Banyak Berita Hoax, 3 Tips untuk Menghindari Berita Hoax (wajib dibaca)

berita hoax

Belakangan ini banyak sekali informasi di Media yang berbentuk hoax. tidak hanya situs berita saja yang berperan menyebarkan informasi bohong tersebut, tapi kita juga memiliki peran yang cukup besar untuk menyebarkan sebuah informasi tersebut. lalu apa sebenarnya tujuan mereka untuk memberikan dan membuat informasi hoax. dan bagaimana tips mangatasi dan menyikapi penyebaran berita hoax serta cara memilih Informasi agar terhindar dari berita hoax ? Simak Penjelasannya.

Hoax adalah sesuatu yang menunjukan sebuah pemberitaan yang palsu atau usaha untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengar untuk mempercayai sesuatu. di jaman teknologi informasi seperti sekarang ini. Semua orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. dengan ada nya fasilitas seperti internet dan tempat berbagi seperti Sosial Media mungkin ini sangatlah membantu kita untuk mencari berita terkini dari perkembangan dunia. Namun terlepas dari itu, ada juga sekompok yang memanfatkan teknologi informasi dengan hal yang negatif seperti membuat berita bohong atau hoax yang jauh dari fakta nya.

Memang berita hoax adalah informasi yang cepat menyebar luas dan cepat menjadi viral trending utama disetiap media elektronik maupun maya tanpa memikirkan dampak negatif yang akan diterima orang yang banyak. memang penyebaran informasi hoax nyatanya sangat cepat meluas ketibang berita yang benar benar faktanya. hal ini juga mungkin membuat kebanyakan orang merasa mengeluh dan khawatir dengan adanya berita hoax.

Lalu apa sebenarnya tujuan mereka membuat informasi tersebut ?

1. Menjatuhkan lawan.

Tujuan yang pertama adalah untuk menjatuhkan orang yang dianggap lawan (tanda kutip). mungkin hal ini biasanya ditemukan di dunia politik. namun juga bisa ditemukan dalam sebuah persaingan bisnis dan sebagainya. Dengan membuat berita hoax tentang si "dia". hal ini diharapkan citra baik dari orang tersebut luntur yang mengakibatkan kepercayaan orang lain berkurang kepadanya.

2. Ingin Populer.

Tujuan kedua adalah mereka yang ingin populer dan terkenal. membuat berita palsu dengan tujua agar dapat di lihat dan diperhatikan oleh orang banyak. ingin mendapat pengakuan dan mendapatkan citra yang baik dari semua orang yang melihatnya.

3. Plan dari sebuah kelompok

Tujuan kedua adalah plan dari kelompok tertentu. hal ini biasanya kita temukan di media-media berita besar di indonesia. Apa tujuan mereka sebenarnya. ? Ya, mendapatkan rating yang tinggi dalam bidangnya masing-masing.

Baca Juga : 9 doa-doa islami terbaik

Terlepas dari tujuan tersebut. memang maraknya berita palsu dan bohong sangatlah menghawatirkan. mereka yang sebenarnya mendapatkan wewenang untuk menyebarkan informasi malah dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. dan kita sebagai konsumen yang haus akan informasi ini adalah korban yang ebenarnya dilindungi oleh undang-undang.

Sekarang tergantung kita masing-masing, Pintarlah memilih berita informasi. ketahuilah perbedaan dan ciri ciri berita hoax atau berita fakta. Dan lagi masyarakat indonesia sudah sangat cerdas memilih berita informasi yang hendak mereka cari. tau membedakan yang mana informasi yang benar atau rill dan yang mana informasi yang hoax atau bohong. Untuk itu berikut cara menghindari berita hoax.


3 Tips Menghindari Berita Hoax


1. Kenali siapa yang menyebarkan Informasi Hoax


Tips yang pertama adalah dengan mengenali siapa yang sering menyebarkan berita yang hoax. karena, jika sudah pernah menyebarkan berita hoax. tidak menutup kemungkinan bahwa informasi hoax tersebut bukanlah yang terakhir untuk mereka. maka dari itu, putuskan sekarang hubungan dari mereka yang sering menyebarkan informasi palsu tersebut. agar kita tak terjerumus dari fitnah yag kejam tersebut.


2. Jangan ikut-ikutan menyebarkan Berita Hoax


Cara yang kedua adalah dengan tidak ikut-ikutan menyebarkan berita yang hoax. hal ini biasanya terjadi dimedia sosial. kadang ketika kita melihat teman atau orang yang dikenal membagikan sebuah berita informasi. kamu pun mungkin akan membagikannya pula atau hanya menglike (suka) nya saja. namun, tanpa sadar jika informasi yang dibagikan tersebut ternyata hoax. kamu mungkin secara tidak langsung sudah mendukung adanya berita hoax. cari tahu dahulu kebenaran informasi tersebut. apa memang ia atau hanya dibuat-buat saja untuk kepentingan golongan tertentu.

Baca Juga : 8 Alasan Kita yang Masih Muda Berpotensi Besar untuk Sukses

3. Menyebarkan Berita yang Positif.


Dan yang terakhir adalah membagikan berita yang berbau positif dan yang benar dari fakta. hal ini adalah bentuk perlawanan berita hoax yang negatif. ibaratkan api yang menyala-nyala yang hanya bisa dipadamkan oleh air yang jernih dan segar. kemudian dukunglah kelompok-kelompok yang memang benar-benar memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.


Kesimpulan


Masyarakat indonesia sudah sangat cerdas dan pntar memilih jenis berita dan informasi yang hendak mereka baca dan dengarkan. Bijaklah memilah-milah berita. jangan biarkan kita jadi budak berita palsu dan katakan sekarang untuk perang melawan berita bohong dan hoax,

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »