4 Bahaya Masih Bermain Smartphone Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

4 Bahaya Masih Bermain Smarphone Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Ketika kita ingin beranjak tidur. salah satu kegiatan yang tidak akan pernah dilewatkan adalah mengecek Smartphone kita. Asyik bermain game, berselanjar di sosial media atau sekedar menelusuri internet. tapi apakah kamu mengetahui. dampak buruk menggunakan smartphone sebelum tidur.  Apa bahaya nya bagi kesehatan tubuh kita ketika sering menggunakan gadget ketika ingin tidur ? Simak Penjelasannya.

Smartphone adalah sebuah perangkat yang kini sudah menjadi kebutuhan manusia modern yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-harinya. Namun, berdasarkan survei yang dilakukan Milward Brown pada responden dari 16 hingga 44 tahun pada awal tahun 2014 menunjukkan bahwa pada umumnya pengguna smartphone rata-rata menghabiskan waktu 6 jam 50 menit dalam sehari untuk berinteraksi dengan perangkat mereka.

Yang lebih anehnya lagi adalah dari rata-rata waktu penggunaan smarphone atau Gadget tersebut. ternyata waktu sebelum tidur juga termasuk didalamnya. Menurut survei lain dari tim medis dari yayasan kesehatan BMJ Open asal Norwegia, ada lebih dari 44 persen pengguna ponsel tidur di dekat ponsel mereka. Studi terbaru mereka yang dilakukan pada 9.846 remaja berusia 16-19 tahun selama dua tahun terakhir ini juga menghasilkan data bahwa rata-rata remaja menggunakan setidaknya minimal dua jenis handphone dalam satu jam sebelum mereka hendak tidur.

Ya, kita juga tidak mau berbohong, bahwa kita pun juga sering melakukan hal tersebut bermain handphone (Hp) ketika ingin tidur. apalagi seorang anak muda yang haus akan informasi yang terupdate. atau hanya ingin melepas lelah. tapi dari kebiasaan tersebut, kita justru mengabaikan kesehatan kita dari ketidaktahuan seputar bahaya bermain gadget sebelum tidur.

Baca Juga : 14 Tanda Bahwa Kita Sudah Menjadi Semakin Dewasa

Lalu sebenarnya ada apa dibalik penggunaan smartphone sebelum tidur ini ? Ternyata ada beberapa dampak yang tidak baik dibalik waktu penggunaan smartphone ini, terutama pada saat sebelum tidur. Tidur yang merupakan bagian dari kebutuhan tubuh untuk istirahat dan memperoleh energi baru ternyata memiliki keutamaan tersendiri yang tidak dapat diganggu gugat.


4 Bahaya Masih Bermain Smarphone Sebelum Tidur Bagi Kesehatan


1. Dapat Mengganggu Tidur


Penggunaan gadget dengan layar LED yang mengeluarkan cahaya biru diketahui akan menghambat produksi hormon melatonin yang kita butuhkan agar bisa mengantuk. Terganggunya produksi melatonin jelas akan merusak jam biologis tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh yayasan kesehatan BMJ Open ini juga mendapatkan mengidentifikasi bahwa SOL (sleep onset latency) atau lama waktu untuk merasa mengantuk dan tertidur seorang manusia bisa terpengaruh dan terganggu dengan adanya perangkat elektronik terutama yang memiliki layar pemancar cahaya. Ini terjadi karena  gelombang cahaya panjang-pendek (short-wavelength) yang dihasilkan layar gadget bisa menekan produksi hormon ‘melatonin’ yang berfungsi sebagai penghasil rasa kantuk. Akibatnya ritme ‘sirkadian’ tubuh akan terganggu hingga kemudian Anda akan semakin sulit untuk tidur.


2. Dapat Meningkatkan Berat Badan


Sebuah penelitian lain dari Northwestern University di Chicago menyatakan bahwa penggunaan gadget pada jam tidur bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Bahkan dinyatakan pula bahwa resiko ini juga akan mendatangi kita meski kita hanya mengisi baterai ponsel di samping tempat tidur.

Reskio meningkatnya berat badan ini disebabkan oleh adanya paparan sinar biru dari gadget yang merupakan sinar pemberi sinyal tubuh untuk bangun tidur. Penelitian ini mengungkapkan bahwa paparan sinar biru dari #smartphone selama tiga jam akan meningkatkan produksi hormon ghrelin yang berfungsi untuk memberi sinyal lapar.

Hormon ghrelin ini jelas akan membuat kita cenderung untuk ingin makan di malam hari.  Dan Jika hal ini terjadi berulang-ulangkali maka bersiaplah untuk menerima berat badan yang terus meningkat yang tidak baik untuk kesehatan ini.


3. Risiko Penyakit Kanker


Dampak buruk berikutnya dari penggunaan gadget sebelum tidur adalah risiko kanker. Menurut penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Cancer Prevention, paparan sinar buatan dari gadget ini membawa radiasi yang akan meningkatkan risiko kanker payudara. Persentase risiko kanker payudara pada perempuan ini sendiri mencapai 17 persen.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada para pekerja malam yang sering terkeda paparan sinar radiasi gadget. Para peneliti kemudian berasumsi bahwa meningkatknya hormon estrogen dari sinar lampu biru gadget inilah yang memicu munculnya penyakit kanker payudara.

Baca Juga : 3 Cara dan Trik Nembak Cowok duluan yang Sepantasnya

4. Risiko Penyakit Diabetes Tipe 2


Terakhir, dampak buruk bagi kesehatan dari penggunaan gadget sebelum tidur adalah meningkatnya risiko terkena diabetes tipe 2 yaitu diabetes yang umunya menyerang seseorang berusia 35 tahun ke atas atau disebut adult onset. Jenis diabetes ini akan banyak menyerang orang-orang bertubuh besar yang kelebihan berat badan (overweight).

Penyebabnya lagi-lagi dari pancaran sinar lampu buatan dari gadget. Penelitian dalam Journal Chronobiology International menyatakan bahwa seseorang, terutama yang berusia lanjut akan lebih mudah terkena diabetes tipe dua ketika mereka bermain gadget, empat jam sebelum tidur. Masih mau mengambil resiko bahaya penggunaan gadget ini?

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »