4 Tips Memilih Teman Baik yang Pantas dijadikan Sahabat

4 Tips Memilih Teman Baik yang Pantas dijadikan Sahabat

"Kita boleh mempunyai seribu teman. tapi mungkin, hanya satu yang menjadi sahabat." itu adalah kata-kata mutiara tentang persahabatan. namun. dari banyaknya teman yang kita punya. lalu, ada pertanyaan yang terlintas. adakah cara dan tips memilih teman dekat yang baik untuk kita dan pantas untuk jadi sabahat dan teman dekat kita ? adakah ciri-cirinya,? simak penjelasaanya


Teman dan sahabat itu tentunya berbeda. jika teman adalah teman yang hanya sebatas kenal saja. sedangkan sahabat adalah teman yang mempunyai ikatan yang berlanjut. Teman itu sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. kenapa ? karena teman adalah orang yang paling dekat dengan kita setelah keluarga. seringkali teman menjadi tempat pelarian yang tepat bagi kita untuk sekedar menghindari kebosanan yang kita rasakan. mencari kesenangan. atau sekedar menjadi tempat berbagi cerita.

Pada umumnya. pengaruh terbesar bagi remaja adalah dari teman-temannya. tidak sedikit dari remaja tersebut akhirnya terjerumus dalam perbuatan yang negatif. ini dikarenakan akibat pengaruh yang buruk dari teman-temannya. dengan alasan supaya dapat diakui dan diterima oleh kawan-kawannya. Kebanyakan prilaku seperti ini mungkin dikarenakan remaja tersebut tidak dihargai, diterima atau diperhatikan dalam lingkungannya keluarga. maka. dia akan mencari orang di luar lingkup keluarganya yang bersedia menerima dia, mendukungnya dan menghargainya tanpa berpikir itu baik atau buruk untuknya.

Baca Juga : Cara Positif mengatasi Masalah dan Musibah

Memang benar kita sebagai makhluk yang bersosial pasti membutuhkan namanya teman. teman dekat dan sahabat. tapi ada baiknya. kita memilih teman yang baik. bersemangat dan mempunyai sifat-sifat yang positif lainnya.  kenapa ? agar pengaruh semangat mereka dan pengaruh baik mereka dapat menular kediri kita. tapi bukan berarti kita memilih-milih teman ya. kita boleh berteman dengan siapa saja.


TIPS MEMILIH TEMAN BAIK


1. Dapat membantu Berkembang


Tips pertama memilih teman dekat adalah yang dapat membuatmu dapat berkembang. berkembang seperti apa ? Carilah dia yang memaksamu terus-menerus untuk berkembang dalam hal yang positif. seperti beribadah. belajar, atau sekedar melakukan hal yang baik dan dapat bermanfaat. kenapa ? teman seperti ini tidak hanya menjadi sahabat baikmu. tapi juga. dia yang ingin melihat kamu menjadi lebih baik dan menjadi unggul dan tidak ingin melihatmu menjadi buruk dan lemah.


2. Memiliki Satu Tujuan


Tips memilih teman selanjutnya adalah yang memiliki satu tujuan. Kadang kita akan merasa nyaman terhapat seseorang ketika kita mengetahui seseorang tersebut mempunyai sesuatu yang sama dengan kita. baik itu dari karakternya. sifatnya. pemikirannya atau nasibnya. Artinya Carilah orang yang dapat menasihati kita. teman yang baik akan selalu menasihati yang baik jika kamu berbuat salah.


3. Tidak berkata kasar


Tips memilih teman yang ketiga adalah yang tidak berkata kasar. Kenapa ? Karena salah satu Ciri-ciri teman yang baik, adalah dari tutur bahasanya. Kenalilah dengan baik teman-teman kamu dari tutur bahasanya, jika kamu memiliki teman yang sering mengumpat, atau menggunakan kata-kata kotor, sebaiknya kamu menghindar untuk berkawan dengannya, supaya kamu tidak terpengaruh olehnya.


4. Setia


Selajutnya tips terakhir untuk memilih teman adalah setia. Setia seperti apa ? Ada kata kata mutiara berkata seperti ini "senang kesana, susah kesini". :D. Teman itu tidak hanya menemanimu ketika senang aja. tapi juga yang selalu didekatmu ketika semua orang menjahimu. dan jika kamu memiliki teman yang setia. jangan pernah memanfaatkan kesetiannya. hargailah kesetiannya.


Kesimpulan


Teman itu cukup berpengaruh dalam menentukan karakter dan sifat kita. teman yang buruk akan menularkan yang buruk dan teman yang baik tentu akan menularkan yang baik. selain itu, kita tidak boleh memilih-milih teman untuk bergaul. akan tetapi, sebaiknya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita.  SEMOGA BERMANFAAT

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »