14 Tanda Bahwa Kita Sudah Menjadi Semakin Dewasa

14 Tanda Bahwa Kita Sudah Menjadi Semakin Dewasa

Jadi lebih Dewasa, kadang kita berpikir dan bertanya apakah sikap dan sifat kita sudah menjadi lebih dewasa ? mungkin kita akan memikirkan dan merenungkan pertanyaan tersebut. Namun, dengan bertambahnya umur, tentunya kita juga semakin bertambah kedewasaan dan kematangan untuk menyikapi suatu kondisi. lalu pertanyaan kembali muncul, "Bagaimana cara dan tips menjadi lebih dewasa ? baik sikap, sifat, berkataan dan perbuatan" adakah tanda-tanda dan ciri-ciri bahwa kita dan seseorang sudah semakin lebih dewasa ? Simak Penjelasannya.

Pada umumnya manusia itu tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu. seringkali kita ingin sekali menjadi pribadi yang lebih dewasa, kita mungkin merasa iri memperhatikan melihat orang lain kita kenal semakin hari semakin dewasa. Namun, apakah kita mengetahui, untuk menjadi dewasa bukanlah hal yang mudah. kadang kita begitu mudah mengatakan bahwa kita sudah mejadi lebih dewasa, Namun, ada perbedaan yang jelas antara menjadi dewasa yang sesungguhnya dengan berpura-pura dewasa untuk menjaga imej kepribadiannya.

Ya, seringkali kita bersembunyi dibalik tameng kata kata sudah semakin menjadi lebih dewasa, karena mungkin, kita hanya ingin dilihat dan dikagumi dimata seseorang bahwa kita memang sudah menjadi lebih baik dan lebih dewasa. Terlepas dari hal itu, untuk menjadi lebih dewasa bukan mengenai berapa usia umur kita sekarang.  Karena tidak jarang, orang yang sudah mempunyai umur dewasa masih saja bertingkah laku seperti anak-anak. pun juga para remaja dan anak muda yang seringkali kita anggap masih bocah dan mempunyai sifat yang kekanak-kanakan pada kenyataannya sudah berprilaku jadi lebih tenang, lebih pengertian, dan bisa mengendalikan emosinya dengan matang.

Baca Juga : 30 Kata Kata Sedih & Kecewa Paling Menyentuh Hati

Kadang, untuk menjadi lebih dewasa kita harus melewati masa-masa sulit agar kita bisa introfeksi diri. apa yang salah diri kita.? Sekali lagi, faktor usia bukanlah satu-satunya penentu dan penyebab bahwa kita sudah mempunyai sifat dan sikap yang lebih dewasa. Semua itu tergantung dari pengalaman yang telah diperoleh dalam hidup serta kemauan diri untuk menjadikan dirinya lebih berkembang melebihi umurnya.



14 Tanda Bahwa Kita Sudah Menjadi Semakin Dewasa



1. Lebih pintar membagi waktu dan memprioritaskan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu

Tanda pertama kamu bisa dan tahu cara manajemen waktumu sendiri. kamu sudah sangat pintar
membagi dan memilah-milah waktu sesuai dengan kebutuhanmu. bahkan sudah mengetahui apa yang ingin kamu lakukan hari ini dan hari besok. tujuanmu sudah sangat terarah dengan memprioritaskan kemauan yang kita kehendaki secara profesional. kamu juga sudah memahami bahwa dengan tahu cara membagi waktu, kamu setidaknya sudah bisa menghargai waktu mu bahkan sedetik dan sesingkat apapun.


2. Mulai menemukan dan menyadari jati diri yang sebenarnya.

Kita harus tahu bahwa untuk Menjadi dewasa bukan saatnya lagi untuk mengikuti apa yang diinginkan orang lain. karena kamu sudah mengetahu dengan jelas arah dan tujuanmu sendiri tanpa tuntunan dari orang lain. Intinya,  kamu sudah mengerti apa yang kamu suka dan tidak, memahami passionmu, bagaimana cara meraihnya, impian-impian. Di situ ada sebuah keteguhan untuk menjalani hidup.


3. Tidak mudah terhasut oleh teman dan sudah punya prinsip yang jelas.

Selanjutnya dalah kamu sudah tidak gampang terhasut oleh siapapun, Memang pada masa ABG, hampir semua yang akan kita lakukan adalah hasil dari hasutan orang lain. Namun kini kamu sudah menganggap hasutan tersebut sudah tidak mempan ada dirimu. kamu sudah berani untuk mengatakan  "TIDAK" jika sesuatu tersebut tidak baik untuk mu, dan bisa mengatakan 
"IYA"  jika itu baik untuk dirimu. searang kamu sudah memiliki prinsip yang jelas dan itu tandanya kamu sudah menjadi lebih dewasa dari sebelumnya, Kamu sudah tidak lagi bimbang dan ribet sama hasutan teman-temanmu. Punya pendirian dan tidak mudah goyah.


4. Bisa mengatur sendiri keuangan dan kebutuhan pribadi

Kemudia kamu bisa mengatur keuangan dan kebutuhan pribadimu. kamu juga sudah bisa
membedakan mana kebutuhan wajib dan kebutuhan pribadi. dengan begitu kamu sudah dapat menghitung berapa pengeluaranmu tiap hari dan tiap bulan. berapa uang yang harus kamu tabung diawal bulan dan mengerti caranya berhemat.

Baca juga : Tidak Punya Uang? Coba 4 Cara ini untuk Mendapatkan Kebahagiaan


5. Sudah bisa membantu orang tua bahkan membiayai hidup mereka.

Hal yang selanjutnya adalah kamu sudah bisa membantu orang tua mu dan bahkan membiayai hidup mereka. Ya, salah satu impian kita adalah bisa membahagiakan kedua orang tua. Apalagi mereka yang sudah menua dan berusia lanjut. untuk membantu segala keperluannya dan apapun kesulitannya. karena kadang, jika kamu mengingat-ingat kembali bahwa orang tua lah yang selalu ada yang terdepan dalam membantu ketika kamu merasa kesulitan. Nah, saat inilah mungkin kamu bisa membalas semua kebaikannya walau kamu juga harus memahami bahwa kamu tidak akan mampu bisa membalas semua jasa kedua orang tuamu. tapi setidaknya. kamu sudah bisa membahagiakan dan membuat mereka tersenyum.



6. Membuat keputusan sendiri tanpa campur tangan orang lain.

Tanda bahwa kamu sudah dewasa selanjutnya adalah kamu sudah bisa menentukan keputusan tanpa hasutan orang lain bahkan orang tua sekalipun. Kamu mungkin akan menerima banyak Nasehat yang hanya sebagai bahan pertimbangan namun keputusan tetap kamu yang menentukan. kamu tidak akan membiarkan keputusanmu dipengaruhi oleh orang lain.

7. Segala tindak tanduk dan ucapanmu sudah kamu pikirkan baik-baik 

Tanda ketujuh adalah kamu sudah mengerti tindakan mana yang baik dan buruk untuk dirimu sendiri. kamu mungkin sudah memikirkan jika tindakan yang akan kamu lakukan dan ucapan yang ingin kamu katakan akan bermanfaat atau tidak. akan sia-sia atau tidak. akan berguna atau tidak. kamu akan berhati-hati sebelum melakukan sesuatu dan memikirkan sebelum mengucapkan sesuatu.


8. Bisa beradaptasi dengan lingkungan yang berubah-ubah.

Saat kita tumbuh dewasa mungkin kita akan menemukan kondisi yang tak menentu, kita akan menemukan sesuatu yang baru dalam hdup kita. entah itu lingkangan yang baru, kepribadian yang baru atau kondisi dimana kamu dipaksa untuk berubah. Tidak semua orang dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, namun kamu mampu menyesuaikan diri dengan keadaan. Baik maupun yang buruk selalu bisa menjalani dengan strategi yang kamu buat sendiri. 


9. Saat berbuat salah, kamu tak segan dengan kesadaran diri sendiri untuk meminta maaf dengan tulus hati

Kadang, kita malu mengakui ketika kita melakukan kesalahan. takut meminta maaf, dan lain sebagainya. Namun apakah kamu mengetahui jika hhal tersebut mencerminkan sosok yang tidak dewasa ? saat kamu berbuat salah sudah semestinya kamu meminta maaf kepada seseorang dengan tulus dan mengakui kesalahan kamu dengan penuh kesadaran. terlepas dari kamu salah atau tidak. jika kamu berani memulai untuk meminta maaf. disitulah kamu sudah semakun menjadi dewasa.


10. Lebih mandiri dan bersahabat dengan kesendirian.

Ya, ketika kita semakin jadi dewasa, disitulah kita akan selalu bersahabat dengan kesepian. kamu selalu teringat masa anak-anak yang pernah kamu rasakan. bermain bersama teman atau bermain game dengan ceria dirumah, Namun sekarang kamu merasa masa tersebut sudah berlalu. kini kamu merasa kesepian. lebih banyak meredung dan berdiam diri.

Baca Juga : Selalu Merasa Kesepian ? 7 Hal Baik yang harus diingat Saat Kita Sendirian


11. Tak ada yang akan memback-up mu sekuat dulu.

Tetap saja menjadi dewasa ada resikonya. walau pertahanan tak sekuat dulu, tak ada istilah merengek bermanja-manja ke orang tua maupun sanak saudara, yang ada mereka cenderung menurunkan rasa perhatiannya karena kamu sudah dianggap bisa menyelesaikan masalahmu sendiri. tak ada yang membackup kamu. disinilah kamu akan menjadi sosok pribadi yang kuat dan tangguh dalam menjalani suatu kehidupan.


12. Menjadi dewasa membuatmu memiliki tanggung jawab lebih besar di atas pundakmu.

Bagaimana tidak? Semakin tinggi tingkat kedewasaanmu, pemikiranpun juga akan terbebani oleh tuntutan-tuntutan kehidupan yang semakin menghimpit. Pekerjaan, penghasilan, keluarga, pasangan namun kamu bisa menghadapinya dengan pemikiran yang mantap lalu menyelesaikan masalah tersebut satu per satu. Lebih memikirkan solusi daripada sekedar mengeluh. lebih mendahulukan tindakan dari pada perkataan. disitulah kamu sudah memiliki sifat yang semakin dewasa.


13  Bukan lagi mencari pasangan untuk bersenang-senang namun untuk hubungan yang serius.

Melanjutkan dari point ke 10 diatas. ketika kamu merasa kesepian. kamu mungkin akan mencari seseorang yang akan mengisi lubang kosong didalam hatimu. Namun disisi yang lain, Kamu sudah berhenti untuk bermain cinta karena sudah bukan saatnya lagi. Kamu sudah bisa menentukan mana pasangan yang siap diajak ke hubungan yang serius daripada membelenggunya dalam harapan ketidakpastian.


14. Menerima kritikan dan berusaha memperbaikinya.

Dan tanda terakhir bahwa kamu sudah semakin dewasa adalah kamu dapat menerima kritikan dan berusaha memperbaikinya. Ya, kadang kamu tidak mau menerima apa yang dikatakan orang lain tentang dirimu. Namun kini kamu sudah tidak memperdulikan apa yang mereka katakan atau kamu akan mengumpulkan semua perkataan mereka tentang dirimu supaya kamu dapat mengintrofeksi diri dan memperbaiki semua kesalahanmu. denan maksud bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »