5 Cara Mengisi dan Memanfaatkan Waktu Luang yang Kita Punya Sebaik Mungkin

5 Cara Mengisi dan Memanfaatkan Waktu Luang yang Kita Punya

Mempunyai waktu luang yang senggang bagi sebagian orang adalah hal yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, kita akan punya waktu yang lebih banyak untuk menikmati hidup karena merasakan kelapangan dalam diri ini. Namun tidak jarang diantara kita menghabiskan dan mengisi kekosongan waktu mereka dengan hal negatif yang tidak ada manfaat nya sama sekali. Lalu, pertanyaannya sekarang, Bagaimana cara dan tips manfaatkan waktu luang dengan hal yang positif dan efektif, Aktivitas apa yang harus dilakukan ? Simak Penjelasannya.

Ketika kita mempunyai waktu yang kosong. itu mungkin karena sudah di akhir pekan dan waktu libur panjang. dengan segala kesibukan dan rutinitas yang kita kerjakan setiap hari. kadang membuat kita lelah dan hanya memilih ingin bersantai saja dirumah jika memang nanti mempunyai waktu yang kosong. Mungkin itu tidaklah salah. yang salah adalah jika kita bersantai dirumah disisi lain kita benar-benar tidak ada kerjaan atau hanya nganggur saat ini.

Terlepas dari hal itu. ada juga sifat seseorang yang merasa pusing karena berpikir tidak ada kerjaan atau tidak ada yang bisa dilakukan saat punya waktu luang yang banyak. diantara kita juga mungkin akan merasa cepat bosan. Ya. pendapat orang memang berbeda-beda untuk menyikapi jeda waktu kosongnya.

Baca Juga : Merasa Kurang Kreatif ? Mari Terapkan 3 Hal Sederhana Ini

Namun dengan begitu. Bijak lah menggunakan dan menghabiskan waktu kita dengan sebaik mungkin. waktu luang sebaiknya kita kerjakan dengan melakukan aktivitas yang berguna yang membuat kita lebih Produktif.  Selain itu, kita harus bisa mengambil keputusan bahwa "waktu kita mau digunakan untuk apa ?" Tanpa keputusan yang jelas. sadar atau tidak kita sudah membuang-buang waktu kita yang sangat berharga denga sia-sia. Nah untuk itu, Berikut 5 aktivitas yang bermanfaat untuk bisa lakukan di waktu luang kita.


5 Cara Memanfaatkan Waktu Luang yang Kita Punya



1. Beribadah


Aktivitas yang bisa dilakukan pertama adalah beribadah. Ya, Ibadah adalah yang pertama yang perlu kita lakukan, Baik itu sedang sibuk atau sedang tidak ada kerjaan. karena ibadah itu adalah kewajiban bukan rutinitas. disaat kita mempunyai waktu luang. Cobalah mendekatan diri kepada tuhan. Ketika kita sedang sibuk dengan pekerjaan kita. Mungkin kita tidak sempat atau lupa akan kewajiban beribadah ini.

Nah, dari pada waktu kamu terbuang percuma, lebih baik manfaatkan waktunya untuk beribadah. Apapun agama kita. Dengan saat ini yang punya banyak waktu senggang. disinilah waktu yang tepat untuk kita semua mendekatkan diri kepada tuhan dengan sebaik mungkin. tidak hanya waktu luang terisi, kita juga akan mendapat pahala yang besar darinya.


2. Berolahraga


Selanjutnya adalah berolahraga. Tubuh Kita ini sangat membutuhkan yang namanya olahraga, Mengingat selama ini kesibukan sudah menjadi beban utama yang harus kita tanggung. Mungkin dengan berolahraga akan membuat pikiran dan tubuh kita jadi lebih fresh dan bugar. tidak perlu olahraga yang berat. Lari kecil atau berjalan kaki sudah cukup membuat kita jadi lebih segar. menghirup udara sejuk yang mungkin akan tidak bisa kita temukan saat sedang sibuk. 


3. Melakukan hal yang baru


Aktivitas ketiga yang bisa kita lakukan diwatu senggang adalah mencari sesuatu yang baru untuk kita lakukan. Mengapa ? Karena biasanya manusia akan cenderung lebih fokus dengan hal yang baru ditemui nya. Dengan catatan hal tersebut adalah aktivitas baru yang positif. Carilah sesuatu yang belum pernah kita lakukan. aktivitas baru itu sungguh akan menyenangkan loh !!. toh tidak hanya waktu luang bisa bermanfaat. Tapi rasa bosan pun hilang dan pengalaman kita akan bertambah.


4. Bersosialisasi


Internet telah menyediakan banyak sekali sarana untuk bersosialisasi. kita bisa melakukan Chat, berbagi foto dan video dan lain sebagainnya. Namun sayangnya itu semua hanyalah kepalsuan semata, Cobalah letakan semua teknologi yang mengikat dan mengontrol kita, keluarlah dan berinteraksilah secara nyata. Hal sederhananya adalah berkumpul sama teman-teman. berjalan keluar rumah menkmati keindahan kota dan lain sebagainya. Hal ini adalah salah sat bentuk untuk menghargai waktu agar lebih produktif

Baca Juga : 30 Kata Kata Bersyukur yang Menenangkan Hati

5. Terus Memperbaiki diri


Yang terakhir adalah memperbaiki diri. ketika kita mempunyai waktu luang. Cobalah sesekali melihat kesalahan yang pernah kita perbuat. entah itu dikantor, dikampus, disekolah atau dimana pun. saat ini kita memiliki waktu yang banyak untuk memperbaiki dan menutup kelemahan tersebut. jangan terlena dengan kata-kata bersantai jika kita mengetahui ada lubang yang besar pada diri sendiri. Karena semua orang mungkin sedang sibuk memperbaiki dirinya masing-masing. Dan sekarag kita harus memilih terus tertinggal atau berusaha mengejar dan menang.

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »