5 Tips Menghemat Uang Jajan Sekolah dan Kuliah

5 Tips Menghemat Uang Jajan Sekolah dan Kuliah

Sebagai pelajar atau mahasiswa ingin menghemat uang jajan ? tapi bingung karena nggak bisa berhemat. lalu adakah tips dan cara bagaimana agar bisa berhemat (ngirit) uang jajan dan saku kita ? Simak Penjelasannya

Banyak alasan seseorang untuk menghemat uang jajan nya. entah itu uang jajan sekolah, kuliah, atau uang jajan sehari-hari dan sebagainya. Alasan yang paling mendasar seseorang ingin menghemat uang jajannya adalah ingin menabung, mempunyai keperluan atau sekedar mempunyai keinginan untuk membeli sesuatu. banyak sekali alasannya.

Menghemat uang jajan adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan. kenapa ? dengan kamu mengetahui cara menghemat uang jajan dengan baik. kamu pun bisa menghemat uang untuk sesuatu yang lebih baik lagi. kamu pasti mempunyai uang saku atau uang jajan bukan ?. entah itu uang jajan harian, mingguan atau bulanan. Pertanyaan nya, uang jajan itu nggak habis, atau malah udah habis duluan sebelum waktunya, nih? Wah, kalo udah habis duluan, itu tandanya kamu masih belum bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran dengan baik.

Baca Juga : Kumpulan kata kata motivasi

Lalu gimana kala saya mengalaminya ? tenang ada cara dan tipsnya kok bagaimana menghemat uang jajan kita. langsung aja ya.


TIPS MENGHEMAT UANG JAJAN


1. Buat Daftar


Tips pertama bagaimana menghemat uang jajan adalah membuat daftar. daftar apa ? daftar pengeluaran yang sekiranya kamu akan lakukan bulan ini. dengan membuat daftar seperti iti. maka aktivitas dan pengeluaran kamu akan terarah dan seimbang. kamu juga harus bisa memilah yang mana keperluan wajib dan keperluan biasa. kalo keperluan wajib misalnya ongkos transportasi, pulsa, uang jajan, uang keperluan sekolah dan lain-lain. dan keperluan biasa seperti nonton bioskop, hangout sama temen membeli baju dan sebagainya,


2. Mengetahui Keperluan


Tips kedua bagaimana menghemat uang jajan adalah mengetahui akan keperluan kita. seperti apa ? kebutuhan wajib harus didahulukan ketimbang keperluan biasa. misalnya kamu disuruh membeli keperluan sekolah seperti buku, mistar, pulpen dan sebagainya. maka keperluan ini harus kita dahulukan ketimbang keperluan seperti hangout sama teman atau membeli baju baru. kenapa seperti itu ? kadang kita tidak bisa membedakan keperluan wajib atau biasa. dan ketika uang jajan kita habis karena keperluan biasa. dan disaat bersamaan kita disuruh membeli keperluan sekolah. maka mau tidak mau kita akan mengeluarkan dana ekstra.


3. Hindari Hangout yang Berlebihan


Tips ketiga bagaimana menghemat uang jajan adalah menghindari nongkrong yang berlebihan. ingat ya "berlebihan". bukan berarti kita harus menghindarinya banget. kita sangat dianjurkan bersosialisasi dengan teman-teman kita. tapi jika kita ingin menghemat uang jajan sebaiknya hangout sama temennya dikurangin. kenapa ? wah. bayangin aja deh. ;D


4. Bawa Bekal


Tips keempat bagaimana menghemat uang jajan kita adalah membawa bekal sendiri. kenapa ? dengan membawa bekal sendiri uang yang biasanya kamu beli untuk jajan makanan bisa kamu dihemat. Malu dan gengsi ahh ? kenapa mesti malu dan gengsi. lagian makanan dari rumah itu lebih sehat ketimbang makanan yang kita beli dari luar yang kita tidak tahu proses pembuatanya bagaimana. Maka dari iru. biasakanlah membawa bekal jika ingin berhemat.


5. Buat daftar pantangan


Tips kelima bagaimana menghemat uang jajan adalah membuat daftar pantangan. daftar apalagi itu ? jadi gini, jika kamu memiliki kebiasaan belanja atau wisata. jalan-jalan dan lain-lain. maka jika kamu ingin berhemat uang jajan daftar aktivitas tersebut bisa kamu masukan didalam daftar pantangan. kenapa ? ya, kalo kamu masih melakukan aktivitas yang sama. maka usaha kamu untuk berhemat mungkin akan sia-sia.

Baca Juga : Kumpulan kata kata mutiara


Kesimpulan


Menghemat uang jajan adalah hal yang tepat untuk kita semua lakukan. dengan menghemat uang, kita bisa melakukan hal yang positif. seperti menabung dan lain-lain. tapi, seseorang yang berhemat bukan berarti mereka sangat perhitungan dengan apa yang mereka keluarkan. namun. ada baiknya juga kamu jangan berhemat secara berlebihan. karena segala yang berlebihan itu sungguh tidak baik.

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »