Kisah Inspiratif Sosok Pendiri Microsoft - Bill Gates

Kisah Inspiratif Sosok Pendiri Microsoft Bill Gates

Kita semua mungkin pernah mendengar nama Bill Gates. Kita juga pasti pernah mendengar namanya Microsoft. Perusahaan teknologi perangkat lunak terbesar didunia saat ini. salah satu sistem yang populer yang dikeluarkan Microsoft adalah Sistem Operasi windows. Microsoft Office dan masih banyak lagi. Tapi apakah kalian tahu siapa sosok dan tokoh dibalik kejayaan Microsoft saat ini. Ya, dia adalah Bill Gates orang terkaya didunia saat ini. dibalik kesuksesannya itu pasti tersimpan sejarah dan kisah sukses perjalanan hidup Bill Gates yang sangat berat saat membangun dan mendirikan Perushaan Microsoft. Bagaimana dia membuatnya ? Nah, berikut kita akan mengenal sosok biografi dan profil Mantan CEO Microsoft Bill Gates serta akan disimpulkan Cerita perjuangan Bill Gates kecil saat susah payah berjuang membangun Microsoft dari nol. Simak Penjelasanya.


Kisah Inspiratif Sosok Pendiri Microsoft Bill Gates



Kehidupan Bill Gates


William Henry Gates III atau lebih terkenal dengan sebutan Bill Gates, lahir di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Ayah Bill, Bill Gates Jr., bekerja di sebuah firma hukum sebagai seorang pengacara dan ibunya, Mary, adalah seorang mantan guru. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill mempunyai hobi "hiking",bahkan hingga kini pun kegiatan ini masih sering dilakukannya bila ia sedang "berpikir".

Bill kecil mampu dengan mudah melewati masa Sekolah Dasar dengan nilai sangat memuaskan, terutama dalam pelajaran IPA dan Matematika. Mengetahui hal ini, orang tua Bill kemudian menyekolahkannya di sebuah sekolah swasta yang terkenal dengan pembinaan akademik yang baik, bernama LAKESIDE. Pada saat itu , Lakeside baru saja membeli sebuah komputer, dan dalam waktu seminggu, Bill Gates, Paul Allen dan beberapa siswa lainnya (sebagian besar nantinya menjadi programer pertama Microsoft) sudah menghabiskan semua jam pelajaran komputer untuk satu tahun lamanya. Komputer pertama yang ia sentuh adalah perangkat dengan mesin yang dikembangkan oleh General Electric. Tidak lama setelah dikenal, ia langsung jatuh cinta pada pandangan pertama pada dunia yang masih baru baginya tersebut.

Baca Juga : Jangan Sedih, Kehilangan Pekerjaan Berarti akan Menemukan 3 Hal Berharga

Kemampuan komputer Bill Gates sudah diakui sejak dia masih bersekolah di Lakeside. Dimulai dengan meng-hack komputer sekolah, mengubah jadwal, dan penempatan siswa. Berkat “usaha”nya tersebut ia dihadiahi hukuman untuk tidak menyentuh semua perangkat komputer di sekolahnya selama beberapa waktu.

Namun, seteleh hukuman itu berakhir. Bill Gates, Paul Allen, dan dua hackers lainnya disewa oleh Computer Center Corp. untuk menjadi tester sistem keamanan perusahaan tersebut. Sebagai balasan, mereka diberikan kebebasan untuk menggunakan komputer perusahaan. Menurut Bill saat itu lah mereka benar- benar dapat "memasuki" komputer. Dan disinilah mereka mulai mengembangkan kemampuan menuju pembentukan Microsoft, 7 tahun kemudian.

Selanjutnya kemampuan Bill Gates semakin terasah. Pembuatan program sistem pembayaran untuk Information Science Inc, merupakan bisnis pertamanya. Kemudian bersama Paul Ellen mendirikan perusahaan pertama mereka yang disebut Traf-O-Data. Mereka membuat sebuah komputer kecil yang mampu mengukur aliran lalu lintas. Bekerja sebagai debugger di perusahaan kontraktor pertahanan TRW, dan sebagai penanggungjawab komputerisasi jadwal sekolah, melengkapi pengalaman Bill Gates.

Musim gugur 1973, Bill Gates berangkat menuju Harvard University dan terdaftar sebagai siswa fakultas hukum. Bill mampu mengikuti kuliah dengan baik, namun sama seperti ketika di SMA, perhatiannya segera beralih ke komputer. Selama di Harvard, hubungannya dengan Allen tetap dekat. Bill dikenal sebagai seorang jenius di Harvard. Bahkan salah seorang guru Bill mengatakan bahwa Bill adalah programer yang luar biasa jenius, namun juga seorang manusia yang menyebalkan.

Bill Gates Meninggalkan Harvard Demi Mengejar Impian


Akhirnya Gates bosan dengan Harvard, Bill Gates memutuskan drop out dari Harvard University. Meski berat, orang tuanya mendukung keputusannya itu. Gates melamar pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan komputer di daerah Boston. Gates mendorong Paul Allen untuk mencoba melamar sebagai pembuat program di Honey-well agar keduanya dapat melanjutkan impian mereka untuk mendirikan sebuah perusahaan perangkat lunak.

Mendirikan Microsoft


Kisah Inspiratif Sosok Pendiri Microsoft Bill Gates

Pasca pengembangan perusahaannya bersama rekannya, Paul Allen berjalan, ternyata peluang yang diidamkan Bill akhirnya datang juga. Kesempatan tersebut berasal dari perusahaan yang mengembangkan Altair 8800 yaitu Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS). Presiden MITS pada waktu itu, Ed Roberts pun cukup tertarik dengan konsep sistem operasi komputer yang ditawarkan oleh Bill. Setelah masa pengembangan kodenya siap, akhirnya kerjasama antara perusahaan Bill dan MITS mulai dijalin dengan pengembangan sistem operasi bersama BASIC Microsoft. Nama pertama yang dipilih oleh Bill sebagai brand perusahaannya adalah Micro-Soft, namun seiiring perjalanan kerjasama, nama tersebut direvisi dengan menghilangkan tanda hubungnya menjadi Microsoft. Nama tersebut didaftarkan secara resmi pada tanggal 26 November 1976 dan hingga saat ini masih dipertahankan.

Baca Juga : 30 Kata Kata Sedih & Kecewa Paling Menyentuh Hati

Pada tahun 1976an, Bill merasa bahwa saat itu sistem operasi BASIC Microsoft  masih belum begitu dihargai secara layak. Banyak penguna komputer yang bisa dengan mudah menggunakan, mengotak-atik, atau memproduksi ulang semua sistem operasi karyanya tanpa ada keuntungan atau fee yang diberikan kepada Microsoft. Dan akhirnya pada tahun 1976, Microsoft mengakhiri kerjasama dengan MITS karena perbedaan pandangan. Selepas putus kontrak, praktis Microsoft harus keluar dari bayang MITS yang selama ini menjadi suksesornya.

Harapan muncul manakala, salah satu perusahaan besar perangkat keras komputer IBM menawarkan kerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi yang rencananya akan ditanamkan di komputer terbaru IBM yaitu IBM PC. Tawaran kerjasama tersebut tentunya dimanfaatkan dengan baik oleh Microsoft.

Langkah pertama yang dilakukan oleh Microsoft adalah menawarkan sistem operasi CP/M yang dikembangkan oleh perusahaan Digital Research. Namun ternyata pihak IBM tidak bisa menerima sistem operasi tersebut hingga Microsoft menawarkan alternative kedua yaitu sistem operasi 86-DOS. Meskipun tidak sepopuler CP/M, nyatanya sistem operasi tersebutlah yang bisa mencapai kata sepakat dengan pihak IBM.

Bill bersama Microsoft-nya pun mulai mengembangkan sistem operasi tersebut hingga lahirnya sistem MS-DOS. Pada waktu itu, IBM membeli hasil karya Microsoft tersebut dengan mahar sebesar $50.000 saja. Namun angka tersebutlah yang pelan namun pasti mengantarkan Microsoft menjadi salah satu penguasa pasar sistem operasi komputer terbesar di dunia. MS-DOS perlahan dikembangkan dan dilirik oleh banyak pihak, hasilnya, pundi-pundi dolar pun mulai mengalir ke kas Microsoft dan Bill sebagai CEO tentunya. Dan yang makin melambungkan nama Microsoft yaitu dengan lahirnya Microsoft Windows pada tahun 1985, dan hingga saat ini pengembangannya masih terus dilakukan dan dapat kita nikmati dengan versi terbarunya Windows 8. Dan sekarang bisa Anda lihat bahwa Microsoft telah benar-benar menjadi bagian dari kebutuhan komputasi di seluruh dunia. Dan hampir setiap orang mengenal Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia saat ini.

Kisah Kedermawanan Bill Gates


Bill Gates yang menikahi sang istri Melinda French pada tahun 1994 tersebut, perlahan sudah mendapatkan hasil dari perjuangannya selama ini. Kekayaan yang mengalir dari kesuksesan besar Microsoft nyatanya menjadikan ia sebagai orang paling kaya no 1 sedunia selama beberapa tahun. Tercatat dari “The World’s Richest People” versi Forbes, ia terus menempati posisi puncak sejak tahun 1995 hingga tahun 2007. Selepas itu meskipun tidak selalu memuncaki tangga, namun Bill Gates masih tetap masuk pada jajaran orang paling kaya didunia.

Yang menjadikan Bill sebagai sosok yang amat dikenal, bukan saja karena kekayaan namun juga kedermawananya. Melalui organisasai induk amal binaannya, Bill & Melinda Gates Foundation, sudah tidak terhitung lagi berapa banyak uang pribadinya yang ia berikan dalam banyak bidang dan dibanyak negara. Hingga akhir tahun 2009 saja, organisasi yang juga membuat jaringan di tiap negara tersebut telah berhasil mengucurkan dana tak kurang dari $ 33 miliar dolar AS dalam bidang kesehatan, pendidikan, kebudayaan hingga kemanusiaan. Di Indonesia sendiri, yang menjadi group dari Bill & Melinda Gates Foundation adalah sebuah lembaga amal Tahir Foundation yang didirikan oleh pengusaha Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir.

Baca Juga : Banyak Masalah ? ini 3 Nasihat Buat Kita yang Hidupnya Sering Dilanda Masalah

Biografi Singkat


Nama Asli :  William Henry “Bill” Gates III
Nama Populer : Bill Gates
Tempat, Tanggal Lahir : Seattle, 28 Oktober 1955
Kebangsaan : Amerika
Pendidikan : Harvard University tahun 1973 (tidak lulus)
Posisi :
Mantan CEO Microsoft
Ketua Microsoft
Penasehat  Bill & Melinda Gates Foundation
Kekayaan : US$ 81 miliar (tahun 2017)

"Orang yang sukses adalah orang yang memiliki mimpi dan keyakinan bahwa mimpi itu akan dapat terjadi walau berapa pun waktu untuk menunggunya"

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »