Kisah Inspiratif dari 3 Sosok Pendiri Youtube

Kisah Inspiratif dari 3 Sosok Pendiri Youtube

Sering menggunakan youtube ? baik itu pernah mengupload video atau sekedar menonton video di youtube. tapi, apakah anda tahu siapa sosok penemu pendiri dan pembuat dibalik kesuksesan dan nama besar youtube sekarang ini ? mereka adalah CHAD MEREDITH STEVE CHEN JAWED KARIM. lalu apakah anda tahu bagaimana kisah sukses perjalanan hidup dari mereka susah hingga sukses menjadi salah miliarder ? Simak Penjelasannya

Youtube adalah salah satu situs terbesar didunia. dan situs berbagi video terbesar didunia. jadi tidak heran semua kalangan pengguna internet pasti pernah mengunjungi situs ini. sebelum di beli oleh google. youtube adalah perusahaan rumahan yang lahir disebuah garasi kecil tepatnya pada tahun 14 februari 2005. dengan konsep berbeda dari yang lain. pelan tapi pasti youtube berkembang pesat hingga perusahaan terknologi terbesar dunia Google mengakuisisi (membeli) youtube dengan harga yang fantastis 1,65 milliar dollar.

KISAH DARI 3 ORANG PENDIRI YOUTUBE


Dengan nama besar youtube hingga sekarang. membuat banyak media dan banyak orang bertanya siapakah sosok pendiri youtube ? bagaimana mereka membuatnya dan penjalan hidupnya.

Chad Merediht Hurley


Chad Merediht Hurley adalah seorang desainer web berkebangsaan Amerika serikat. ia merupakan putra dari Donald yang seorang konsultan keuangan dan JoAnn yang berprofesi sebagai guru. sejak kecil ia sudah sangat menyukai hal yang berbau seni seperti melukis dan memahat. namun aktifitas tersebut dihentikannya karena merasa tertarik dengan dunia teknologi dan bisnis.

Kisah Inspiratif dari 3 Sosok Pendiri Youtube

Chad adalah orang uang lembut namu tertutup. namun dengan begitu chad juga dikenal sebagai seorang yang cerdas dan kreatif. Pada usia yang masih sangat muda, Chad telah berusaha menjual sendiri karya seninya.

Kegemaran Chad pada hal-hal yang berbau seni berpadu dengan ketertarikannya  pada bidang bisnis dan teknologi. Di masa sekolah dia sempat memenangkan  juara ketiga pada kompetisi elektronik tingkat nasional dengan menciptakan sebuah amplifier.

Selanjutnya pada masa kuliah, Chad banyak menghabiskan waktu­ nya di dunia maya dengan berbagai aktivitas yang biasa dilakukan oleh pemuda seusianya seperti merancang  web, bermain game, dan berek­ sperimen  dengan animasi. Chad juga tak enggan untuk bergabung de­ ngan jaringan marketing demi mendapatkan tambahan penghasilan di masa kuliahnya.

Pada tahun 1999, Chad akhirnya berhasil menyelesaikan kuliahnya di Indiana University of Pennsylvania pada jurusan Graphic Design and Printmaking. Ketika itulah Chad membaca sebuah artikel mengenai sebuah  perusahaan  baru  yang bernama  PayPal. Tertarik dengan perusahaan baru ini, Chad lantas mengirimkan  lamarannya. PayPal tak serta-merta menerimanya  melainkan
meminta  Chad untuk  membuat desain sebuah  logo perusahaan  terlebih dahulu  untuk membuktikan kemampuannya  dalam hal desain. Logo buatan  Chad begitu menarik bagi  PayPal sehingga   mereka menggunakannya    hingga  sekarang. Karena keberhasilannya membuat logo tersebut selanjutnya Chad pun diterima sebagai desainer pertama di PayPal. Selama beberapa minggu kemudian  Chad menumpang  tidur di lantai kamar temannya sebelum akhirnya menerima  upahnya yang pertama.

Sungguh suatu keberuntungan bagi Chad, ketika dia bisa bergabungdengan sebuah perusahaan pembuat sistem pembayaran online yang akhirnya berkembang menjadi sebuah sistem pembayaran online yang paling aman saat ini. Saat eBay membeli PayPal seharga $1,54 miliar di tahun 2002 maka Chad pun memperoleh bonus yang kelak ia gunakan untuk membiayai usahanya. "Dia benar-benar seorang yang brilian dan bisa melihat kesempatan;'  ujar Ryan, rekan Chad. "Dia pastilah orang yang cerdas dengan ide YouTube yang dimilikinya;' tambah Ryan. STEVE CHEN JAWED KARIM

Steve Chen


Steve Shih Chen  atau Steve Chen  dilahirkan  di Taipei, Taiwan pada bulan Agustus tahun 1978. Pada kurang lebih 6 tahun, ibunya pernah membawa  dirinya ke seorang  peramal.  Peramal tersebut mengatakan bahwa Chen  kecil tidak akan bisa menjadi  orang kaya. "Ramalan itu terus terdengar di telinga saya;' kata Steve.

Kisah Inspiratif dari 3 Sosok Pendiri Youtube

Tetapi sesuatu yang kemudian  mengubah  hidupnya  terjadi ketika Steve  berusia  8  tahun. Keluarganya  memutuskan   untuk  pindah  ke Amerika  Serikat dan  memulai  kehidupan  baru  dan berbeda  di sana. Masa-masa  sekolah  menengah   ditempuhnya   di  John  Hersey  High School lantas  berlanjut  ke Illinois  Math  and  Science Academy lalu kuliah di University of Illinois di Urbana-Champaign.

Steve turnbuh  sebagai seorang yang tidak takut mengambil risiko. Mendekati akhir masa studinya dia memutuskan untuk mulai bekerja di PayPal. Suatu keputusan yang bagi keluarganya dianggap terlalu cepat dan terburu-buru. Keluarganya pun dibuat khawatir dengan keputusan ini, namun Steve berani mengambil risiko. Belakangan terbukti bahwa keputusan   tersebut   merupakan   satu  langkah tepat  karena  dengan demikian   dia  bisa  bergabung  dengan  sebuah  perusahaan   ternama, menjadi angkatan pekerja pertama yang turut membesarkan nama perusahaan  dan tentu saja menimba ilmu di sana.

Baca Juga : 6 Taktik untuk Wanita agar Maju dalam Karirnya

amalan yang dikatakan oleh peramal di masa kecil Steve agaknya tidak  terbukti.  Segala sesuatu berjalan  lancar  pada  kehidupan  Steve. Semasa  bekerja  di  PayPal, Steve selalu  bisa  menemukan cara  yang cepat dan pintar  untuk  mengatasi berbagai masalah. Selain di PayPal, Steve juga sempat bekerja selama beberapa bulan di Facebook namun kemudian dia keluar untuk memulai YouTube. Agaknya keberaniannya mengambil keputusan dan risiko telah mematahkan ramalan di masa kecilnya itu.

Jawed Karim


Jawed Karim dilahirkan  di Merseburg, Jerman Timur pada tahun 1979 lantas pindah  ke Jerman Barat pada tahun 1980. Karim dibesarkan  di Jerman, tetapi selanjutnya keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1992. Karim tumbuh  dan berkembang dalam sebuah keluarga peneliti. Ayah Karim adalah seorang Bangladesh bekerja sebagai pene­ liti di 3M,  sedangkan  ibunya, seorang berkebangsaan  Jerman, adalah seorang profesor peneliti biokimia di University of Minnesota.

Kisah Inspiratif dari 3 Sosok Pendiri Youtube

Setelah  menyelesaikan  pendidikan  di  sekolah  menengah,  Karim lantas melanjutkan pendidikannya  di University of Illinois. Namun ke­ mudian dia berhenti kuliah dan memilih bekerja di PayPal. Pendidikan yang sempat terputus tersebut lantas dilanjutkannya  kembali dalam hi­ dang ilmu komputer di Stanford University.

Semasa bekerja di PayPal, Jawed Karim menciptakan dan mengembangkan sistem Real-Time Anti-Fraud  yang digunakan  di PayPal. Se­ lain ikut mendirikan  YouTube, Jawed saat ini sedang meluncurkan  se­ buah lembaga pendanaan  yang disebut Youniversity Ventures. Lemba­ ga ini bertujuan  membantu  para pelajar untuk mewujudkan  ide bisnis mereka.

Kisah Mendirikan YouTube


Sebagai karyawan pertama di Paypal, Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim bertemu dan menjadi teman. Persahabatan pertama yang dijalin di antara mereka dimulai dari Chad Hurley dan Steve Chen. Keduanya memiliki pandangan yang sama tentang membuat bisnis berbasis teknologi yang membuat keduanya semakin akrab. Ketika eBay membeli PayPal sebesar $1,54 miliar, keduanya mendapatkan suntikan bonus yang besar berupa modal. Seakan menjadi jembatan penghubung bisnis yang telah mereka bicarakan, Chad dan Chen sepakat untuk membangun sebuah perusahaan. Setelah itu, keduanya berhenti dari PayPal dan kemudian bekerja sementara waktu di Facebook sebagai senior engineer.
Kisah Inspiratif dari 3 Sosok Pendiri Youtube

Kisah awal ide untuk membuat situs berbagi video itu berawal dari sebuah kekesalan keduanya. Januari 2005, Steve Chen dan Chad Hurley bertemu dalam acara pesta makan malam di San Francisco. Setelah mengambil beberapa video, keduanya kesulitan untuk membagi video tersebut karena ukuran file yang terlalu besar. Mereka tidak bisa mengirimkan video tersebut melalui email karena mengetahui Karim yang tidak hadir dalam acara tersebut. Singkat cerita, akhirnya mereka bertiga memutuskan untuk membuat situs berbagi video yang memudahkan bagi penggunanya untuk mengunggah dan menonton video yang saat ini dikenal dengan nama YouTube.

Ketiganya lantas mulai mewujudkan  gagasan tersebut di bulan Februari. Pembagian tugas pun kemudian dilakukan. Chad merancang tampilan situs dan logo sementara Steve dan Karim menangani segala sesuatu yang bersifat teknis sehingga situs tersebut bisa berfungsi. Selanjutnya mereka pun membagi tanggung jawab manajemen berdasarkan potensi masing-masing. Chad menjadi CEO  sedangkan Steve  menjadi  Chief  Technology  Office. Sementara  itu  Karim  me­ mutuskan untuk  meneruskan  pendidikannya  dan  setuju  untuk  me­ miliki sedikit kepemilikan saham dalam usaha tersebut.

Baca Juga : 4 Manfaat Mematikan Lampu ketika tidur

Setelah berhasil melahirkan YouTube pada bulan berikutnya, beberapa cara marketing telah mereka lakukan seperti menyebarkannya lewat email dari teman satu ke teman yang lain. Berusaha mendekati pakar media massa untuk mempromosikan situs ini juga telah mereka lakukan. Namun ketika itu, belum ada yang tertarik dan alhasil mereka bertiga pun nampak frustasi. Kesuksesan akan keberhasilan situs yang telah diangan-angankan, seakan tenggelam dan hilang.

Kesuksesan YouTube


Namun, perkembangan yang berkelanjutan selalu mereka lakukan tiap bulannya dengan pendanaan yang diberikan oleh Sequioa Capital senilai $11,5 juta antara November 2005 dan April 2006. Pertumbuhan situs ini dimulai pada bulan Juli 2006. Lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan menerima 100 juta kunjungan video per hari merupakan pencapaian pada bulan tersebut. Grafik pertumbuhan situs ini pun terus naik pada bulan-bulan selanjutnya. Dan pada bulan Oktober 2006, Google, Inc. resmi membeli YouTube senilai $1,65 miliar dalam bentuk saham.

Chad Hurley yang menjabat CEO YouTube memperoleh 694.087 lembar saham ditambah 41.232 dalam bentuk trust dengan nilai total mencapai lebih dari $345 juta. Sedangkan Steven Chen memperoleh $326 juta dari 625.366 lembar plus 68.721. Karena pada saat itu Karim sudah tidak lagi di YouTube, sehingga dia hanya mendapatkan 137.443 lembar saham dengan nilai $64 juta. Sequioa Capital yang menjadi penanam modal memperoleh 941.027 yang bernilai $442 juta.

Perkembangan situs YouTube yang pesat membuat situs ini menjadi salah satu situs terbesar. Bahkan diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube menyamai konsumsi broadband seisi internet tahun 2000. Juni 2008, majalah Forbes dalam sebuah artikelnya memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $ 200 juta dari penjualan iklan. Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar video per hari dan pada tahun berikutnya Mei 2011 situs ini telah menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Dan data terakhir yang didapatkan, pada Januari 2012 YouTube menyatakan bahwa jumlah kunjungan di situs ini telah mencapat empat miliar per hari.

Baca Juga : Kata Kata Bersyukur yang Menenangkan Hati

YouTube kemudian  mulai tumbuh  dengan  usaha keras Chad dan Steve. Tak jarang hingga larut malam  mereka bekerja membenahi tampilan   YouTube dan  memperbaiki   kinerjanya.  Hingga akhirnya kurang   dari   setahun    setelah   peluncuran    pertamanya,    situs   ini kemudian  dibeli oleh  Google  dan  memberikan   buah  manis  untuk ketiga pendirinya.

Untuk bisa mengikuti jejak mereka mendirikan situs sebesar Youtube mungkin memang sesuatu yang masih sangat jauh untuk diraih, namun hal utama yang bisa dipelajari dari ketiga sekawan tersebut adalah bagaimana dedikasi mereka dalam mewujudkan apa yang telah menjadi tujuan bersama mereka. Bahkan walaupun harus ada “harga” yang dibayarkan untuk semua itu, terbukti semua usaha yang dilakukan dengan sepenuh hati akan memberikan hasil yang memuaskan hati juga.

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »