Susah Tidur ? 9 Cara Mengatasi Sering Susah Tidur Malam (Insomnia)

9 Cara Mengatasi Sering Susah Tidur Malam (Insomnia)

Kamu susah tidur di waktu malam ? Tidur adalah aktivitas yang amat penting bagi kesehatan tubuh kita. Kita dianjurkan untuk tidur setidaknya minimal 8 jam sehari untuk memperoleh tidur yang berkualitas. dan waktu yang tepat untuk tidur adalah pada malam hari. Namun tidak jarang juga diantara kita mengalami sulit untuk tidur bahkan pada waktu yang sunyi yaitu malam hari. Mengapa kita susah untuk tidur ? Apa penyebabnya ? Lalu Bagaimana cara dan tips menghilangkan dan mengatasi susah tidur ? Simak Penjelasannya.

Tidur mungkin perkara hal yang sangat mudah, untuk sebagian orang tidur mungkin hanya perlu tempat. kapan pun mereka menghendaki untuk tidur. ya tidur dimana saja asalkan tempatnya aman, Akan tetapi ada juga sebagian orang yang mengalami sulit tidur walau mempunyai kamar yang nyaman, tempat yang aman dengan segala fasilitas atau mempunyai banyak waktu luang tapi masih juga susah untuk tidur malam.

Susah untuk tidur ini juga dikenal sebagai Penyakit Insomnia, dimana penderitanya biasanya merasakan sulit untuk tidur. lalu apa penyebab utama kita sering susah tidur ?

1. Banyak Pikiran, Susah tidur malam mungkin diganggu karena kita semua mempunyai banyak pikiran. Masalah di kantor masih terbawa sampai ke rumah dan tempat tidur yang tidak jarang membuat kita semakin stress dan pada akhirnya membuat susah untuk tidur.

2. Kelelahan, Banyak yang mengira bahwa ketika kita kelelahan itu saat yang tepat untuk bisa cepat tidur. Akan tetapi minset itu mungkin tidaklah benar. karena menurut penelitian justru salah satu penyebab orang susah tidur diantaranya yaitu mereka sangatlah kelelahan.

Baca Juga : 10 Kegiatan yang Hanya Membuang-buang Waktu Kita

3. Ketergantungan obat, Pengaruh obat juga berperan adil kenapa kita susah untuk tidur, kamu yang mungkin ketergantungan seperti obat penenang, anti depresi dan sebagainya. kemungkinan menjadi faktor kenapa kamu seuah tidur.

4. Gaya Hidup, Gaya hidup juga memberi pengaruh untuk kualitas tidur malam. kamu yang biasanya suka merokok, minum alkhohol, dan negatif lainnya adalah penyebab kenapa kamu susah tidur. Kemudian Gaya hidup karena keseringan begadang juga menjadi salah satu faktor kenapa kamu susah tidur.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab kenapa kita susah tidur antara lain, Faktor psikologis, terlalu banyak tidur siang dll. Terlepas dari itu semua, susah tidur juga  terkadang sering kita sepelekan karena menganggap sulit untuk tidur adalah sesuatu yang biasa dan normal. Namun sebenarnya susah tidur bila keseringan mungkin tidak baik juga dan akan memberikan dampak buruk untuk kita khususnya akan menganggu kesehatan tubuh. nah untuk itu bagi kamu yang susah tidur, berikut cara mengatasi sering susah tidur.


9 Cara Mengatasi Sering Susah Tidur Malam



1. Warna yang tepat


Pilihla Warna dekorasi kamar tidur kamu yang sesuai, sebab menurut penelitian  warna dalam sebuah ruangan sangatlah menentukan kondisi psikologis seseorang, terutama ketika mereka ingin tidur.

Untuk pemilihan warna bisa disesuaikan dengan selera masih-masing. Namun apabila tidak ada referensi warna, Anda dapat menggunakan warna biru muda dan hijau muda. Karena warna satu ini lebih bersifat tenang, relaksasi, menyenangkan, dan damai.

Selain warna biru dan hijau muda, Anda juga dapat memilih dekorasi kamar dengan warna-warna kalem. Adapun jenis warna kalem dan menenangkan antara lain seperti krem, merah muda, abu-abu, dan lain sebagainya.


2. Pilih kasur yang sesuai


Penyebab mengalami susah tidur salah satunya juga bisa disebabkan karena kasur yang tidak sesuai dan nyaman pilihlah kasur yang dapat menopang semua bagian tubuh dan usahkan tidak ada bagian tubuh yang tertimpa dan mendapat tekanan yang berlebihan. buatlah kasur tidur tersebut ketika ditiduri kamu seakan-akan berdiri denga tegap

Kasur yang nyaman tidak hanya mampu menghilangkan susah tidur saja, tetapi kasur yang nyaman juga baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.


3. Kurangi cahaya berlebih


Menurut salah satu jurnal kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, sekitar 40 % penduduk negara tersebut mengalami susah tidur akibat gemerlap lampu. Bahkan survey tersebut juga menyebutkan bahwa 10 % orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu.

Maka dari itu mengurangi cahaya lampu bisa menjadi cara mengatasi sulit tidur yang efektif. Bila perlu matikan lampu tidur Anda agar bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Selain itu perhatikan pula tirai jendela yang ada di kamar Anda, pastikan tirai tersebut selalu tertutup agar cahaya kendaraan dari luar tidak menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu.


4. Pindahkan jam


Ini mungkin terlihat sepele. Karena kita merasa harus selalu tepat waktu, kita sampai memasang jam dinding di dalam kamar kita. Namun dengan ukuran yang besar, keberadaan jam itu bisa mengganggu tidur kita. Misalnya, karena jam terbuat dari bahan yang berkilau bisa saja cahaya pantulan yang menimpa jam itu mengarah ke kita sehingga mengganggu tidur. Atau bunyi tik-tik-tik di kesunyian malam, bisa saja jadi gangguan. Belum lagi ukurannya yang besar sehingga gerakan jamnya begitu terlihat. Saat kita telentang menunggu waktu tidur, kita akan tahu berapa lama kita terjaga sehingga makin membuat kita stres.

Karena itu pindahkan jam dinding, ganti dengan jam meja yang lebih kecil dan bisa distel alarm-nya jika kita butuh diingatkan untuk bangun..


5. Alat elektronik


Saking sibuknya kita dalam dunia kerja, sering sekali kita meletakan beberapa peralatan elektronik di dalam kamar tidur. Seperti contohnya televisi dan komputer. Meskipun tidak dinyalakan, alat elektronik tersebut tetap saja menyebabkan gangguan susah tidur di malam hari.

Tidak hanya dua alat alektronik itu saja yang perlu Anda jauhkan, tetapi gadget atau ponsel juga harus segara Anda pindahkan. karena tidak jarang kita sering terganggu ketika tiba-tiba ponsel tersebut berbunyi, walau tidak kita hiraukan kadang cahaya kedap-kedipnya masih menganggu kita. maka dari itu sebaiknya menjauhkan ponsel atau gadget yang kamu miliki ketika ingin tidur.

Baca Juga : Inilah 10 Cara Kurangi Ketergantungan Pada Sosial Media

6. Jaga kerapian


Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan menjaga kerapian tempat tidur. Memang kerapian merupakan hal yang sepele, namun bagi seorang pria itu adalah hal yang paling luar biasa. Karena sangat jarang sekali seorang pria mampu menjaga kerapian kamarnya.

Beberapa ahli dari University of Havard berpendapat bahwa, kamar pria yang berantakan membuat mereka lebih beresiko mengalami insomnia sebesar 25 % dari pada masyarakat umumnya.

Oleh sebab itu, menghilangkan susah tidur juga bisa Anda lakukan dengan merapikan tempat tidur. Seperti merapikan pakaian-pakaian, merapikan sepray tempat tidur, dan lain sebagainya.


7. Jaga kesegaran udara


Kersegaran udara sangatlah menentukan kualitas tidur kamu. udara yang kotor dan penuh dengan polusi sangatlah buruk bagi kualitas tidur, bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan. Sangat penting kirannya kamu selalu menjaga kesegaran udara. Apabila kamar Anda tertutup rapat, silahkan buka sedikit jendela agar oksigen segar bisa masuk kedalam kamar.

Lebih baik lagi apabila Anda juga mengatasi susah tidur dengan alat pengharum ruangan supaya tidur kamu semakin nyaman dan berkualitas.


8. Jangan makan sebelum tidur


Ada kebiasaan yang tidak jarang kita lakukan ketikaa hendak tidur yaitu makan. kita semua berpikir banyak ketika perut kenyang akan membuat tidur semakin berkualitas. Namun, itu adalah minset yang salah. ketika kamu tidur setelah makan, perut dan sistem pencernaan akan lebih aktif mencerna makana tersebut sehingga akan muncul gejala insomnia atau sulit tidur.

Sebaiknya ketika selesai makan, disarankan untuk tidak langsung tidur setidaknya 45 menit kedepan dan perbanyak minum air putih supaya tidur malam kamu makin berkualitas dan nyenyak.


9. Hindari konsumsi kafein


Kopi sangatlah tidak baik bagi kualitas tidur Anda, sebab kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Terutama untuk jenis kopi hitam yang pekat.

Oleh sebab itu, cara mengatasi sulit tidur yang terakhir ini disarankan untuk menghindari konsumsi kopi yang berlebihan. karena segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh kita.

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »