akhirnya agar tidak bentrok dengan layanan Facebook, mereka menciptakan Instagram. Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”.

Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Jadi bisa di artikan bahwa Instagram adalah aplikasi berbagi foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram berasal dari instan-telegram. Sebulan setelah peluncuran, Instagram mampu merangkul 1 juta pengguna. Setahun kemudian, Instagram mencapai lebih dari 10 juta pengguna.


Dibeli Facebook

Pada tahun 2012, dengan perkembangan yang begitu pesat, dan membludaknya pengguna Instagram hal ini membuat Instagram semakin populer ketimbang pesaingnya. karena kepopuleranya inilah, Instagram sukses memikat dan membuat pesaingnya Facebook jatuh cinta. Instagram akhirnya sepakat untuk menerima tawaran akuisisi dari Facebook dengan nilai USD 1 miliar. Pembelian terbesar dalam sejarah Facebook. Alasan utama Facebook mengakuisisi Instagram karena memiliki platform berbagi gambar yang lebih baik. Dari pembelian tersebut kemudian menjadikan Kevin Systrom dan Mike Krieger yang merupakan pendiri instagram secara mendadak menjadi Milyarder baru.

Instagram dari hari ke hari terus bertambah penggunanya. Instagram tidak hanya dapat digunakan untuk berbagi foto saja, melainkan dapat juga menyunting foto-foto yang memiliki 16 efek yang dapat digunakan untuk menyunting foto. Dengan aplikasi Instagram, foto-foto dapat diunggah melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, foursquare, flickr, dan juga posterous.

Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan di dalam berbagai macam gadget seperti iPhone, android dan lain lain tersebut. Penggunaan kamera melalui Instagram juga dapat langsung menggunakan efek-efek yang ada, untuk mengatur pewarnaan dari foto yang dikehendaki oleh sang pengguna. Ada juga efek kamera tilt-shift yang fungsinya adalah untuk memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu. Setelah foto diambil melalui kamera di dalam Instagram, foto tersebut pun juga dapat diputar arahnya sesuai dengan keinginan para pengguna.

Baca Juga : Bingung Memilih Karir ? Tanyakan 5 Hal ini pada dirimu sendiri

Lalu saat ini Instagram sudah diupdate menjadi lebih baik. Banyak fitur-fitur baru yang ada di Instagram seperti fitur Stories Instagram yang memungkinkan kita mengshare dan menyunting video maupun foto dan akan terhapus dalam waktu yang bisa kita tentukan. Instagram mengetahui bahwa remaja yang mayoritas pengguna Instagram menyukai hal-hal yang cepat dan akurat. kemudian fitur stiker yang bisa menampilkan lokasi, waktu, kondisi cuaca, serta emoji di atas foto atau video yang diunggah.  dengan adanya fitur baru Instagram. membuatnya semakin populer. dan kita akan tunggu Perkembangan Instagram dengan fitur-fitur nya

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »