9 Bahaya dan Efek Samping Berolahraga Secara Berlebihan

Apakah anda hobi berolahraga setiap pagi atau setiap hari. tapi sadar tidak. apakah anda berolaraga secara teratur atau berlebihan. kalo dirasa secara berlebihan. sebaiknya aktifitas olahraga anda dikurangi. kenapa? ya, karena segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. termasuk berolahraga yang berlebihan. karena akan menimbulkan efek yang negatif untuk tubuh kita akibat berolahraga yang berlebihan atau terus menerus. lalu. Bagaiamana cara mengetahui jika kita sudah melakukan olahraga yang berlebihan. serta, apa efek, dampak dan bahayanya.  Simak Penjelasannya.

9 Bahaya dan Efek Samping Berolahraga Secara Berlebihan

BAHAYA BEROLAHRAGA YANG BERLEBIHAN


Berolahraga secara rutin sangat efektif untuk kesehatan. Melakukan olahraga yang sesuai porsi juga bisa menjadi sebuah cara  positif yang sangat ampuh untuk mencegah serangan berbagai penyakit mulai dari penyakit-penyakit ringan hingga penyakit kronis yang bisa membahayakan jiwa. Tetapi perlu diingat jika walaupun sama-sama disertai istilah “olahraga”, namun olahraga yang berlebihan bisa berdampak sebaliknya. Dampak negatif bisa ditimbulkan olahraga yang dilakukan terlalu lama dan justru bisa sangat membahayakan bagi kesehatan kita bahkan dalam kasus tertentu. Olahraga yang tidak mengenal waktu bisa menjadi bomerang untuk tubuh kita

Untuk menjadi sehat, tentunya tak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan memiliki pola makan empat sehat lima sempurna setiap harinya. Anda perlu mengolah tubuh Anda untuk pembakaran lemak, dan menjaga agar tubuh Anda tetap bugar dan fit sepanjang harinya.

Selain makanan bergizi, olahraga sangat dibutuhkan untuk membantu menyegarkan tubuh Anda, sehingga Anda tidak mudah lesu, tidak mudah sakit, dan selalu bersemangat. Namun, beberapa tidak menyadari, bahwa tidak selalu kegiatan mengolah tubuh atau yang disebut juga dengan olahraga memiliki dampak yang baik. Olahraga bila dilakukan dengan berlebihan ternyata memiliki dampak yang buruk dan justru dapat membahayakan Anda.

Olahraga akan dikatakan berlebihan bila Anda melakukannya terlalu sering. Misalnya saja, Anda melakukan olahraga tersebut hingga berkali-kali dalam sehari. Meski baik untuk kesehatan, melakukan olahraga yang terlalu sering dengan rentang waktu pendek akan terlalu memforsir badan Anda dan justru akan memberikan efek jauh dari yang diharapkan.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Pendiri Whatsapp

Kemudian ternyata olahraga yang dilakukan secara berlebihan bisa mengakibatkan hal-hal yang negatif pada kesehatan dan tubuh kita. Walaupun aktivitas olahraga menurunkan berat badan kita, tetapi di sisi yang lainnya olahraga berat badan bisa mengakibatkan tubuh menjadi sangat kurus, tubuh tidak ideal, bahkan bisa menyebabkan kematian. Berikut berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan olahraga jika dilakukan secara berlebihan:

1. Mengakibatkan Cedera


Secara alami tubuh manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jika anda melakukan olahraga secara berlebihan, anda memaksa otot menjadi tegang terus menerus. Hal tersebut bisa meningkatkan resiko otot robek serta bisa menyebabkan tulang patah. Kondisi ini juga bisa diperparah jika dilakukan dengan bahaya olahraga tanpa pemanasan.

2. Kehilangan Masa Otot


Berlebihan dalam berolahraga juga bisa menyebabkan tubuh kehilangan masa ototnya. Ini karena tubuh terlalu berlebihan dalam melakukan olahraga. Semakin sering anda berolahraga secara berlebihan, semakin besar resiko and semakin ada kekurangan kebutuhan nutrisi. Kondisi ini membuat tubuh secara alami akan “mengkonsumsi” massa otot untuk mendapatkan nutrisi. Dan akibatnya anda akan menjadi lebih kurus, dalam artian yang tidak normal.

3. Mengakibatkan Gagal Jantung


Gagal jantung ini termasuk kondisi penyakit jantung yang sangat berbahaya. Gagal jantung bisa diakibatkan karena tubuh kekurangan nutrisi. Jantung anda sendiri terdiri dari berbagai otot dan bila anda terlalu berlebihan berolahraga akan membuat otot-otot tersebut menjadi lemah, sehingga bisa meningkatkan resiko terkena gagal jantung.

4. Menjadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lemah


Salah satu efek yang diakibatkan oleh berolahraga berlebihan adalah tubuh menjadi terlalu lelah dan capek maka mengakibatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi lemah pula. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan tubuh tidak mampu melawan bakteri maupun virus yang bisa menyerang tubuh. Sehingga tubuh lebih rentan terkena flu, batuk atau penyakit-penyakit ringan lainnya maupun penyakit berat.

Hati-hati bagi para wanita yang menyukai aktivitas olahraga. Harus diingat, olahraga yang berlebihan bisa sangat membahayakan. Riset menunjukan jika banyak atlit wanita yang sering melakukan latihan secara berlebihan memiliki siklus menstruasi yang terhenti. Siklus tkondisi tersebut tidak mungkin bisa dikembalikan seperti semula. Kondisi siklus menstruasi yang terhenti sering disebut dengan istilah amenorrhea.

6. Menyebabkan Sulit Tidur


Jika berolahraga secara berlebihan, anda akan merasa capek terlalu sering, dan tubuh pun akan benar-benar kelelahan sehingga anda akan lebih sulit untuk tidur. banyak yang berpikir bahwa ketika kita sangat kelelahan. itulah saat yang paling cepat membuat tidur, akan tetapi kenyataannya tidak seperti itu.

7. Menyebabkan Gangguan Makan


Gangguan makan yang dialami oleh seorang yang sering berolahraga bisa mengarah pada kondisi yang serius seperti anoreksia, bulimia atau gangguan makan lainnya. Hal ini berdasarkan hasil penelitian para ahli yang menemukan adanya kaitan antara gangguan makan dan aktivitas olahraga yang dilakukan secara berlebihan. Bahaya bulimia atau masalah gangguan pola makan yang ditambah dengan olahraga berlebihan dapat menimbulkan resiko kematian.

Baca Juga : 6 Alasan Positif Tetap Bersyukur Meski Mengalami Kegagalan

8. Menyebabkan Depresi


Dampak berbahaya lainnya dari olahraga yang berlebihan adalah Anda akan mudah terkena depresi. Olahraga yang normal saja dilakukan memiliki tujuan untuk membuat Anda bugar, sehingga mengembalikan percaya diri Anda secara psikologis.

Namun, jika Anda kelelahan, kondisi psikologis Anda pun akan juga kelelahan, mengikuti kondisi fisik Anda. Hal tersebut akan membuat Anda lebih cepat marah, tergesa-gesa, hingga fatalnya Anda akan mengalami depresi.

 9. Memperbesar Jantung


Menurut para ahli kesehatan, olahraga berlebihan berpotensi memperbesar jantung. Terutama pada latihan beban yang berlebihan. Pada saat mengangkat beban, biasanya kita akan menahan nafas, sementara menahan nafas saat mengangkat beban membuat udara tidak bisa ke luar dari jantung, dan pada saat itulah jantung akan membesar.

Ketika kita masih aktif berolahraga, pembesaran jantung tidak akan memberi efek apapun, apalagi jika olahraga tersebut masih dilakukan secara rutin. Efek jantung membesar baru terasa ketika kita sudah menghentikan rutinitas berolahraga, jantung yang besar akan seperti rumah kosong tak berpenghuni. Jadi, kurang berfungsi dan akan cepat lelah. Konsekuensi yang harus dilakukan akan jantung besar kembali berfungsi normal, harus tetap berolahraga.

Berikut cara mengetahui pola pikiran apakah anda melakukan olahraga yang berlebihan


  1. Merasa bersalah dan sangat khawatir jika melewatkan satu sesi olahraga saja
  2. Sangat patuh terhadapat jadwal berolahraga walaupun ketika anda sedang tidak ingin berolahraga.
  3. Merasa sangat khawatir berat badan akan naik jika melewatkan satu hari saja jadwal ruting berolahraga.
  4. Mengganti di hari lain jika melewatkan sesi olahraga.
  5. Jika setelah makan yang agak banyak anda merasa harus segera berolahraga karena merasa bersalah pada diri sendiri.
  6. Merasa tidak maksimal saat berolahraga.
  7. Lebih memilih untuk berolahraga daripada berkumpul dengan teman – teman.
  8. Anda menjadi sangat marah jika melewatkan jadwal rutin berolahraga.
  9. Sering memaksa diri untuk berolahraga walaupun sedang tidak enak badan.
  10. Mendasarkan perhitungan seberapa lama berolahraga pada seberapa banyak anda makan.
  11. Merasa tidak nyaman saat hanya duduk diam dalam beberapa saat karena menganggap kegiatan tersebut tidak membantu membakar kalori di dalam tubuh.
  12. Tidak lagi menemukan kesenangan saat melakukan olahraga.
  13. Tidak bisa memaksa diri anda sendiri untuk tidak berolahraga walaupun hanya sehari saja.


Kesimpulan


Berolaraga sesungguhnya akan berdampak yang sangat baik untuk kita jika dilakukan secara teratur dan rutin. akan tetapi, Dampak yang baik itu akan berubah jika kita melakukan olahraga secara berlebihan. jika memang dirasa melakukan olahraga berlebihan. Mulai saat ini anda harus melihat kembali jadwal berolahraga anda dan kembali mengatur jadwal olahraga anda. Dan ingat! Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak akan ada manfaatnya, malah tak jarang hanya akan merugikan diri kita sendiri. SEMOGA BERMANFAAT

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »