Kisah Inspiratif Pendiri Google Inc - Larry Page dan Sergey Brin

Kisah Inspiratif Pendiri Google Inc Larry Page dan Sergey Brin

Google Inc adalah perusahaan internet dan teknologi raksasa dunia. Jika ditanya. Mesin pencari ( Search Engine) mana yang paling populer ? ya, jawabannya pasti Google. Semua orang pasti pernah mengakses google.com. tapi tahukah kalian siapa sosok dibalik kehebatan dan kesuksesan Google ? ya, dia adalah Larry Page dan Sergey Brin. duo maut yang menggetarkan dunia lewat karya mereka yang hingga saat ini belum bisa disaingi yaitu Google. lalu Bagaimana mereka membuat dan mendirikan Google ? nah kali ini kita akan mengenal dan membahas cerita perjalanan hidup serta kisah sukses pendiri, pembuat atau CEO Google. dari masa-masa awal yang susah hingga menuju kesuksesan. Simak Penjelasannya.

Larry Page


Kisah Inspiratif Pendiri Google Inc Larry Page dan Sergey Brin

Larry Page adalah salah seorang pendiri Google dan saat ini Presiden Produk-produk Google Inc. Lawrence E. Page lahir tahun 1973 di Lansing, Michigan dari orangtua Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan. Setelah lulus dari East Lansing High School ia belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford.

Sergey Brin


Kisah Inspiratif Pendiri Google Inc Larry Page dan Sergey Brin

Sergey Brin dia juga adalah salah satu orang yang berkontribusi besar dalam sejarah Google. ia lahir di moskwa, rusia. 21 agustus 1973. pada tahun 1979, keluarga kemudian pindah ke Marryland, AS. ia bersekolah SD hingga SMP di Paint Branch Montessori School.  dan SMA di Eleanor Roosevelt. ia mendapatkan gelar master di university of marryland bidang matematika. dan ia mendapat beasiswa untuk belajar di Stanford Univesrsity. namun, ia harus merelakan gelar doctor-nya demi fokus pada Google.

Kisah Mendirikan Google


Kisah Inspiratif Pendiri Google Inc Larry Page dan Sergey Brin


Semasa kuliah di Stanford. Page diperkenalkan kepada Sergey Brin. Sebagai orang yang sama-sama cerdas, Larry dan Brin tidak jarang berdebat satu sama lain. walau hanya urusan dan hal yang sepele. Namun, perdebatan mereka bukan karena membenci satu sama lain , melainkan mereka terbiasa untuk kompetitif satu sama lain. Toh pertengkaran kecil mereka selalu diakhiri tertawa bersama

Ide membuat Google berawal dari Proyek penelitian universitas. pada masa tersebut. Mesin pencari masih seperti Yahoo Altavista dan lain-lain. mesin pencari tampaknya sama bergunanya. namun, Page dan Brin melihat halaman-halaman mesin pencari tersebut membentuk hyperlink-hyperlink sebuah sistem peringkat informal raksasa yang membawa para pengguna ke halaman-halaman berguna. akhirnya mereka menemukan topik yang menarik bagi keduanya, yaitu informasi dari kumpulan data besar.

Lalu, Page dan Brin menciptakan sebuah mesin pencari yang mengurutkan hasil pencarian menurut popularitas halaman. Mereka menyimpulkan bahwa situs website yang paling populer merupakan situs yang paling berguna. Pada awalnya Page dan Brin mencoba menjual gagasan mereka. namun, upaya mereka ditolak AltaVista, Excite, dan (terakhir) Yahoo, hingga akhirnya Larry dan Brin melanjutkan proyeknya secara mandiri walau mempunyai dana yang terbatas.

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata Mutiara Islami tentang Kehidupan

Mesin pencari itu diberi nama “Google”. Nama tersebut merupakan plesetan dari istilah matematika "Googol," yang merupakan bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol di belakangnya. Pemilihan nama ini dimaksudkan untuk mencerminkan misi mereka dalam mengatur milyaran hingga trilyunan informasi yang tersedia di website. namun, Pada awalnya diberi nama Black Rub. Teknologi Search Engine itu terus di sempurnakan,

Dengan dana yang terbatas Page dan Brin harus memutar otak. Page menemukan cara membangun server-server komputer dengan menggunakan barang-barang bekas yang tak terpakai dan mudah didapatkan, dan bukannya membeli mesin-mesin buatan khusus yang dijual perusahaan komputer dengan harga ratusan ribu dollar. Page dan Brin membangun pusat data pertama mereka di kamar asrama Page dari suku cadang PC murah dan 15 ribu dollar yang dipinjam melalui credit card.

Keduanya mulai mencari Investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mesin pencari mereka. Sehingga, mereka mendapatkan suntikan dana dari Andy Bechtolsheim teman kampus sekaligus pendiri Sun Microsystem. Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS, yang uniknya di cek itu tertulis atas nama Google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Lalu, melihat ide cemerlang dari duo sahabat ini. Investor di Silicon Valley, Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins) yang saling berkompetisi akhirnya bisa diyakinkan untuk menyuntik modal senilai 12,5 juta dolar AS ke perusahaan Google yang pada 7 Desember 1998 ini didirikan.

Akhirnya Perusahaan Google diluncurkan pada September 1998 di Menlo Park, California.
Perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan beberapa kantor di Relokasi karena kurangnya ruang, akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang di sebut Mountain View, California.

Perkembangan google tahun ke tahun sangat pesat. terlebih situs Blogger.com sudah mereka kuasai. Tidak seperti sebagian besar perusahaan besar di Silicon Valley, Google tidak buru-buru dan berusaha menahan diri  untuk go public. Ketika akhirnya mereka memutuskan untuk terjun ke bursa tahun 2004, mereka disebut-sebut sebagai IPO terbesar saat itu, dengan perkiraan nilai awal sebesar 20 miliar dollar (Ini membuat Brin dan Page menjadi multimiliarder di atas kertas). Pada Juni 2007, perusahaan itu bernilai 160 miliar dollar.

Google nyaris tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk membiayai marketing, Google hanya mengandalkan berita dari word of the mouth (mulut ke mulut). Alih-alih mengumpulkan pendapatan di atas kertas melalui IPO prematur, Google menemukan sebuah arus pendapatan yang jelas dari penjualan hasil pencariannya pada mesin-mesin pencari lainnya, termasuk pemimpin besar, Yahoo!, serta dari iklan-iklan yang dikembangkan dengan gaya menantang akal sehat. dan terciptalah Google Adsense.

Google Adsense adalah jaringan iklan yang dimiliki oleh google untuk memberikan income kepada pemiliki situs situs yang ada saat ini. dengan adanya google adsense dan blogger.com yang mana setiap orang dapat membuat situs secara gratis.

Secara terus-menerus Google membuat kejutan. Pada Oktober 2004, hasil kuartal pertama Google sebagai sebuah perusahaan yang ditawarkan ke publik adalah $ 805.9 juta. Kemudian pada tahun 2006, Google membeli salah satu situs video streaming terbesar di dunia, Youtube, dengan harga mencapai USD 1,65 milyar. Perusahaan ini juga mengeluarkan sistem operasi untuk ponsel yang bernama Android. dan sistem sistem terkenal lainnya seperti Gmail, Blogger, Google+, Playstore dan segudang aplikasi lainnya yang jika di sebutkan akan terlalu panjang. Siapa yang saat ini tidak kenal Google? Bahkan kata “google” sudah dimasukkan ke dalam kamus Oxford English Dictionary pada Juni 1999.

Sisi lain dibalik Google


Sebagai sebuah tempat kerja, Google cukup fanatik dengan detail, tapi sekaligus juga nyaris tanpa hierarki, berfokus secara obsesif pada produk inti, tapi juga cukup fleksibel untuk mendorong timbulnya ide-ide baru. Googleplex menjadi tempat kerja yang sangat nyaman, karena dilengkapi sarana dan prasarana yang lengkap seperti kolam renang, bar, billiard room, futsal, voli pantai, makanan gratis, minuman kesehatan cuma-cuma, dan cemilan yang melimpah. Terlebih lagi, suasana kerja yang rileks karena karyawan google diperbolehkan untuk hanya mengenakan kaus dan celana jeans, sehingga apabila ketika kita datang ke googleplex dan melihat sesorang yang mengenakan pakaian resmi, jas dan sebagainya, hampir bisa dipastikan dia adalah Tamu.

Baca Juga : Jangan Sedih, Kehilangan Pekerjaan Berarti akan Menemukan 3 Hal Berharga

Satu lagi yang menarik, di Google diterapkan sistem , karyawan diberikan 20 % waktu kerja mereka untuk bebas mengerjakan apa yang di minati-nya – kira-kira dalam 1 minggu sehari. Sehingga kreativitas karyawan meningkat, dan lahirlah seperti misal google earth dll. Dengan begitu google sangat konsen pada Sumber Daya Manusia yang mereka miliki.

Itulah sedikit kisah perjalanan sukses dari pendiri Google Larry Page dan Surgey Brin. SEMOGA TERMOTIVASI

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »