Kisah Inspiratif Sundar Pichai Yang Sukses diangkat jadi CEO Google Saat ini

Kisah Inspiratif Sundar Pichai Yang Sukses diangkat jadi CEO Google Saat ini

CEO atau Bos Pimpian Google saat ini ? Mungkin bila kita dikasih pertanyaan tersebut pasti kita akan menjawabnya Larry Page. Namun apakah kamu mengetahui siapa CEO google sekarang ? dia adalah pria berkebangsaan India bernama Sundar Pichai yang sukses diangkat sebagai Pemimpin dan CEO Google dunia berkat prestasi dan pengaruhnya diperusahaan terknologi besar Google Inc. Lalu, Bagaimana ia bisa menjadi CEO ? Apa penyebabnya ? Apa prestasi Sundar Pichai ? Nah Berikut kita akan mengenal Profil dan Biografi Sundar Pichai serta kisah sejarah dan cerita sukses perjalanan hidup Sundar Pichai hingga di berhasil menjadi CEO Google.com Dunia yang juga menjadi sosok dan tokoh utama dibalik kesuksesan Browser Google Chrome sebagai pembuat dan penemunya yang mungkin bisa memberikan pelajaran hidup untuk kita. Simak Penjelasannya.


Biografi Sundar Pichai

Sundar Pichai yang bernama lengkap Pichai Sundararajan lahir pada tahun 12 Juli 1972, di Chennai, Tamil Nadu, India. Ayahnya, Regunatha Pichai, bekerja sebagai seorang insinyur listrik untuk konglomerat Inggris GEC dan dikelola pabrik yang membuat komponen listrik. Ibunya dulu sebelum memiliki anak adalah seorang stenografer. Ia memiliki satu saudara. Pichai dibesarkan di sebuah rumah kelas menengah dan berkecukupan. dan juga dikenal sebagai seorang yang sangat cerdas dan kreatif. Ia menjadi lulusan terbaik secara akademis di sekolahnya,

Baca Juga : 30 Kata Kata Minta Maaf yang Tulus dari Hati Yang Paling Dalam

Atas prestasinya ini, Sundar Pichai memperoleh satu kursi untuk melanjutkan studinya di Indian Institute of Technology di Kharagpur, salah satu lembaga rekayasa teknoligi paling bergengsi di India. Dia lalu mengikuti B.Tech di Teknik Metalurgi dari IIT Kharagpur dan kemudian memenangkan beasiswa untuk belajar ilmu material dan semikonduktor fisika dari Stanford University.


Karier dan Penjalanan Hidup Sundar Pichai

Awalnya Sundar Pichai sudah merencanakan untuk mengejar gelar Ph.D. dari Stanford dan memulai karir akademik studinya. Namun, ia memutuskan untuk drop out dan bergabung Applied Materials-semikonduktor Silicon Valley dengan posisi sebagai seorang insinyur dan manajer produk. akan tetapi Sundar Pichai tidak bekerja di sana untuk waktu yang lama.

Dia melanjutkan untuk menyelesaikan gelar MBA dari Wharton School of University of Pennsylvania (2002), di mana ia diangkat menjadi Siebel Scholar dan Palmer Scholar.
Setelah selesainya MBA ia ditunjuk sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company.
Tidak sampai disitu, kemampuan Sundar Pichai semakin terasah saat dia bergabung dengan Google pada tahun 2004.

 Awalnya dia bekerja pada toolbar pencarian Google sebagai bagian dari sebuah tim kecil. Toolbar memberikan pengguna Internet Explorer dan Firefox untuk mengakses dengan mudah menuju pencarian Google. Dia juga bekerja pada produk Google lainnya seperti Google Gears dan Google Pack. ia juga mengambil alih manajemen produk Google lainnya seperti Gmail dan Google Docs, dan naik melalui pangkat dengan cepat. Pichai sangat disukai oleh rekan-rekannya dan dijuluki sebagai "orang di belakang produk Google yang paling penting


Penemu Google Chrome


Kisah Inspiratif Sundar Pichai Yang Sukses diangkat jadi CEO Google Saat ini

Keberhasilan toolbar Google memberi Pichai gagasan bahwa Google harus mengembangkan browser-nya sendiri. Ia membahas gagasannya dan ide tersebut dengan senior-seniornya. namun google saat itu CEO Eric Schmidt  merasa keberatan. yang berpikir bahwa mengembangkan browser akan menjadi urusan terlalu mahal.

Namun, Pichai bertahan dan terus meyakinkan co-pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, untuk meluncurkan browser Google sendiri. Pichai memainkan peran penting dalam peluncuran browser, Google Chrome, pada tahun 2008. Chrome terbukti menjadi sukses besar karena memungkinkan pengguna untuk langsung mengakses mesin pencari Google.

Pichai menjadi sosok yang dikenal secara internasional menyusul kesuksesan fenomenal dari Chrome yang akhirnya menjadi browser No 1 di dunia, melebihi pesaing seperti Internet Explorer dan Firefox. Chrome juga membuka jalan bagi serangkaian produk penting lainnya seperti Chrome OS, Chromebook, dan Chromecast.

Pada tahun 2008, Pichai dipromosikan menjadi Wakil Presiden bagian pengembangan produk. Dalam posisi ini ia mulai muncul lebih sering pada presentasi Google dan terus mengalami kenaikan pangkat di Google. dan Pada 2012, ia menjadi Senior Vice President Chrome dan aplikasi.

Pada tahun 2013, Andy Rubin, pencipta Android, memutuskan untuk bekerja pada sebuah proyek yang berbeda. Larry Page kemudian memindahkan Pichai untuk menangani Android juga. Pengaruh Sundar Pichai terus meningkat hingga ia menjabat sebagai Chief Product bulan Oktober 2014.

Pada 2015, Google merasa sudah terlalu banyak bagian-bagian dan perusahaan-perusahaan dari Google. dan membutuhkan perusahaan Induk untuk melayani anak perusahaan. Lalu, Google memutuskan untuk membentuk sebuah perusahaan, bernama Alphabet Inc, yang merupakan perusahaan Induk Google dan semua yang terkait.

Hal ini pun menjadi berkah bagi Sundar Pichai. dengan pengaruh yang besar dan prestasi yang membanggakan, Kemudian pada tanggal 10 Agustus 2015, co-pendiri Larry Page sebagai CEO dan Sergey Brin sebagai presiden pichai pada waktu itu secara resmi mengangkat pichai sebagai CEO Google baru yang merupakan perusahaan terbesar di bawah Alphabet Inc.

Kemudian Pada bulan Februari 2016, Sundar Pichai dianugerahi 273.328 lembar saham Google dari perusahaan induk Alphabet, yang menyebabkan kenaikan kekayaan bersihnya dari saham tersebut senilai $ 199.000.000, dan secara total kekayaan bersih Sundar Pichai senilai $ 650 juta lebih.


Pelajaran Hidup

Sundar Pichai adalah Seorang jenius dalam rekayasa perangkat lunak dan dikenal karena ide-ide yang inovatif inovatif, Sundar Pichai programmer yang terbaik Google dan dikenal sebagai dalang peluncuran browser Chrome pada tahun 2008. Ia memainkan peran penting dalam meyakinkan seniornya di Google untuk meluncurkan browser yang pada waktu menjadi browser yang paling populer di internet dan juga menyebabkan peluncuran sistem operasi Chrome.


Fakta dan Kehidupan pribadi - Sundar Pichai 


  • Sundar Pichai menikah dengan Anjali Pichai, dan merupakan ayah dari dua anak. 
  • Sundar Pichai memiliki kekayaan bersih diperkirakan sebesar $ 650 juta.
  • Top 10 Fakta Anda Apakah Tidak Tahu Tentang Sundar Pichai
  • Sundar Pichai adalah penggemar kriket besar dan merupakan kapten tim kriket sekolahnya.
  • Keluarganya tidak memiliki telepon sampai dia 12.
  • Dia pernah mencoba berbicara teman dari bekerja di Google sebelum bergabung dengan perusahaan sendiri.
  • Sundar Pichai bergabung dengan Google bahkan sebelum perusahaan go public.
  • Dia sangat baik pada nomor mengingat dan bisa mengingat setiap nomor telepon dia dipanggil ketika ia masih muda.
  • Ia berinteraksi dengan siswa di IIT-Kharagpur melalui Skype secara berkala.
  • Dia juga salah satu pesaing atas untuk jabatan CEO di Microsoft, yang akhirnya pergi ke Satya Nadella.
  • CEO Google sama sekali tidak "kutu buku" sebagai penampilannya mungkin menyarankan! Dia sebenarnya sangat beralasan, membantu dan ramah.
  • Dia telah menjadi pembawa acara di Google I / O selama beberapa tahun terakhir.
  • Hal ini dikabarkan bahwa Twitter mencoba untuk merebus Sundar Pichai, tahun kembali sedikit, ketika ia bekerja di Google, tetapi Google membayarnya suatu membayar exorbitantly tinggi untuk mempertahankan

Profil Singkat Sundar Pichai


Terdaftar di : Engineers Komputer, Miscellaneous
Terkenal berkat jadi CEO Google Inc
Kebangsaan India Terkenal India Pria
Tempat Tanggal Lahir  12 Juli 1972 di Chennai
Tipe Kepribadian : Ambitious, Confident, Kreatif
Karater : Bekerja Kerja, Independent, Cerdas
Ayahnya : Regunatha Pichai
Ibunya :  Lakshmi Pichai
Istri : Anjali Pichai
PENDIDIKAN :

  • Wharton School of University of Pennsylvania
  • Universitas Stanford
  • Indian Institute of Technology Kharagpur

HOBBIES Membaca, Bermain Gitar, Sketsa dan Badminton

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »