Jangan Membenci Diri Sendiri. 10 Cara Buat Lebih Mencintai Dirimu Sendiri

Jangan Membenci Diri Sendiri. 10 Cara Buat Lebih Mencintai Dirimu Sendiri

Terkadang kita semua membenci diri kita sendiri ? mengapa, ya kebanyakan dari kita tidak menerima kekurangan kita, tidak berharga dan dihargai oleh seseorang, tidak dihormati dan disegani yang ujung-unjungnya menimbulkan rasa depresi, kecemasan dan kesepian. lalu, Bagaimana cara dan tips agar kita semua dapat mencintai dan menerima diri kita sendiri, dan tidak lagi membenci diri sendiri ? Simak Penjelasannya

Membenci diri sendiri dan tidak cinta diri sendiri adalah sifat yang tidak patut dicontoh. mengapa seperti itu ? kepribadian seperti ini adalah pribadi yang tidak bisa bersyukur atas apa yang ada sekarang. tidak bisa melihat kenyataan yang jelas-jelas berada didapan mata. sifat membenci diri sendiri biasanya terjadi akibat sikap dan pendapat orang lain mengenai dirinya. komentar-komentar yang mungkin sedikit pedas akan membuat seseorang memikirkan "apakah benar yang dikatakan orang itu ?".

Seseorang yang tidak mencintai dirinya sendiri akan terbuai dan terbelenggu bayang-bayang kecemasan, kesedihan batin yang berlebihan dan mental yang menurun. karena mungkin kita sedang berjuang melawan tekanan perasaan negatif tentang "siapa sih kita ?" serta tidak percaya lagi dengan diri kita sendiri. tentu, hal ini tidak sehat dan tidak baik jika terus-tmenerus dirasakan.

Baca Juga : Mengenal Merry Riana Motivator Wanita Sukses dari Indonesia

Setelah perasaan membenci diri sendiri timbul, dan perasaan mencintai diri sendiri tidak ada lagi, maka apa yang mereka dengar dari orang lain tentang harga diri dan penilaian akan selalu membekas dipikiran. apa yang dibicarakan seakan menjadi bully, olok-olokan dan menindas terhadap dirinya sendiri. padahal, apa yang sebenarnya dikatakan adalah hanya yang sepele.  sungguh, hal ini tidak baik untuk jiwa dan batin kita. memang, semua orang diciptakan pastilah memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. maka dari itu cobalah menerima dan mencintai dirimu sendiri. dan buang jauh-jauh rasa membenci diri sendiri.

10 Cara Buat Lebih Mencintai Dirimu Sendiri



1. Mengambil alih sepenuhnya kehidupan Anda


Cara yang pertama agar kita bisa mencintai diri kita sendiri adalah dengan mengambil alih kehidupan kita sepenuhnya. jangan biarkan orang lain mengendalikan kita dengan cara apapun, jangan hiraukan dan jangan pedulikan apapun yang mereka bicarakan. it's my life. lakukanlah sesuka kita. dan jangan pernah takut selagi kita benar. lakukanlah hal yang membuat anda merasa nyaman.

2. Mengubah citra diri negatif yang melekat pada diri Anda


Cara yang kedua supaya bisa membuang rasa membenci diri sendiri adalah dengan mengubah sisi negatif anda. jangan pernah ditentukan oleh orang lain. ubahlah citra anda dengan versi anda sendiri. jangan sampai dari tindakan mereka bisa mengubah diri anda. lakukanlah sebisa mungkin. jika memang dirasa perkataan mereka memanglah demikian, ubahlah dan perbaiki apa yang salah agar anda menjadi lebih baik kedepannya. apa yang anda bisa ubah. ubahlah sekarang.

3. Mendekat dengan orang-orang yang mencintai dan menyemangati anda


Cara yang ketiga agar dapat mencintai dirimu sendiri adalah dengan cara mendekat dengan orang-orang yang peduli dan mencintai anda. mulai sekarang anda harus terbuka dengan orang yang peduli dan mencintai anda. seperti teman, sahabat atau keluarga. mereka yang sering memberikan semangat yang tulus dan care kepada anda. bersyukurlah dengan adanya mereka, anda bisa dihargai serta mereka tidak sesekali membenci anda.

Baca Juga : Kata Kata Mutiara Ucapan Selamat Ulang Tahun Lengkap

4. Jujur dengan diri sendiri tentang apa yang sebenarnya kita sukai.


Selanjutnya adalah dengan jujur kepada diri anda sendiri. Untuk jujur sama diri sendiri sebenarnya hal sepele yang anda semua bisa lakukan. tapi jadi tidak mudah ketika kita selalu mendengarkan dan takut terlihat buruk dimata orang lain. Misalnya kita suka warna pink, tapi karena takut terlihat buruk dan aneh dimata orang lain jadi kita bilangnya suka warna hitam. dan lucunya, untuk hal ini sering kali terjadi. tapi sayangnya kita tidak sadar juga bahwa kita suka membohongi diri sendiri. Bagaimana mau mencintai diri sendiri, bagaimana mau mengenali diri sendiri kalau kita saja masih suka membohongi diri kita sendiri.

5. Lupakan tentang rasa takut, ambil keputusan, dan terima hasil atas apa yang kita lakukan.


Untuk mendapatkan apa yang anda mau tentunya kita harus mengambil keputusan.  kalau tidak mengambil keputusan dan tidak melakukan sesuatu, mana bisa anda mendapatkan apa yang anda mau. Kalau dalam mengambil keputusan anda melakukan kesalahan, itu menunjukan kita sedang melewati proses, kita terus bergerak untuk mendekat dengan apa yang kita inginkan. Mana yang lebih baik jika anda diam karena takut dan tidak melakukan apa-apa dengan melakukan serta walaupun mengalami gagal. Banyak orang yang sadar dengan hal ini, takut mengambil keputusan, takut membuat kesalahan, takut terlihat jelek. Karena kamu tidak benar-benar mencintai dirimu sendiri kalau kamu tidak melakukan hal yang sebenarnya ingin kamu dapatkan.

6. Memaafkan kesalahan dimasa lalu.


Bukan masalah kalau kita mengingat kesalahan dimasalalu untuk diambil pembelajarannya agar kita tidak mengulangninya lagi dimasa sekarang, tapi kalau mengingat terus kesalahan dimasa lalu jadinya tidak sehat juga. Banyak dihantui rasa bersalah akhirnya bikin stress juga kan. Memaafkan kesalahan yang kita buat bukan berarti harus melupakan, salah satu cara mencintai diri sendiri adalah dengan kita bisa memaafkan diri kita. Apapun yang kita lakukan, kesalahan apapun itu, terima dan bertanggung jawablah.

7. Percaya pada kemampuan diri, bahwa kita bisa mendapatkan apa yang kita mau.


Karna tidak ada yang tidak mungkin, semuanya bisa saja terjadi kan. Yang perlu diperhatikan adalah tentang hal apa yang kita ingin dapatkan/capai. Identifikasi, lebih spesifik, bagaimana cara mencapainya. Seberapa percaya diri kita bahwa kita pantas untuk mendapatkannya, daaaannnn kalau kita tidak percaya dengan kemampuan diri itu termasuk rendah diri.

8. Berhenti merendahkan diri sendiri.


jangan merendah kan diri sendiri. itu menandakan berarti kita tidak percaya akan kemampuan dan power yang kita miliki. Kalau kita sendiri tidak yakin dengan diri kita sendiri bagaimana mau berhasil. Kalau kita tidak yakin dengan diri kita, bagaimana orang lain akan yakin dengan kemampuan yang kita miliki. kalau kita merendahkan diri kita sendiri apakah itu artinya kita sudah mencintai diri kita sendiri?

9. Belajar menerima pujian yang diberikan orang lain.


Ini tidak mudah, tapi tidak sulit juga. Sadar tidak kalau kita itu sering kali menolak pujian yang diberikan orang lain, contohnya ya ketika kita dipuji orang kita malah bilang “ah nggak kok, biasa aja.” atau ada juga yang malah mempertanyakan kembali seperti “oh ya? masa sih?” nah ituuu, cobalah belajar untuk menerima pujian dengan baik, karena ada perbedaan antara rendah hati dan rendah diri. Kalau menolak dipuji itu rendah diri. nah lho, jadi rendah diri kan :D

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Kesehatan supaya Tubuh Lebih Bugar dan Fit

10. Melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membuat kamu bahagia.


Cobalah tanyakan ke diri kamu sendiri, apa hal simple yang bisa buat kamu tersenyum. Minum kopi, menyerap matahari pagi, bangun lebih cepat, berolahraga, menonton film, dan apapun itu yang membuatmu bahagia. mari lakukanlah, setidaknya satu hal dalam sehari. dan buatlah kebiasaan tersebut menjadi alasan untama kamu untuk bisa bahagia dan happy

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »