Merasa Kurang Kreatif ? Mari Terapkan 3 Hal Sederhana Ini

Merasa kurang kreatif ? jika ia, kenapa ? jawabnya pasti akan berbeda-beda. merasa tidak kreatif itu adalah suatu perumpamaan pola pikir seseorang agar selalu melakukan hal yang baru dan unik. mempunyai ide-ide yang brilian serta mampu memberikan solusi atas permasalahan. Lalu, bagaimana tips dan cara agar melatih otak kita supaya selalu berpikiran yang kreatif? Simak Penjelasannya

Merasa Kurang Kreatif ? Mari Terapkan 3 Hal Sederhana Ini

Merasa Kurang Kreatif ? Pikirkan 3 hal Sederhana Ini


Kreatif adalah salah satu kemampuan manusia untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang baru/unik dan menghasilkan pemikiran yang berguna bagi kehidupan manusia sehingga dapat terus berkembang.

Kebanyakan orang berpikir bahwa proses berpikir kreatif itu terjadi secara ajaib (datang dari langit atau sebagainya), mereka menganggap kreatif itu adalah bakat bawaan atau kemampuan super dari otak kanan manusia. Padahal banyak sekali karya-karya kreatif di dunia (termasuk Indonesia) yang lahir dari tangan seorang yang analitis (mereka yang sangat mengandalkan otak kirinya).

Jika Anda bertanya-tanya “Bisa tidak saya jadi orang kreatif? Saya sebelumnya tidak pernah membuat karya apapun, dan tidak mengerti banyak tentang kreativitas.” jawabannya: BISALAH

Kita tidak akan belajar yang rumit-rumit menggunakan teori bla.bla.bla atau membahas apa itu kreatif dan semacamnya. Kita akan mempelajari secara singkat & padat apa yang diperlukan untuk seseorang supaya menjadi pribadi yang lebih kreatif.

1. There’s nothing new under the sun


Apa maksudnya? Artinya tidak ada sesuatu yang baru didunia ini, hanya saja kita melakukannya dengan cara yang berbeda. Semua orang lahir kedunia ini tidak tahu apa-apa (kosong) dan apa yang ada dipikiran kita (isi) lahir dari masukan eksternal seperti: keluarga, lingkungan, sekolah, alam, internet, pengalaman diri sendiri dan orang lain.

Kreatif itu bukanlah menciptakan hal yang baru, tetapi melakukan sesuatu yang sudah ada dengan cara/metode/kombinasi yang baru.

Jadi jika Anda bertanya bagaimana cara untuk menjadi kreatif, maka perbanyaklah isi (pikiran) Anda, dengan mencoba berbagai hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebanyak-banyaknya, belajar dari pengalaman orang lain, membaca buku, aktif berorganisasi atau sekedar iseng-iseng bermain dengan hal-hal baru. Apapun itu akan menjadi isi dikepala Anda dan semakin banyak isi kepala Anda semakin besar pula kemungkinan untuk Anda menciptakan cara-cara baru untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Pendiri JD.ID

Steve jobs juga mengatakan bahwa sebenarnya kreatif itu hanyalah “connecting the dots” (menghubungkan titik-titik) atau menggabungkan apa yang sudah ada. Justru mereka yang memiliki kemampuan analitis yang baik (otak kiri) kemungkinan besar dapat berpikir kreatif dengan lebih mudah karena bagi mereka kreativitas itu sama seperti bermain puzzle. Karena itu salah satu kunci untuk menjadi kreatif adalah dengan memperkaya “pengalaman” Anda sehingga kesempatan Anda untuk mengkombinasikan sesuatu juga akan semakin banyak.


2. Good artist copy, great artist steal. 


Apa maksudnya? Artinya mencurilah seperti seorang seniman. Bukan berarti Anda mencuri hak cipta atau paten seseorang. Semua orang didunia ini adalah pencuri (atau lebih tepat dikatakan peniru), sikap dan karakter Anda adalah “hasil curian” dari orang-orang yang Anda kenal entah itu orang tua, keluarga, teman, sosok idola, artis/guru/pahlawan dan sebagainya. Kita semua adalah peniru, gaya bicara kita, penampilan kita, gaya kita, termasuk cara kita berpikir semuanya secara tidak langsung dipengaruhi oleh orang lain.

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata Mutiara Bersyukur

Tidak ada yang salah dengan menjadi peniru, yang salah adalah kalau kita hanya meniru 1 individu mentah-mentah (copy 100%), dan tidak berinovasi/berkembang dengan cara kita sendiri. Karena hampir semua orang sesungguhnya merupakan hasil tiruan dari beberapa individu (hanya saja kita tidak tahu/menyadarinya).

Sama seperti poin pertama, dengan mencuri layaknya seniman, maka mencurilah dengan benar, lihat apa yang ada, terima dan jadikan masukkan untuk isi pikiran Anda, dan kembangkan dengan cara Anda sendiri, atau gabungkan dengan hasil curian Anda yang lain.

Perhatikanlah bisnis-bisnis yang ada di Indonesia, sebagian besar hanyalah “model bisnis” yang sudah berjalan stabil diluar negeri dan dibawa untuk diaplikasikan serta diadaptasikan dengan budaya Indonesia sehingga terlihat fresh dan baru. Atau lihatlah program-program televisi/acara yang ada, kebanyakan juga hanyalah mengadaptasikan apa yang sudah ada diluar untuk dibawa masuk ke Indonesia dan dikembangkan sesuai dengan keinginan masyarakat kita.

3. Ide itu Murah


Lupakanlah tentang betapa luar biasanya suatu ide. Ide itu murah (bahkan tidak ada harganya), setiap orang dapat memikirkan ratusan ide brilian dalam sehari, yang mahal itu adalah “kemampuan” dan “kemauan” untuk mengeksekusi ide itu menjadi kenyataan.

Ide sebagus apapun tidak ada artinya jika tidak pernah dieksekusi, lagipula Anda tidak akan pernah bisa menilai harga sebuah ide, sehingga lupakanlah tentang ide-ide kreatif atau apapun yang berhubungan dengan ide.

Kebanyakan ide hanyalah hasil meng-copy dari yang sudah ada dan dijalankan dengan lebih baik. Jadi jika Anda menemukan sebuah ide/celah yang bagus tetapi dijalankan dengan cara yang buruk, mungkin itulah kesempatan Anda untuk mengembangkan ide tersebut, atau lebih bagus lagi jika tidak ada orang yang mengeksekusi ide tersebut (minim persaingan), ingat bahwa ide itu murah, memang Anda tetap membutuhkan ide untuk dijalankan tetapi pada kenyataannya ide dan eksekusi hampir tidak pernah berjalan sesuai yang diharapkan, karena itu fokuslah pada eksekusinya (kita hidup didunia tindakan, bukan mimpi).

Baca Juga : 10 Cara Sederhana Menambah Rasa Percaya diri

Tentu saja masih banyak cara untuk menjadi pribadi yang kreatif, tetapi jika Anda ingin mencoba mulailah dengan memperbanyak pengalaman Anda, tirulah seseorang dan improvisasikan dengan tiruan lain atau dengan cara Anda sendiri, atau jika Anda menemukan sesuatu/ide yang bagus tetapi dijalankan dengan buruk maka kembangkanlah ide tersebut dan buatlah menjadi milik Anda (your own version).

Pernah Ditolak 32 Perusahaan, Pria Ini Justru Sukses Ciptakan Startup Bernilai 1 Miliar Dolar

Pernah Ditolak 32 Perusahaan, Pria Ini Justru Sukses Ciptakan Startup Bernilai 1 Miliar Dolar

KISAH INSPIRATIF DANIEL KAN


Kita sering menilai seseorang yang kini sukses berdasarkan dari pengalaman hidupnya, ya. memang betul. mungkin kita akan bisa memahami bagaimana beratnya perjalanan yang harus mereka alami untuk mencapai kesuksesannya tersebut. untuk meraih kesuksesan itu tidaklah instan. Bahkan bisa dibilang, hampir dari profil tokoh orang yang sukses di dunia ini dulunya pernah mengalami kehidupan yang tidak mudah, penuh tantangan dan rintangan.

Sama halnya dengan pria bernama Daniel Kan ini. Setelah sempat melamar pekerjaan hingga 35 kali, ternyata ia hanya mampu diterima di dua perusahaan saja. Bagi sebagian orang, mungkin kondisi tersebut akan mampu menjatuhkan mental kita bahkan hingga kesulitan untuk bangkit kembali.

Namun tidak hal tersebut tidak berlaku bagi Kan yang kemudian mengambil satu kesempatan sesuai dengan passion  yang ia miliki. Perlahan namun pasti,  akhirnya ia berhasil mendirikan sebuah startup teknologi bernama Cruise Automation, yang belum ini  telah resmi diakuisisi dengan nilai $1 miliar. Berikut kisah lengkapnya.

Sulitnya Mencari Pekerjaan Selepas Kuliah


Seperti yang telah disampaikan sebelum, ketika menjelang masa akhir perkuliahan, Daniel Kan mulai mengirimkan lamaran pekerjaan ke sejumlah perusahaan yang sesuai dengan bidang minatnya.  Dan setelah resmi lulus dari Claremont McKenna College di tahun 2009, ternyata perjalanan karir Kan tidaklah semulus yang diperkirakan.

Baca Juga : 9 Doa Islami Terbaik

Dari 35 lamaran pekerjaan yang ia sebar, hanya 2 yang memberi balasan. Pilihannya adalah, ia pergi ke Korea untuk mengajar bahasa Inggris atau bekerja di sebuah startup di kawasan San Francisco bernama UserVoice. Karena ia merasa bahwa bisnis merupakan area yang tepat bagi dirinya,  akhirnya Kan memutuskan untuk bekerja di perusahaan startup tersebut.

Berani Keluar Dari Zona Aman


Setelah bekerja selama beberapa bulan di startup UserVoice yang merupakan penyedia jasa user feedback bagi profesional dan perusahaan, Kan berpikir bahwa ini bukanlah akhir dari jalan karirnya. Ia merasa bisa dan siap untuk mengembangkan bisnisnya sendiri.

Dari sini, ia berpikir untuk mengembangkan startup secara mandiri. Hingga akhirnya dengan bantuan saudaranya, Justin (founder Twitch) yang juga seorang entrepreneur di bidang startup digital, ia akhirnya membangun sebuah startup bernama Appetizely. Startup ini membuka layanan pembuatan aplikasi bagi restoran di kawasan San Francisco, Amerika. Namun ternyata usaha pertamanya tersebut gagal dan harus ditutup selisih 3 bulan dari masa peluncurannya.

Baca Juga : Ingin Berhenti Merokok ? ini Tipsnya Berhenti Merokok Hanya dalam Waktu Seminggu

Tak ingin menyerah, Kan kemudian kembali berkolaborasi dengan seorang kawan di Uservoice untuk mendirikan sebuah startup baru. Kali ini menyasar target penyedia layanan kebersihan secara online, kemudian Kan memperkenalkan startup bernama Exec.

Pada usaha keduanya ini bisa dibilang cukup berhasil. Banyak rekan kan yang kemudian bekerja sama dan pada akhirnya melejitkan nama Exec menjadi salah satu penyedia layanan jasa kebersihan populer di kawasan San Francisco. Namun lagi-lagi, perasaan Kan mengatakan bahwa ini bukan tujuan hidup yang sebenarnya ia cari. Ia menginginkan sesuatu yang lebih besar dan sesuai dengan minatnya.

Mendirikan Cruise Automation


Satu hal yang paling disyukuri oleh Daniel Kan adalah ia dikelilingi banyak sekali orang yang mampu mendorongnya untuk lebih berani mengambil tantangan menuju kesuksesan.

Menilik sedikit tentang keluarganya, Kan dilahirkan dalam keluarga entrepreneur. Ibunya merupakan founder dari sebuah perusahaan digital di bidang transportasi di Korea. Sedangkan sang kakak, seperti disebutkan sebelumnya merupakan salah satu folder dari startup situs video Twitch.

Dari sinilah, ia bertemu dengan Kyle Vogt yang merupakan sosok lain yang membantu James mendirikan Twitch. Dalam pembicaraan yang mereka lakukan, Kyle memberikan sebuah ide yang ternyata sangat menggugah semangat Kan.

Dia bermimpi untuk membuat sebuah startup di bidang pengembangan teknologi mobil self driving alias mampu berjalan tanpa kendali manusia. Saat itu juga, Kan memutuskan untuk mewujudkan mimpi tersebut bersama dengan Kyle, hingga terciptalah startup yang diberi nama Cruise Automation.

Dengan konsep yang mereka berdua ciptakan ditambah lagi dengan dukungan jaringan yang telah mereka miliki selama beberapa tahun berkecimpung di bidang bisnis digital, perlahan Cruise Automation mampu mendapatkan perhatian dari banyak perusahaan besar. Hingga puncaknya, produsen mobil General Motor setuju untuk mengakuisisi Cruise Automation dengan nilai 1 miliar dolar.

Baca Juga : Kata Kata Motivasi Untuk Sukses

Jalan Daniel Kan hingga akhirnya mampu memenuhi ekspektasinya, bisa dibilang sangatlah tidak mudah. Bayangkan bila ia berhenti di salah satu tahap, tentu tidak mungkin ia bisa memperoleh kesuksesan seperti saat ini.

Sama seperti kita semua, dalam usaha mencapai tujuan apapun pasti ada tahap sulit yang harus kita lampaui. Kita hanya tetap harus konsisten dan presisten untuk terus mengejar tujuan tersebut. Dan siapa tahu, kesuksesan besar sudah menunggu kita dalam satu tahap lagi.

9 Bahaya dan Efek Samping Berolahraga Secara Berlebihan

Apakah anda hobi berolahraga setiap pagi atau setiap hari. tapi sadar tidak. apakah anda berolaraga secara teratur atau berlebihan. kalo dirasa secara berlebihan. sebaiknya aktifitas olahraga anda dikurangi. kenapa? ya, karena segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. termasuk berolahraga yang berlebihan. karena akan menimbulkan efek yang negatif untuk tubuh kita akibat berolahraga yang berlebihan atau terus menerus. lalu. Bagaiamana cara mengetahui jika kita sudah melakukan olahraga yang berlebihan. serta, apa efek, dampak dan bahayanya.  Simak Penjelasannya.

9 Bahaya dan Efek Samping Berolahraga Secara Berlebihan

BAHAYA BEROLAHRAGA YANG BERLEBIHAN


Berolahraga secara rutin sangat efektif untuk kesehatan. Melakukan olahraga yang sesuai porsi juga bisa menjadi sebuah cara  positif yang sangat ampuh untuk mencegah serangan berbagai penyakit mulai dari penyakit-penyakit ringan hingga penyakit kronis yang bisa membahayakan jiwa. Tetapi perlu diingat jika walaupun sama-sama disertai istilah “olahraga”, namun olahraga yang berlebihan bisa berdampak sebaliknya. Dampak negatif bisa ditimbulkan olahraga yang dilakukan terlalu lama dan justru bisa sangat membahayakan bagi kesehatan kita bahkan dalam kasus tertentu. Olahraga yang tidak mengenal waktu bisa menjadi bomerang untuk tubuh kita

Untuk menjadi sehat, tentunya tak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan memiliki pola makan empat sehat lima sempurna setiap harinya. Anda perlu mengolah tubuh Anda untuk pembakaran lemak, dan menjaga agar tubuh Anda tetap bugar dan fit sepanjang harinya.

Selain makanan bergizi, olahraga sangat dibutuhkan untuk membantu menyegarkan tubuh Anda, sehingga Anda tidak mudah lesu, tidak mudah sakit, dan selalu bersemangat. Namun, beberapa tidak menyadari, bahwa tidak selalu kegiatan mengolah tubuh atau yang disebut juga dengan olahraga memiliki dampak yang baik. Olahraga bila dilakukan dengan berlebihan ternyata memiliki dampak yang buruk dan justru dapat membahayakan Anda.

Olahraga akan dikatakan berlebihan bila Anda melakukannya terlalu sering. Misalnya saja, Anda melakukan olahraga tersebut hingga berkali-kali dalam sehari. Meski baik untuk kesehatan, melakukan olahraga yang terlalu sering dengan rentang waktu pendek akan terlalu memforsir badan Anda dan justru akan memberikan efek jauh dari yang diharapkan.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Pendiri Whatsapp

Kemudian ternyata olahraga yang dilakukan secara berlebihan bisa mengakibatkan hal-hal yang negatif pada kesehatan dan tubuh kita. Walaupun aktivitas olahraga menurunkan berat badan kita, tetapi di sisi yang lainnya olahraga berat badan bisa mengakibatkan tubuh menjadi sangat kurus, tubuh tidak ideal, bahkan bisa menyebabkan kematian. Berikut berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan olahraga jika dilakukan secara berlebihan:

1. Mengakibatkan Cedera


Secara alami tubuh manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jika anda melakukan olahraga secara berlebihan, anda memaksa otot menjadi tegang terus menerus. Hal tersebut bisa meningkatkan resiko otot robek serta bisa menyebabkan tulang patah. Kondisi ini juga bisa diperparah jika dilakukan dengan bahaya olahraga tanpa pemanasan.

2. Kehilangan Masa Otot


Berlebihan dalam berolahraga juga bisa menyebabkan tubuh kehilangan masa ototnya. Ini karena tubuh terlalu berlebihan dalam melakukan olahraga. Semakin sering anda berolahraga secara berlebihan, semakin besar resiko and semakin ada kekurangan kebutuhan nutrisi. Kondisi ini membuat tubuh secara alami akan “mengkonsumsi” massa otot untuk mendapatkan nutrisi. Dan akibatnya anda akan menjadi lebih kurus, dalam artian yang tidak normal.

3. Mengakibatkan Gagal Jantung


Gagal jantung ini termasuk kondisi penyakit jantung yang sangat berbahaya. Gagal jantung bisa diakibatkan karena tubuh kekurangan nutrisi. Jantung anda sendiri terdiri dari berbagai otot dan bila anda terlalu berlebihan berolahraga akan membuat otot-otot tersebut menjadi lemah, sehingga bisa meningkatkan resiko terkena gagal jantung.

4. Menjadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lemah


Salah satu efek yang diakibatkan oleh berolahraga berlebihan adalah tubuh menjadi terlalu lelah dan capek maka mengakibatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi lemah pula. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan tubuh tidak mampu melawan bakteri maupun virus yang bisa menyerang tubuh. Sehingga tubuh lebih rentan terkena flu, batuk atau penyakit-penyakit ringan lainnya maupun penyakit berat.

Hati-hati bagi para wanita yang menyukai aktivitas olahraga. Harus diingat, olahraga yang berlebihan bisa sangat membahayakan. Riset menunjukan jika banyak atlit wanita yang sering melakukan latihan secara berlebihan memiliki siklus menstruasi yang terhenti. Siklus tkondisi tersebut tidak mungkin bisa dikembalikan seperti semula. Kondisi siklus menstruasi yang terhenti sering disebut dengan istilah amenorrhea.

6. Menyebabkan Sulit Tidur


Jika berolahraga secara berlebihan, anda akan merasa capek terlalu sering, dan tubuh pun akan benar-benar kelelahan sehingga anda akan lebih sulit untuk tidur. banyak yang berpikir bahwa ketika kita sangat kelelahan. itulah saat yang paling cepat membuat tidur, akan tetapi kenyataannya tidak seperti itu.

7. Menyebabkan Gangguan Makan


Gangguan makan yang dialami oleh seorang yang sering berolahraga bisa mengarah pada kondisi yang serius seperti anoreksia, bulimia atau gangguan makan lainnya. Hal ini berdasarkan hasil penelitian para ahli yang menemukan adanya kaitan antara gangguan makan dan aktivitas olahraga yang dilakukan secara berlebihan. Bahaya bulimia atau masalah gangguan pola makan yang ditambah dengan olahraga berlebihan dapat menimbulkan resiko kematian.

Baca Juga : 6 Alasan Positif Tetap Bersyukur Meski Mengalami Kegagalan

8. Menyebabkan Depresi


Dampak berbahaya lainnya dari olahraga yang berlebihan adalah Anda akan mudah terkena depresi. Olahraga yang normal saja dilakukan memiliki tujuan untuk membuat Anda bugar, sehingga mengembalikan percaya diri Anda secara psikologis.

Namun, jika Anda kelelahan, kondisi psikologis Anda pun akan juga kelelahan, mengikuti kondisi fisik Anda. Hal tersebut akan membuat Anda lebih cepat marah, tergesa-gesa, hingga fatalnya Anda akan mengalami depresi.

 9. Memperbesar Jantung


Menurut para ahli kesehatan, olahraga berlebihan berpotensi memperbesar jantung. Terutama pada latihan beban yang berlebihan. Pada saat mengangkat beban, biasanya kita akan menahan nafas, sementara menahan nafas saat mengangkat beban membuat udara tidak bisa ke luar dari jantung, dan pada saat itulah jantung akan membesar.

Ketika kita masih aktif berolahraga, pembesaran jantung tidak akan memberi efek apapun, apalagi jika olahraga tersebut masih dilakukan secara rutin. Efek jantung membesar baru terasa ketika kita sudah menghentikan rutinitas berolahraga, jantung yang besar akan seperti rumah kosong tak berpenghuni. Jadi, kurang berfungsi dan akan cepat lelah. Konsekuensi yang harus dilakukan akan jantung besar kembali berfungsi normal, harus tetap berolahraga.

Berikut cara mengetahui pola pikiran apakah anda melakukan olahraga yang berlebihan


  1. Merasa bersalah dan sangat khawatir jika melewatkan satu sesi olahraga saja
  2. Sangat patuh terhadapat jadwal berolahraga walaupun ketika anda sedang tidak ingin berolahraga.
  3. Merasa sangat khawatir berat badan akan naik jika melewatkan satu hari saja jadwal ruting berolahraga.
  4. Mengganti di hari lain jika melewatkan sesi olahraga.
  5. Jika setelah makan yang agak banyak anda merasa harus segera berolahraga karena merasa bersalah pada diri sendiri.
  6. Merasa tidak maksimal saat berolahraga.
  7. Lebih memilih untuk berolahraga daripada berkumpul dengan teman – teman.
  8. Anda menjadi sangat marah jika melewatkan jadwal rutin berolahraga.
  9. Sering memaksa diri untuk berolahraga walaupun sedang tidak enak badan.
  10. Mendasarkan perhitungan seberapa lama berolahraga pada seberapa banyak anda makan.
  11. Merasa tidak nyaman saat hanya duduk diam dalam beberapa saat karena menganggap kegiatan tersebut tidak membantu membakar kalori di dalam tubuh.
  12. Tidak lagi menemukan kesenangan saat melakukan olahraga.
  13. Tidak bisa memaksa diri anda sendiri untuk tidak berolahraga walaupun hanya sehari saja.


Kesimpulan


Berolaraga sesungguhnya akan berdampak yang sangat baik untuk kita jika dilakukan secara teratur dan rutin. akan tetapi, Dampak yang baik itu akan berubah jika kita melakukan olahraga secara berlebihan. jika memang dirasa melakukan olahraga berlebihan. Mulai saat ini anda harus melihat kembali jadwal berolahraga anda dan kembali mengatur jadwal olahraga anda. Dan ingat! Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak akan ada manfaatnya, malah tak jarang hanya akan merugikan diri kita sendiri. SEMOGA BERMANFAAT

Cerdas Menjual ilmu, Pria ini Hasilkan $60 Ribu Dalam 1 Bulan

Nick Walter adalah salah satu seorang Mobile Developer untuk Android dan IOS yang sukses. nah pada artikel ini kita akan mengenal kisah Inspiratif Nick Walter yang bisa mendapatkan $60 dollar dalam sebulan karena kecerdasannya karena pintar memanfaatkan peluang dengan kemampuan dan ilmu yang ia miliki. Simak Penjelasannya

Cerdas Menjual ilmu, Pria ini Hasilkan $60 Ribu hanya Dalam 1 Bulan


Mengenal Nick Walter


Kita semua tahu bahwa, internet menjadi salah satu ladang bagi masyarakat untuk menemukan beragam informasi yang mereka butuhkan. Beberapa informasi tersebut, mungkin bisa didapatkan dengan gratis lewat blog ataupun situs yang dibuka untuk umum.

Namun saat ini, konsep dalam “penjualan” informasi sudah berkembang utamanya jika disandingkan dengan bidang bisnis digital. Kita mengenal, banyak orang yang kemudian membuka kursus secara online ataupun menjual informasi dalam bentuk video ataupun ebook. Hal ini menjadi peluang bagi mereka yang sebenarnya telah mempunyai background keahlian tertentu.

Baca Juga : Cara Menyikapi Positif Ketika Terkena Musibah

Dan sebagai tambahan penyemangat bagi kita yang mungkin ingin menghasilkan uang dari keahlian yang Anda miliki di sebuah bidang tertentu, kisah dari seorang pemuda bernama Nick Walter ini mungkin akan sangat tempat untuk Anda baca.

Dengan pengetahuannya tentang bagaimana membuat sebuah aplikasi berbasis sistem operasi iOS, ia berhasil mendapatkan uang lebih dari 60ribu dollar atau sekitar Rp 850juta dalam waktu 1 bulan saja! Ingin tahu informasi lengkapnya? Berikut ulasannya untuk pembaca setia Sepositif sekalian.


Awal Menemukan Potensi Baru


Pada awalnya Nick Walter yang berusia 25 tahun, merupakan seorang developer biasa yang sudah cukup lama menekuni bidang pembuatan aplikasi berbasis sistem operasi iOS. Pemuda yang berasal dari kawasan Provo, Utah ini sebenarnya sama sekali tidak mempunyai bayangan untuk menjual ilmunya hingga seorang teman memperkenalkan Nick dengan sebuah situs online bernama Udemy.

Bagi yang belum mengetahui tentang situs Udemy,  situs ini merupakan tempat berkumpulnya para penyedia informasi ataupun ilmu di bidang tertentu dalam bentuk penyediaan kelas online. Di Indonesia sendiri, situs ini memang belum terlalu terkenal.

Back to topic, dari situlah Nick mulai tertarik untuk “menguangkan” ilmu yang dimilikinya dengan membuka kelas online dengan tema pembuatan aplikasi IOS. Jadilah yang mulai sebuah kampanye Kickstarter untuk memperoleh pendanaan.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Marah dan Emosi yang Meluap-luap

Dalam kampanye untuk kelas online bertajuk “”How to Make a Freaking iPhone App” ini,  ia menargetkan untuk bisa meraih pendanaan $1000 dalam waktu 1 bulan. Bahkan pada waktu itu, ia memberikan potongan harga untuk kelas onlinenya, dari $199 hanya menjadi $29 saja.

Namun tidak disangka, kampanye yang ia buat justru mampu mendatangkan pendanaan jauh melebihi ekspektasi Nick yakni mencapai, $66,533 dalam waktu 30 hari. Pada titik ini, Nick secara tidak langsung telah mampu menghasilkan Rp850 juta, bahkan tanpa usaha yang terlalu besar.

Terus Mengembangkan Diri


Setelah mendapat kejutan dalam hal pendanaan yang dia peroleh,  Nick tidak Lantas menikmati kondisinya begitu saja. Ia berpikir bahwa, ini merupakan peluang yang tidak bisa disia-siakan tanpa memikirkan keberlanjutan usahanya tersebut.

Gayung pun bersambut ketika ia mendengar tentang informasi pelatihan yang dibuka oleh perusahaan teknologi #Apple yang  tidak lain merupakan otak dari sistem operasi iOS. Pelatihan tersebut membahas tentang, bahasa pemrograman baru, Swift yang diciptakan oleh Apple.

Tanpa berpikir panjang,  ketika masih menjalankan kelas online yang telah ia buat, Nick menyambi pekerjaan sampingannya tersebut  dengan kelas online dari Apple. Ketika itu Nick berpikir bahwa, jika ia bisa menjadi orang pertama yang membuka pelatihan online tentang bahasa pemrograman Swift, tentu bisa menjadi kesempatan yang sangat besar.

Dan benar saja, setelah beberapa waktu  menjalankan kelas online pembuatan aplikasi IOS, ia menawarkan kelas ekstensi baru bagi para muridnya untuk mempelajari bahasa pemrograman Swift. Sesuai dengan perkiraan, Nick mampu merangkul lebih dari 8000 orang untuk mengikuti kelas baru tersebut.

Kita bisa mempelajari dua hal dari kisah Nick Walter di atas. Pelajaran yang pertama adalah, bagaimana kita mampu memanfaatkan apa yang telah kita miliki saat ini dengan lebih maksimal. Dengan bantuan yang ditawarkan oleh teknologi internet,  sebenarnya banyak sekali alternatif yang bisa kita lakukan salah satunya seperti yang dicontohkan oleh Nick.

Baca Juga : Kumpulan Kutipan Motivasi Dari Tokoh Sukses Dunia

Pelajaran yang kedua adalah, lihat bagaimana cara Nick Walter memandang potensi ketika ia mengetahui  adanya pelatihan bahasa pemrograman baru dari Apple, Swift. Kita juga harus mempunyai pemikiran yang sama, yakni pada beberapa kondisi jika kita ingin memenangkan persaingan dalam bisnis internet, syaratnya hanya satu, jadilah yang pertama!

Ingin Berhenti Merokok? ini Tips dalam Seminggu Berhenti Merokok

Ingin berhenti merokok ? ya. mungkin kata-kata itu selalu muncul dipikiran orang yang merokok. dan mungkin akan sulit karena tidak jarang menimbulkan stres kalau tidak merokok. lalu, Bagaimana sih cara dan tips menghilangkan dan mengatasi stres ketika hendak berhenti merokok dan cara cepat berhenti dari ketergantungan dan kecanduan terhadap rokok hanya dalam waktu satu minggu. Simak Penjelasannya

Ingin Berhenti Merokok? ini Tips dalam Seminggu Berhenti Merokok


CARA BERHENTI MEROKOK DALAM 7 HARI


Tak mudah bagi seorang perokok untuk menghentikan kebiasaannya ini, salah satu halangannya adalah stres yang melanda saat tidak merokok. Tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres saat berhenti merokok.

Bagi para pecandu rokok terkadang adalah suatu hal yang sangat mustahil. Pasalnya, banyak para perokok yang bilang bahwa merokok adalah suatu kebiasaan bahkan adalah suatu kebutuhan. Ibarat orang makan nasi, maka merokok pun juga sama halnya dengan menyantap nasi yang dimakan sehari-hari. Lebih parahnya lagi adalah ketika seseorang yang sudah menjadi pecandu rokok hingga orang tersebut mengatakan bahwa jika disuruh memilih antara makan nasi atau rokok, orang tersebut lebih memilih rokok daripada nasi. Ini berarti rokok sudah mengakar dan menancap menjadi candu di dalam tubuh seseorang.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Pendiri Whatsapp

Banyak para perokok yang pesimis kalau dirinya tidak akan pernah berhasil berhenti merokok walaupun sebenarnya ada cara cepat berhenti merokok. Oleh karena itu mindset seseorang yang mengatakan bahwa menghentikan kebiasaan merokok itu sulit perlu untuk segera dihilangkan. Bagaimana cara dan tips bagi anda yang sudah sangat ingin sekali menghentikan kebiasaan rokok anda selama ini?

1. Hari pertama: Bulatkan Niat Anda


Di hari pertama anda perlu membulatkan tekad dan niat anda. Untuk tujuan apa anda berhenti merokok? Untuk siapa? Untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang yang mencintai anda. Awali niat dan tekad anda dengan berdoa kepada Allah yang maha pembolak-balik hati. Pada hari pertama ini anda harus menemukan alasan yang kuat kenapa berhenti merokok. Beberapa alasan antara lain:


  • Untuk kesehatanmu! sudahlah tidak perlu banyak bukti dan perdebatan. Ada ribuan fakta bahwa rokok akan segera membunuh anda. Semakin cepat anda berhenti merokok dan hidup sehat, maka semakin cepat organ tubuh anda yang rusak akibat rokok akan sedikit demi sedikit pulih.
  • Menghemat uang anda. Bulatkan tekad anda bahwa tidak ada gunanya membeli mahal-mahal hanya untuk kepulan asap. Kalau hanya ingin kepulan asap, bakar saja kertas atau barang di rumah anda lalu sedot asapnya, sama bukan? tidak sama donk, khan tembakau rokok wangi dan nikmat?!  Ah itu alasan anda saja, coba ingat-ingat pertama kali anda merokok! batuk-batuk bukan? terasa pahit? nah apa bedanya dengan hirup asap kertas yang dibakar tadi, toh lama kelamaan juga enak. Persepsi merokok itu nikmat karena kita melakukannya secara terus menerus dan menjadi kebiasaan. So, lebih baik uang anda gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.
  • Anda bisa melihat orang di sekeliling anda, ibu, anak, istri atau pacar anda. Apakah anda tidak kasihan jika tiap hari harus menghirup asap rokok anda? bacalah berbagai fakta bahwa perokok pasif jauh lebih berat resikonya. Ah khan merokoknya agak jauhan dari mereka, jadi aman. Hellooo… pernah denger anak meninggal gara-gara Pneumonia? yup penyakit itu muncul gara-gara racun asap rokok yang menempel di baju sang ayah, padahal tidak pernah sekalipun merokok di dekat anaknya.

2. Hari kedua: Rubah Mindset Anda


Mindset ini perlu untuk diubah. Banyak yang bilang bahwa berhenti merokok itu sulit. Coba bayangkan ketika anda makan nasi. Tiba-tiba nasi tersebut kejatuhan kotoran cicak dari atap rumah anda. Apa yang akan anda lakukan? Memakan kotorannya?? Iih tidak mungkin. Tentunya anda akan serta merta dan spontan menghentikan makan anda dan bahkan anda akan berhenti makan seketika itu juga. Padahal mungkin sebelumnya anda sangat lapar tapi karena ada kotoran cicak, seketika itu juga perut anda malah jadi kenyang dan tidak nafsu makan. Inilah mindset.

Tanamkan dalam pikiran anda bahwa anda pasti bisa menghentikan rokok. Lihat orang-orang di sekitar anda yang mereka tidak pernah merokok. Apakah mereka mati kalau tidak merokok? Jawabannya adalah tidak. So, tanamkan segera ke dalam pikiran anda bahwa anda bisa berhenti merokok. Carilah informasi-informasi seputar bahaya merokok. Bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit asma, kanker paru-paru dan yang lain efek negatif yang tentunya merugikan tubuh anda.

Baca Juga : Malas Menabung ? Pelajari 4 ini Supaya bisa Menabung untuk masa depan

3. Hari ketiga: Tanamkan Rasa Malu


Tanamkan rasa malu pada diri anda. Caranya adalah ketika anda akan merokok carilah tempat yang sepi yang tidak ada seorang pun yang melihat anda merokok. Jika ada orang lain yang lewat di depan anda segera sembunyikan dan matikan rokok anda. Ulangi cara ini setiap kali bertemu orang. Setiap anda merokok anda hanya boleh melakukannya di tempat sepi dan tidak ada seorang pun.

Jika ada orang yang melewati atau melihat anda, segera matikan rokok tersebut dan sembunyikan. Lama-kelamaan anda akan terbiasa dan anda akan malu yang pada akhirnya anda akan meninggalkan rokok anda dimana pun anda berada.

4. Hari keempat: Jauhi Teman Yang Merokok


Teman adalah pengaruh eksternal. Ibarat pepatah mengatakan jika seorang berteman dengan tukang pandai besi dia akan mendapat aroma besi di tubuhnya tapi jika seorang berteman dengan penjual minyak wangi, dia akan mendapat aroma wangi juga. Begitulah pepatah mengatakan. Mulai hari keempat jauhilah teman-teman anda yang suka merokok. Batasi hubungan anda dengan mereka. Mulailah mencari teman-teman yang baik yang tidak merokok.

5. Hari kelima: Buang Semua Rokok


Di hari kelima ini anda harus membuang semua rokok anda. Anda paksa untuk tidak merokok lagi. Stress?? Bisa jadi. Tapi ingatlah tekad dan niat anda. Untuk apa anda merokok? Yaitu untuk agama anda, untuk diri anda sendiri dan untuk keluarga anda serta orang-orang yang anda cintai. Jika anda sakit karena rokok tentu anda dan keluarga akan sama-sama susah. Bayangkan jika anda terkena kanker paru-paru akibat terlalu banyak merokok. Siapa yang susah dan menderita? Anda dan keluarga anda sendiri.

6. Hari keenam: Hisaplah Permen


Mungkin di hari kelima anda mengalami yang namanya stress karena belum terbiasa untuk tidak merokok. Cara mengatasinya adalah dengan menghisap permen. Beberapa orang yang telah berhasil berhenti merokok melakukan cara ini dan terbukti berhasil. Menghisap permen sebagai bentuk pengalihan pikiran anda terhadap rokok itu sendiri.

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata Motivasi Untuk Sukses

7. Hari ketujuh: PERTAHANKAN !


Pertahankan usaha anda dari hari pertama hingga hari keenam. Banyak-banyaklah berdoa dan minta dukungan orang-orang terdekat anda terutama keluarga, istri, anak bahwa anda benar-benar akan berhenti merokok selamanya. Tentunya mereka juga akan senang karena melihat perubahan baik pada diri anda sendiri. Lihatlah dalam beberapa hari ke depan, tubuh anda semakin sehat, pikiran anda semakin fresh dan produktivitas anda akan meningkat tajam.

20 Kata Kata Mutiara untuk Ayah Tercinta


20 Kata Kata Mutiara untuk Ayah Tercinta

Kata Kata | Kutipan | Quotes | Kalimat | Caption | Mutiara | Bijak | Motivasi | Ungkapan indah | Ucapan Sayang dan Terimakasih | Nasihat | Dari | Untuk Ayah Terkasih |

Ayah merupakan sosok yang menjadi pahlawan dalam kehidupan kita. memang bukan sosok ayah saja yang harus kita hormati. tapi ibu juga memberikan hal yang setara untuk kita.  tak hanya memberikan perlindungan buat keluarga, Ayah juga berjuang keras demi menghidupi dan mencukupi kebutuhan keluarga, beliau bekerja tanpa mengenal lelah, tanpa pernah mengeluh walaupun banyak tenaga dan pikiran serta keringat yang selalu menjadi beban untuknya. tetapi beban-beban tersebut selalu Ayah jadikan motivasi untuk membahagiakan keluarganya.

Baca Juga : Susah bangun pagi? ini Tipsnya

tak hanya itu, Ayah juga sering sekali memberikan kita kata-kata motivasi, kata nasehat bijak yang tentunya dapat membuka jalan pemikiran kita. berkat ayah kita bukan lagi anak yang lemah, bukan lagi anak yang manja, karena beliau selalu mengajarkan anaknya untuk hidup mandiri, beliau memberikan pengetahuan kalau hidup itu harus kuat tak boleh cengeng. memang beliau merupakan sang motivator buat kita. beliau selalu memberikan pengetahuan tentang mana yang baik dan buruk.

Tidak bisa dibayangkan memang jika kita kehilangan sosok ayah, apalagi dia adalah orang selalu hadir dalam keluarga kita. tetapi, Ibu yang selalu tegar memang selalu memberikan kita ketegaran, kesabaran saat kita merasa down jika kehilangan Ayah. Walaupun didalam hati ibu sangat sekali bersedih dan merasa kehilangan, tetapi beliau tetap memberikan senyuman yang indah agar kita tak larut-larut dalam kesedihan karena kehilangan Ayah.

Baca Juga: Kata Kata untu ibu

Kumpulan Kata Kata untuk Ayah


  1. Terima kasih Ayah atas kebahagiaanku yang berasal dari keringatmu mencari rezeki siang dan malam.
  2. Ayah. jauh darimu selalu membuat hati tak menentu. Saat bersamamu memang tak pernah bisa digantikan oleh apapun. Aku rindu.
  3. Ayah Aku menghargai segala pengorbananmu Akan ku balas jasamu yang indah itu Janji manis ku pada mu
  4. Ayah yang tak banyak bicara, yang terkesan tidak perduli, tetapi sesungguhnya yang ada dalam hatinya hanya kita.
  5. Cinta Ayah itu terkadang tak akan terlihat, karena memang ia tak pandai untuk menunjukannya
  6. Cinta itu sederhana, seperti Ayah rela tidak membeli sesuatu yang baru untuknya, hanya demi memenuhi kebutuhan anaknya
  7. Kebodohanku selama ini; terlalu mengikuti egoku yang tak sadar menyakitimu, ayah.
  8. Aku harap ayah disana bisa mendengar tangisan dari anaknya yang sedang merindukannya ini 
  9. Tugas hidupmu begitu berat tapi kau tak pernah menyerah demi kebahagiaan anak-anakmu.. terimakasih ayah..
  10. Tiap pengorbanan Ayah, di dalamnya selalu ada doa. Doa agar kesuksesan bisa diraih anak-anaknya
  11. Aku yakin ayah memperhatikanku dari jauh sana
  12. Rasa percaya diri bahwa kamu pasti bisa, akan mengantarkan keberhasilan itu sebagai hadiah terbesar untuk orang tua — Ayah
  13. TerimakasihAyah, yang selalu memberi nasihat walau kadang aku tak perduli; walau aku kerap buatmu sedih
  14. Jangan engkau menahan sedih itu dengan diam Ayah, ceritakanlah apabila itu mengurangi beban pikiranmu
  15. Semangat Ayah itu; tak akan pernah pupus untuk keluarganya
  16. Cinta Ayah itu tak beralasan, yang ia tahu; bagaimana bekerja keras demi istri dan anak-anaknya tercinta 
  17. Jaga dirimu baik-baik ayah. Jauh disini doaku akan ku utus untuk menjagamu.
  18. Maaf, jika selama ini aku masih banyak main-main. Maaf jika selama ini aku masih banyak hura-hura. Ayah
  19. Perjuangan ayah selama ini akan ku balas dengan prestasi-prestasi ku nanti. Aku berjanji yah
  20. Jika cinta itu ialah rasa peduli, maka sebabnya Ayah selalu menasihati tiap kesalahan anak-anaknya.

Gaji Sering Cepat Habis?, Simak 5 Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Cepat Habis

Saat sedang gajian. Sebagian dari kita akan merasa bahagia. karena mendapatkan uang hasil kerjanya. tapi juga ada yang merasa uang gajian nya cepat habis. ini akibat dari kita yang tidak pandai dan pintar serta cerdas mengatur keuangan.. lalu bagaimana tips dan cara mengelola supaya uang gajiannya tidak cepat habis. Simak Penjelasaanya

Gaji Sering Cepat Habis?, Simak 5 Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Cepat Habis

Mengatur keuangan pribadi sering kali lebih sulit dari pada mengatur keuangan pada perusahaan. Meski kita sebenarnya memiliki gaji yang sangat lebih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, namun kenyataannya gaji kita sering habis bahkan sebelum bulan berakhir. Ini sangat ironis memang, jika hal ini tidak segera Anda atasi, maka tidak menutup kemungkinan Anda bisa mengalami kebangkrutan karena kehabisan uang. Bijaklah mengatur uang gajian anda

Mengelola gaji bagi setiap orang tidaklah sama, karena kebutuhan yang diperlukan juga berbeda. Bagi yang sudah berkeluarga tentu harus memikirkan kebutuhan anak dan istrinya, berbeda dengan yang masih single atau jomblo yang hanya memikirkan kebutuhannya saja. nah Di bawah ini adalah beberapa tips secara umum yang bisa Anda gunakan untuk sedikit menekan pengeluaran dari gaji Anda agar bisa terkontrol dengan baik.

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata Bersyukur

1. Buat Pembagian dan Perencanaan


Ketika Anda menerima gaji di awal bulan, segeralah membuat pembukuan sederhana atau pembagian pada pos-pos penting yang menjadi prioritas Anda. Utamakan yang menjadi kebutuhan pokok Anda dan tagihan selama satu bulan, seperti tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan air dan tagihan yang lain yang mungkin ada.

Setelah itu jangan lupa sisihkan masing-masing pembagian tersebut, jangan jadikan satu dalam dompet harian Anda, itu berbahaya. Karena uang yang terkumpul dan terlihat banyak dalam satu dompet biasanya sangat menggoda kita untuk memanfaatkannya meski bukan untuk sesuatu yang penting.

2. Segera Amankan Gaji Anda Dengan Menabung


Setelah Anda membagi gaji Anda pada prioritas utama, maka jangan lupa juga untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Ini harus Anda lakukan untuk mengamankan keuangan Anda, bukan untuk hari ini saja namun untuk masa depan Anda sendiri.

Jadikan menabung sebagai kebiasaan yang harus Anda lakukan setiap bulannya agar tidak berat. Karena kebiasaan menabung ini sedikit sulit dilakukan jika tidak benar-benar diniatkan sebelumnya, apalagi bagi orang yang tidak pernah menyisihkan uang untuk ditabung sebelumnya. Jadi untuk mengamankan gaji Anda, pastikan untuk menyisihkan uang untuk ditabung.

3. Jadwalkan Hari Belanja Anda


Bukan saja pekerjaan, Anda juga harus bisa menjadwalkan waktu untuk berbelanja. Usahakan dalam satu bulan Anda mengagendakan waktu belanja beberapa hari saja untuk membeli kebutuhan pokok. Dan ingat, jangan hanya dijadwalkan saja, namun Anda juga harus disiplin dan mematuhi jadwal yang sudah Anda buat sendiri.

Ini sebenarnya adalah untuk memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran dari uang gaji. Jangan lupa juga untuk menuliskan barang yang akan Anda beli, jangan sampai Anda membeli sesuatu yang tidak diperlukan atau di luar catatan yang sudah Anda buat.

4. Jangan Membawa Uang di Dompet Terlalu Banyak


Bawalah uang secukupnya, jangan membawa uang terlalu banyak di dalam dompet. Selain berbahaya untuk keamanan, uang yang banyak sering membuat kita tergoda dan kalap sehingga ingin membeli segala sesuatu yang kadang tidak perlu.

So, sebaiknya Anda membawa uang secukupnya sesuai dengan keperluan, jika ingin berbelanja maka bawa uang untuk belanja saja ditambah untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu di jalan seperti ban bocor atau yang lainnya. Ini sangat membantu sekali dalam menjaga gaji Anda tidak mudah terkuras habis.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Pendiri KasKus

5. Jangan Sering Pergi Keluar Rumah


Ini mungkin sedikit berat, jangan terlalu sering keluar rumah, maksudnya untuk main atau sekedar nongkrong. Sesekali memang perlu dilakukan, namun jangan jadikan itu sebagai kebiasaan, karena kebiasaan ini kelihatannya tak begitu menghabiskan uang, namun sebenarnya sangat berpengaruh terhadap berkurangnya gaji Anda. Jika perlu Anda bisa menjadwalkan juga kapan waktu keluar untuk refreshing, tidak setiap hari Anda keluar. Keluar rumah bersama teman sering membuat kita sulit mengontrol diri dalam menjaga keuangan.

Itulah beberapa tips dalam mengelola gaji agar tidak segera habis. Anda sendirilah yang bisa mengatur keuangan Anda, dan yang harus Anda ingat sebenarnya adalah, bukan seberapa besar gaji yang Anda dapatkan. Tapi seberapa besar sisa dari gaji yang bisa Anda simpan, prinsip seperti itu sangat bagus untuk Anda terapkan dalam mengelola keuangan pribadi Anda.

5 Cara Mengatasi Rasa Kecewa yang Datang Mendadak

Pernah merasa kecewa ? entah itu terhadap teman, sahabat, pacar, pasangan yang kita miliki ( pria atau wanita) atau mungkin keluarga kita. semua manusia pasti pernah merasakan kecewa. akan tetapi. bagaimana jika kita merasa kecewa secara secara mendadak atau tiba-tiba ? kali ini kita akan membahas tips mengatasi dan menghilangkan serta mengobati rasa kecewa yang kita alami terhadap seseorang supaya kita bisa menenangkan hati karena kecewa berat secara alami dan islami. Simak Penjelasannya.

5 Cara Mengatasi Rasa Kecewa yang Datang Mendadak

Sebagai makhluk sosial tentu kita pernah mengalami yang namanya rasa kecewa. dan tentunya kita pun juga pernah mengecewakan orang lain. Ya kecewa, sebuah kata yang mengandung makna rasa sedih yang sangat mendalam. rasa kecewa muncul akibat rasa berharap dan berangan-angan yang berlebihan. dan jika semua itu tidak terjadi seperti apa yang kita harapkan. disitulah kecewa akan menghampiri pikiran kita.

Baca Juga : 10 Pelajaran kehidupan dari Seeokor Semut

Kecewa memang selalu muncul mendadak. Datang dengan sendirinya tanpa di undang. kecewa itu datangnya di awal, kalau di akhir namanya penyesalan. Rasa kecewa biasanya disertai dengan rasa sedih dan marah. Dengan rasa seperti itu, apa yang kita harus kita lakukan jika dalam situasi dan kondisi yang mengecewakan terhadap seseorang? bermusuhan atau membalasnya? Tentu tidak. Kita tidak boleh saling bermusuhan sesama manusia, terutama penyebabnya karena kecewa. karena semua agama tidak menganjurkannya. termasuk agama islam

4 CARA MENGATASI RASA KECEWA YANG MENDADAK



1. Jangan Terlalu Berharap dan Bergantung dengan Orang Lain


Inilah yang sering ditemukan di kebanyakan orang, terlalu berharap pada orang yang satu dengan yang lain. Memang sebenarnya kita ditakdirkan sebagai makhluk sosial, hidup saling bergantung terhadap orang lain. lalu apa hubungannya dengan rasa kecewa ? rasa kecewa itu timbul karena sifat berharap yang tinggi akan sesuatu. janganlah berharap secara berlebihan. karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. saat kita terlalu berharap dan bergantung pada orang lain. dapat dipastikan rasa kecewa pun sudah duduk manis menunggu kita.

2. Bersyukur


Janganlah mengingat-ingat apa yang telah terjadi. lupakanlah. termasuk apa yang telah mereka lakukan yang sudah membuat kita kecewa. lebih baik renungkanlah kebaikan yang mereka pernah lakukan kepada kita. mungkin dengan kebaikan yang pernah mereka lakukan itu membuat kita lebih baik. berterimaksih dan bersyukurlah kepada tuhan karena telah mengetahui sisi buruk mereka sehingga kita mengerti mana yang baik dan tidak baik.


3. Jangan Terlalu Dipikirkan Apa yang Sudah Terjadi


Yang lalu biarlah saja berlalu. Ibaratkan nasi yang sudah menjadi bubur. Semuanya tidak akan bisa kembali lagi. Tugas kita hanya bisa mengikhlaskan semua yang telah terjadi. kita tidak perlu memikirkan semua yang sudah berlalu. karena tidak akan pernah terulang. Jangan pernah menyesali semua yang sudah terjadi. Memang penyesalan selalu datang terlambat. namun. belajarlah untuk dewasa dan menerima apapun itu.


4. Ambil Sisi Positif Kekecewaan


Kekecewaan mungkin akan membuat kita terpuruk dan merasa dunia gelap, suram, dan kejam. galau. Tapi, cobalah gali sisi positif dari kekecewaan itu. Saat gagal suatu lomba, yakinlah bahwa itu bukan karena kamu bodoh, tapi memang belum saatnya menang, bukankah keberhasilan itu ada di puncak gunung kegagalan? Begitu juga bila kecewa masalah percintaan. Syukurilah masih punya masalah, justru hambar kalo asmaranya gitu gitu aja. Apa yang menarik? Percayalah bahwa pasangan yang hebat bukanlah mereka yang ga pernah mengecewakan kita. Mereka pasti akan pernah mengecewakan kita, namanya juga manusia biasa, pertanyaannya apakah mereka belajar untuk tidak membuat kecewa lagi? kalo terus berulang ulang membuat kecewa pada hal yang sama. wah. itu tergantung pada penilaian kita.

5. Mendekatkan diri Pada Tuhan


Saat kita merasa dikecewakan manusia. ingat dan percayalah masih ada yang mau menerima dan mengharapkan kita. ya. Tuhan itu tidak sekali-kali mengecewakan kita. yang ada, kitalah yang selalu mengecewakanya dengan melupakan semua perintah-perintahnya. untuk itu saat merasa kecewa. iniah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada tuhan semesta alam. 


Kesimpulan


Rasa kecewa yang mendadak adalah rasa alami yang dimiliki oleh manusia. belajarlah dari rasa kecewa. ambilah sisi positifnya setidaknya jika kalian tidak mau dikecewaka. jangan pernah mengecewakan orang lain. SEMOGA BERMANFAAT

Malas Menabung? Pelajari 4 hal Pentingnya Menabung Untuk Masa Depan yang Cerah

Apakah kamu adalah ciri-ciri orang yang malas dan susah menabung ? kalo iya sebaiknya kebiasaan itu dirubah. Seberapa pentingya sih untuk menabung itu ? ya penting. karena sadarlah menghadapi masa depan itu tidaklah mudah. apalagi jika kalian masih muda dan sehat. kebiasaan menabung itu harus diterapkan sejak dini. lalu, Bagaimana tips dan cara agar bisa menabung. Simak Penjelasannya.

Malas Menabung? Pelajari 4 hal Pentingnya Menabung Untuk Masa Depan yang Cerah

Ada kata kata pepatah #mutiara yang berbunyi "Rajin Menabung Pangkal Kaya". pasti tidak asing lagi kan. dan pertanyaannya sekarang apakah pepatah tersebut hanya isapan jempol belaka ? tidak. makna pepatah tersebut memang benar adanya.

Bagaimanapun menabung itu adalah salah satu upaya kita untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan, utamanya dalam hal finansial, yang tidak bisa kita duga sebelumnya. Banyak orang yang menjalani hidup dengan lebih tenang, karena mempunyai dana tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. apalagi jika kalian masih muda. dana tabungan nantinya bisa kita manfaatkan untuk mewujudkan impian, cita-cita dan masa depan yang lebih indah dan cerah. seperti melanjutkan study pendidikan kuliah, membuka usaha, dan lain-lain

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata Mutiara Penyemangat hari

Di sisi lain, tidak sedikit orang juga yang harus susah-payah mencari uang tambahan ketika musibah melanda. Solusi paling mudah biasanya berhutang, tapi pertanyaannya, apa masalah selesai? Tidak! Bahkan kadang justru makin sulit.

Nah, melihat keadaan seperti itu nyatanya masih ada saja bahkan banyak dari kita yang menyepelekan untuk menabung. Umumnya karena malas atau alasan tidak punya dana yang bisa ditabung, sebenarnya bukan itu masalahnya. Masalahnya ada dalam diri kita sendiri. Dan untuk membangkitkan semangat menabung, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda terapkan.

1. Sadari Bahwa Menabung Adalah Kebutuhan bukan Kewajiban


Dalam banyak kasus, orang malas menabung karena menganggap bahwa menabung itu adalah sebuah kewajiban. Dan layaknya kewajiban lainnya, mereka merasa hal tersebut adalah sesuatu yang tidak menyenangkan dan berat untuk dijalankan. Untuk mengatasi hal ini, rombak mindset kita  bahwa menabung adalah sebuah kebutuhan bukan kewajiban.

Namanya kebutuhan, tentu kita merasa lebih nyaman jika menjalankannya. Untuk mendorong semangat, yang harus kita tanamkan dalam pikiran kita adalah banyaknya keuntungan atau hal positif yang akan kita dapatkan dari menabung. Pikirkan bagaimana nanti tabungan kita tersebut menjadi penyelamat ketika muncul masalah yang tidak terduga.


2. Disiplin Dengan Satu Tabungan


Langkah berikutnya yang bisa dijalankan untuk meningkatkan semangat menabung kita adalah dengan membuat satu akun tabungan khusus dan mencoba disiplin dengan akun tersebut. Sebenarnya ini adalah salah satu cara klasik bagaimana kita bisa menabung dan merasakan hasilnya di kemudian hari. Coba sisihkan sebagian dana dalam jumlah cukup tiap bulannya lalu tabungkan ke akun khusus tersebut tanpa mengambilnya sama sekali dalam kurun waktu yang lama.

Baca Juga : 4 Manfaat Mematika Lampu Ketika Tidur

Tabungan seperti ini sangat cocok diterapkan sejak muda ketika sudah mulai berpenghasilan sendiri. Selain melatih disiplin, cara ini juga mampu menolong kita mempersiapkan kebutuhan besar di masa depan, contohnya menikah atau biaya haji.

3. Tabung Di Awal Bulan


Ini juga menjadi masalah lama bagi mereka yang mengaku sulit menabung, yakni baru menabung di akhir bulan bukan di waktu awal mendapat penghasilan. Dan dampaknya, mayoritas gagal menabung karena tidak ada dana sisa untuk ditabungkan.

Dalam hal ini yang harus difahami adalah kita sebagai manusia tentu mempunyai berjuta kebutuhan dan juga keinginan. Ketika kita menempatkan porsi dana tabungan pada urutan paling buntut, hampir bisa dipastikan pendapatan kita akan raib duluan sebelum disimpan. Oleh karena itu, bagi rekan-rekan yang masih mempunyai pola pemikiran seperti ini, lebih baik segera dihapus dan mulai memprioritaskan kebutuhan menabung.

4. Buat Target dan Tujuan


Agar upaya menabung kita bisa berjalan lancar dan semangat menabung juga tetap menyala, kita harus menyiapkan target dan tujuan yang spesifik dan terarah. Salah satu tujuan menabung memang adalah untuk dana siaga yang bisa kuta gunakan sewaktu-waktu, namun di samping itu sebenarnya masih banyak alternatif perencanaan tabungan yang bisa kita buat.

Baca Juga : 5 tips Menghemat Uang Saku

Target dalam hal ini bisa dirupakan jangka waktu tertentu atau jumlah tabungan yang ingin dicapai. Misalnya jika tabungan tersebut kita proyeksikan untuk tujuan pendidikan, kita bisa menghitung perkiraan secara kasar berapa biaya yang akan diperlukan. Dan ketika target terpenuhi kita bisa bergerak dengan tujuan yang lain.

Tidak Punya Uang? Coba 4 Cara ini untuk Mendapatkan Kebahagiaan

Anda Sekarang tidak punya uang ? lemas yaa rasanya. nah kali ini kita akan membahas Bagaimana sih tips dan cara agar tetap bahagia, gembira dan senang walau tidak mempunyai uang. lalu apa sih yang bisa kita lakukan meski tak punya uang sama sekali. Simak Penjelasanya

Tidak Punya Uang? Coba 4 Cara ini untuk Mendapatkan Kebahagiaan

Uang memang bukan segalanya, tapi saat kita tak punya uang jujur saja kita akan jadi pusing tujuh keliling. terasa banyak beban, cemas, lemas, lesu, bahkan senyum pun agak susah. hehe. yang terus menghantui saat tidak mempunyai uang sepeser pun. ya, dalam menjalani kehidupan ini kita pasti memerlukan dan membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu. uang kita juga dapat melakukan hal-hal yang kita sukai. seperti hoby atau sekedar hangout dengan teman dan sahabat. saat itulah kita menyadari bahwa uang memiliki peran yang cukup penting.

Baca Juga : 7 Nasihat Rosululloh untuk Bekal Hidup Akhir Zaman

Akan tetapi, bagaimana jika kita memang sedang tidak memiliki uang.? wah, tentunya akan menyedihkan yaa. tapi tahukah kita, uang bukanlah satu-satunya pemberi kebahagiaan dan kesenangan. dan jangan pernah berpikir bahwa ketika kamu tidak memiliki uang. kamu menganggap hidupmu sedang suram. hehe. sebab tanpa uang pun kamu bisa membuat hal-hal yang sederhana menjadi menyenangkan. gimana caranya. Berikut  cara yang bisa kita lakukan meski tak punya uang. Cekidot.

1. Lakukan Hal Seru dan Menarik Bersama Teman


Cara dan langkah pertama untuk bisa membuat rasa gembira dan bahagia meski tak punya uang adalah dengan melakukan hal-hal yang seru dan menarik bersama teman-teman. Ya, dengan melakukan hal-hal seperti berjalan ke taman, bermain bola, main playstation di rumah teman atau memasak bersama di rumah maka kita juga akan mendapatkan kegembiraan bersama teman tanpa harus mengeluarkan uang.

Bercengkrama bersama teman dan sahabat kita memang bisa menjadi momen yang sangat spesial dan tidak terbeli dengan uang. Maka dari itu saat Anda tak punya uang segera hubungi teman Anda dan ajak mereka untuk menghabiskan waktu hang out dan seru-seruan bersama. Ini akan menjadi solusi yang cukup mumpuni untuk Anda agar tidak terlalu bersedih karena tidak ada uang. Plus, siapa tahu salah satu teman Anda itu mau memberikan uangnya pada Anda, just kidding hehehe.


2. Selalu Berpikir Positif dan Jangan Stres Karena Masalah Kecil


Hal yang sering kali membuat kita stres dan tidak bahagia, baik ketika punya uang atau tidak adalah karena kita tidak berpikir positif dan terlalu memikirkan masalah-masalah kecil. Sialnya saat kita tak punya uang maka pikiran negatif dan permasalahan memang akan semakin menghantui pikiran. Saat kita berpikiran negatif atas sesuatu atau terlalu memikirkan masalah kecil maka memang kita akan kehilangan banyak energi sehingga semakin jauh dari kebahagiaan.

Nah, maka dari itu kita harus membebaskan pikiran dari hal-hal negatif dan tidak terlalu memikirkan masalah-masalah kecil. Pikiran memang memiliki pengaruh yang sangat besar atas apa yang kita rasakan nantinya. Karena itu untuk mendapatkan kebahagiaan meski tidak punya uang maka Anda harus selalu berusaha untuk berpikiran positif dan tidak terlalu memikirkan hal-hal masalah yang kecil.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Pikiran Negatif

3. Membantu Orang yang Kesulitan Dengan Apa yang Kita Miliki


Berikutnya, cara untuk bisa menciptakan perasaan bahagia meski tak punya uang adalah dengan membantu orang yang kesulitan dengan cara memberikan apa yang kita miliki. Ya, dengan membantu orang lain maka akan muncul perasaan bahagia dalam diri Anda. Membantu orang lain ini tidak harus dengan uang. Bisa juga dengan tenaga dan keahlian yang kita miliki maka kita bisa saja membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Nah saat kita tak punya uang maka lakukan saja hal ini dan rasakan kebahagiaan yang bisa jadi sangat luar biasa.

4. Bersabar, Bersyukur dan Menerima Apa yang Terjadi


Terakhir, cara untuk bisa mendapatkan rasa bahagia walau tak punya uang adalah dengan bersabar, bersyukur, dan menerima apa yang terjadi dengan lapang dada. Memang banyak orang yang sulit mendapatkan bahagia bukan karena tidak punya uang, tapi karena mereka yang selalu tidak bersyukur dengan apa yang telah diperoleh. Meski Anda punya uang, tapi karena kurang bersyukur, sangat mungkin Anda akan selalu dirundung kesedihan.

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata Mutiara bersyukur

Uang memang sesuatu yang sangat penting bagi kita. Namun, sebanyak apapun uang yang kita miliki pastinya tidak akan pernah membuat puas bila kita tak mau bersyukur. Karena diatas langit masih akan ada langit. Maka dari itu cobalah untuk selalu bersyukur dan menerima keadaan ini, baik saat punya uang maupun tidak punya uang. Dari rasa syukur, sabar, dan menerima ini, maka Anda akan menemukan kebahagiaan yang luar biasa.

5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Untuk Prestasi Akademisnya Pas-Pasan

Sedang galau karena baru lulus kuliah atau sekolah. ingin mencari pekerjaan tapi merasa minim prestasi dan nilainya pas-pasan dan buruk atau tidak baik dan tidak bagus. ya, mendapatkan pekerjaan memanglah sulit dan susah dizaman sekarang, tapi janganlah tidak percaya diri dan putus asa. karena ada tips dan cara mendapatkan pekerjaan bagi yang prestasinya minim atau nilainya akademisnya tidak baik. Bagaimana ? Simak Penjelasanya


TIPS MENDAPATKAN PEKERJAAN YANG PRESTASINYA PAS-PASAN


Memiliki nilai akademis yang pas-pasan memang bisa menjadi kendala seseorang untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Lebih dari itu, sebelum mencari pekerjaan, kadang rasa kurang percaya diri dan minder sering menjadi penghalang seseorang dengan prestasi akademis yang pas-pasan untuk mencari pekerjaan. dengan alasan takut kalah atau tidak diterima.
Padahal dengan berbagai teknologi informasi yang semakin maju seperti sekarang ini, peluang pekerjaan semakin terbuka dan semakin variatif.

Baca Juga : Cara agar rasa percaya diri bertambah

Dizaman sekarang, Siapa saja masih terbuka lebar peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi kebanyakan dari kita masih berpikiran bahwa nilai akademis menjadi nomor satu. padahal tidaklah demikian, nilai akademis bukanlah satu-satunya acuan bahwa kita akan mendapatkan pekerjaan yang bagus dan mapan. masih ada nilai skill. jika anda mempunyai nilai akademis yang bagus tapi tiidak punya skill. itu sama saja bohong. pekerjaan itu bukan hanya untuk orang dengan prestasi akademis yang bagus saja, bagi kita yang tidak punya prestasi akademis yang tidak bagus pun sebenarnya juga masih sangat terbuka. Di bawah ini adalah beberapa tips bagi Anda yang mungkin prestasi akademisnya tidak menonjol,

1. TETAP SEMANGAT DAN JANGAN PUTUS ASA


Pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan pernah merasa minder apalagi rendah diri. Percayalah bahwa prestasi akademis yang buruk itu bukan akhir dari segalanya. Bahkan ada juga orang yang bisa menjadi sukses dengan prestasi akademis yang buruk dan bahkan ada juga yang tidak tamat sekolah. Tetap bekerja keras apa yang bisa Anda lakukan untuk saat ini.

Menyesali diri hanya akan membuat Anda semakin terbenam dan sulit untuk mengembangkan diri. Buang jauh-jauh perasaan tersebut, masih banyak peluang kerja ataupun peluang bisnis yang bisa Anda kerjakan.

2. PERBANYAK INFORMASI PEKERJAAN YANG TIDAK DIPUBLISHKAN


Selanjutnya, Anda harus rajin mencari informasi lowongan pekerjaan, baik secara online maupun secara offline. Dan rajin-rajinlah juga untuk mencari lowongan pekerjaan yang tidak dipublikasikan di media. Karena ternyata ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang tidak dipublikasikan melalui media. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperluas koneksi Anda, perbanyak teman, bersosialisasilah, lakukan komunikasi yang hangat dengan banyak orang.

Baca Juga : 9 Doa Islami yang Menenagkan Hati

Cara ini akan semakin meningkatkan potensi peluang Anda mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan yang mungkin tidak dipublikasikan di tempat umum. Karena biasanya lowongan pekerjaan yang tidak diumumkan hanya disampaikan pada orang-orang dekat. Dan biasanya akan disampaikan pada orang yang sudah kenal baik saja.

3. JANGAN PILIH PILIH PEKERJAAN


Kemudian setelah poin pertama dan kedua, yang seharusnya Anda lakukan adalah jangan pilih-pilih pekerjaan. Terima saja pekerjaan yang ada sekarang, terlebih jika saat ini Anda tidak memiliki pekerjaan sama sekali, asalkan pekerjaan yang tidak melanggar hukum dan norma, terima saja. Jangan pikirkan yang terlalu tinggi dulu, gaji tinggi, karir tinggi. Abaikan saja dulu, yang penting Anda bekerja.

Setelah Anda bekerja, baru Anda pikirkan yang selanjutnya, karena biasanya suatu pekerjaan bisa menjadi batu lompatan pada pekerjaan yang lebih tinggi selanjutnya. Dengan pengalaman yang sudah pernah Anda dapatkan, maka Anda memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih bagus untuk diri Anda.

4. MAKSIMALKAN DAN TINGKATKAN KEAHLIAN


Untuk menambal kelemahan Anda pada prestasi bidang akademis, sudah seharusnya Anda meningkatkan keahlian Anda. Temukan passion Anda kemudian tingkatkan kemampuan Anda pada bidang yang Anda cintai. Karena saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan yang bisa mengakomodasi berbagai kemampuan kreatif seseorang.

Bahkan hobi kita pun saat ini bisa menjadi lowongan pekerjaan yang sangat menguntungkan. So, selalu tingkatkan keahlian Anda dibarengi dengan selalu mencari informasi terkait keahlian atau passion yang Anda miliki untuk mencari pekerjaan.

5. MENDAPATKAN PEKERJAAN TIDAK PERLU IKUT ORANG


Nah, ini terkait dengan mindset Anda sendiri. Anda jangan selalu berasumsi bahwa mencari pekerjaan harus ikut orang lain atau masuk pada sebuah perusahaan. Jika Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada, Anda bisa menjalankan bisnis sendiri dan tak perlu mencari pekerjaan. Bahkan Anda bisa menciptakan lowongan pekerjaan bagi orang lain, bukankah itu cukup membanggakan.

Baca Juga : 60 Kata Kata Mutiara Untuk Meraih Kesuksesan

Jadi mulai sekarang, meski prestasi akademis Anda pas-pasan atau bahkan buruk, galilah potensi dan passion diri Anda dan makasimalkan selalu setiap waktu. Karena bisa jadi passion Anda itulah yang akan membawa Anda pada tangga kesuksesan.

KESIMPULAN


Nilai prestasi akademis yang minim dan pas-pasan bukanlah satu-satunya menjadi penilaian bahwa anda akan mendapatkan pekerjaan atau tidak, berusahalah menjadi lebih baik, tutupi kelemahan jika dirasa memang ada kelemahan. manfaatkan peluang sekecil apapun dan jangan berputus asa. SEMOGA BERMANFAAT

Mengenal Founder JD.com Liu Qiangdong - Berawal dari Musibah Menuju Kesuksesan

Pernah menggunakan JD.com atau JD.id ? Kalo pernah, kepikirian nggakk siapa pendiri JD.com ? ia adalah Liu Qiangdong. Kali ini kita akan membahas profil biografi dan kisah inspiratif Faunder JD.com, Perjalanan hidup dan karirnya, hingga cerita bagaimana musibah menuju kesuksesan yang dapat menjadi inspirasi pelajaran berharga dan motivasi kita.  Simak Penjelasannya.

Mengenal Founder JD.com Liu Qiangdong - Berawal dari Musibah Menuju Kesuksesan

KISAH INSPIRATIF FOUNDER JD.COM


Inspirasi untuk membangun sebuah bisnis bisa datang kapanpun dan dari sumber apapun, bahkan mungkin dari sesuatu yang tidak kita duga sebelumnya. Beberapa pengusaha sukses bahkan memiliki pengalaman yang tidak biasa karena memulai bisnis justru dari kondisi yang tidak menyenangkan.

Salah satunya telah dialami oleh founder dari situs jual beli online besar asal Negeri Tiongkok JD.com, Liu Qiangdong. Liu yang sebelumnya menjalankan bisnis secara offline, perlahan meninggalkan ranah konvensional tersebut dikarenakan sebuah musibah penyakit SARS yang menimpa Negeri Tiongkok beberapa tahun silam. Dan musibah penyakit yang menelan puluhan ribu korban jiwa tersebut, justru mampu menjadi awal mula perkenalan Liu dengan besarnya potensi marketing online.

Hingga akhirnya, kini ia mampu Mendirikan perusahaan #e-commerce dengan nilai aset mencapai triliunan rupiah. Penasaran bagaimana kisah lengkapnya? Simak kisahnya berikut ini.

PERJALANAN KARIR LIU QIANGDONG


Liu Qiangdong merupakan salah satu pebisnis sukses asal Tiongkok yang saat ini mampu menikmati besarnya keuntungan yang didapatkan dari hadirnya teknologi internet modern. Jika dulu banyak pelaku bisnis yang merasa bahwa berjualan secara online belum menjadi pilihan utama bagi mereka, namun bagi Liu mengaku sangat beruntung bisa menjadi salah satu dari sedikit orang yang paling awal menyadari kekuatan #bisnis internet.

Baca Juga : 4 Kelompok Hacker Paling Berbahaya

Lahir dan besar di kota Suqian, Tiongkok pada tahun 1974, Liu sebenarnya lebih menyukai dunia politik ketimbang bisnis. Hal ini sudah nampak ketika ia masih duduk di bangku SMA. Di sana ia banyak mempelajari perihal sosiologi, hubungan masyarakat, dan juga berbagai hal yang berkaitan dengan dunia politik.


Masuk ke jenjang perkuliahan, pria yang telah langganan menempati daftar orang terkaya di Tiongkok ini mengambil jurusan sosiologi di People University of Tiongkok. Di sana bakat dan juga ketertarikannya di bidang politik semakin subur dan terarah. Selain itu ia juga berkenalan dengan banyak orang berpengaruh yang kemudian mengantarkan pada karir politiknya.

MENYADARI KESEMPATAN


Hal menarik terjadi ketika pada tahun 1996, Liu mempunyai pikiran bahwa sebenarnya untuk berpolitik dirinya tidak bisa menghasilkan cukup uang untuk menyokong kehidupan terlebih kebutuhan lain yang berhubungan dengan dunia politik. Oleh karena itu ia memutuskan untuk menuntut ilmu tambahan, di bidang programming komputer.

Selepas menamatkan pendidikan, ia mendapatkan pekerjaan yang cukup mapan di salah satu perusahaan asuransi terkemuka, Japan Life. Setelah bekerja selama beberapa tahun di perusahaan tersebut, Liu dipercaya menjadi direktur untuk urusan informasi dan teknologi. Dari situ ia mulai mengumpulkan dana untuk membangun bisnisnya sendiri.

INSIPIRASI DIBALIK MUSIBAH


Pada tahun 1998, Liu telah mampu mendirikan bisnis sendiri yang bergerak di bidang supplier perangkat komputer magneto-optical. Dari bisnis ini, apa yang dilakukan oleh Liu sudah bisa dibilang cukup mapan dan menghasilkan. Bahkan pada tahun 2003, bisnis Liu sudah mampu “beranak pinak” menjadi 12 toko besar di seluruh Tiongkok.

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata Mutiara Galau

Namun apa yang terjadi beberapa bulan setelahnya ternyata menjadi babak baru dalam kehidupan Liu. Seperti kita ketahui bahwa pada tahun 2003 negeri Tiongkok dilanda salah satu penyakit paling mematikan yakni SARS. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini bahkan menjadi momok menakutkan yang membuat mayoritas penduduk Tiongkok takut untuk beraktivitas di luar rumah.

Efeknya sungguh besar bagi bisnis yang dijalankan oleh Liu. Beberapa toko yang baru saja dibuka harus rela kehilangan calon konsumen bahkan memaksa dirinya menutup sejumlah tokoh besar yang mulai sepi pembeli. Dari sinilah Liu berfikir bahwa dirinya harus mencari alternatif lain untuk mempertahankan bisnis.

Dengan basic pendidikan programming komputer yang ia dapatkan semasa kuliah, sebenarnya Liu sudah tahu adanya internet yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk bisnis. Meskipun tidak pernah mencoba sama sekali, akhirnya ia memberanikan diri untuk terjun menggunakan marketing online.

PERUBAHAN BISNIS


Jadilah Liu mendaftarkan domain situs pertama jdlaser.com yang menjual perangkat elektronik utamanya komputer. Tak disangka berkat aksi coba-coba ini, Liu kebanjiran order bahkan pada tahun 2005 jumlah penjualan sudah mencapai 12 juta dolar dalam satu tahun untuk penjualan berbagai produk mulai dari komputer, handphone serta berbagai peralatan elektronik lain.

Otak bisnis Liu Qiangdong yang memang encer mulai berputar bagaimana memanfaatkan besarnya gelombang potensi internet untuk memperluas bisnis. Dari situ ia merubah nama domain situsnya dari jdlaser.com menjadi 360buy.com lalu menjual lebih banyak lagi jenis produk.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Jack Ma Alibaba

Setahun berselang pada tahun 2014, ia kembali merubah nama domain menjadi JD.com berkat afiliasi dengan perusahaan teknologi Tencent. Kerjasama ini mempunyai tujuan yang sangat besar yakni ingin masuk dalam persaingan ecommerce Tiongkok yang pada waktu itu masih dirajai oleh Alibaba.com. Kini seperti kita lihat bersama, JD.com yang bahkan sudah mempunyai situs afiliasi di Indonesia JD.id, mampu menjadi perusahaan multi internasional bernilai milyaran dollar. Dan siapa sangka, inspirasi kesuksesan luar biasa terus lahir dari sebuah musibah. Get inspired!