4 Manfaat Mematikan Lampu Ketika Tidur untuk Kesehatan

Apakah kamu juga salah satu orang yang mengikuti tren, yakni dengan memasang lampu tidur di kamarnya? Atau kamu memang tipe orang yang mudah tidur dalam keadaan gelap dan mematikan lampu saat tidurnya? Atau dengan kata lain, kamu merasa kurang bahkan sangat tidak nyaman jika tidur dalam keadaan terang dan menyilaukan? lalu. kenapa harus begitu ? apa sih alasan dan manfaat tidur dalam keadaan gelap atau mematikan lampu untuk kesehatan kita ? Simak Penjelasannya



Ditengah mansyarakat. tidur dengan keadaan gelap atau mematikan lampu adalah cara tidur yang tidak baik. tapi pada kenyataannya tidaklah seperti itu. Tidur tanpa cahaya lampu atau gelap karena mematikan lampu ternyata secara signifikan memberikan manfaat dan membantu aktivitas tidur semakin cepat dan berkualitas. Selain itu, ternyata tidur dengan cahaya lampu yang mati atau dalam keadaan gelap juga berguna untuk kesehatan tubuh, hal ini sebagaimana saran dari para ahli.

Setelah seharian melakukan aktivitas. Akan membuat tubuh kita lelah. Maka sangat di sarankan untuk meredupkan lampu ketika tidur. Malah sangat di sarankan untuk tidur dalam keadaan gelap gulita. Sebab ada beberapa hormon yang hanya mampu di produksi dalam keadaan gelap. lalu
Manfaat apa yang kita peroleh dengan mematikan lampu saat tidur ? langsung aja.

4 MANFAAT MEMATIKAN LAMPU KETIKA TIDUR UNTUK KESEHATAN


1. MENGURANGI RESIKO PENYAKIT


Tidur di malam hari dengan lampu menyala ternyata memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Mungkin tak pernah kita bayangkan sebelumnya, terbiasa tidur malam dengan kondisi lampu dimatikan akan meningkatkan hormon melatonin yang mampu melawan resiko penyakit kanker, kanker payudara, kanker prostat, kardiovaskular, gangguan sistem metabolisme bahkan mungkin diabetes dan obesitas. serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita

Baca Juga : Kumpulan Kutipan Motivasi Dari jackma alibaba

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul apabila seseorang tidur di malam hari dalam keadaan lampu menyala. dan adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti. Sehingga mematikan lampu ketika tidur di malam hari adalah hal yang sangat disarankan para ahli untuk meminimalisir terhambatnya produksi zat melatonin.

2. TIDUR LEBIH NYENYAK


Apakah kamu seorang yang susah bangun pagi karena sulit tidur ? jika iya, mungkin dengan mematikan lampu ketika hendak tidur menjadi solusi untuk kamu.  kenapa ? Secara ilmiah, cahaya yang ada dalam ruangan tidur akan menembus hingga ke bagian mata, walaupun tubuh sudah dalam keadaan terlelap tidur, sinar tersebut akan memasuki ruangan stimulator yang nantinya direspon oleh otak.

Baca Juga : Kisah inspiratif pendiri WhatsApp

Tidur yang berkualitas yaitu selama tidur, organ otak benar-benar dalam keadaan beristirahat. walau mata kita terpejam, tetapi jika ada cahaya yang bersinar. akan mengakibatkan otak akan terus bekerja untuk merespon atau mengartikan cahaya yang masuk tersebut. karena sinar tersebut masih berperan sebagai perangsang simulator kerja otak kita.

3. LEBIH BUGAR


Manfaat selanjutnya adalah bisa membuat kamu lebih bugar ketika bangun. ya. dengan mematikan lampu ketika tidur yang dapat membuat kamu lebih sehat dan nyenyak tidurnya. hal ini juga dapat membuat kamu lebih fresh ketika bangunnya. kenapa ? manusia itu membutuhkan setidaknya 8 jam untuk tidur. ketika kamu tidur dan mematikan lampu, cahaya lampu tidak akan menganggu kamu ketika tertidur. pernah nggak kebangun tengah malem ? apa coba penyebabnya ? ya, salah satu penyebabnya adalah karena kita terganggu dengan terangnya tempat tidur.

4. MENSTABILKAN EMOSI


Manfaat ke empat mematikan lampu ketika tidur adalah menstabilkan emosi,  keadaan gelap maupun remang remang, ternyata di nilai ampuh untuk membantu menstabilkan dan mengatasi emosi. Sebab pada saat itu, anda bisa lebih tenang, nyaman, sehingga emosi yang meluap luap bisa turun dan berkurang. Hal ini kerap di jadikan sarana meditasi dan terapi yang cukup ampuh.

KESIMPULAN


Tidur dalam keadaan gelap atau mematikan lampu ketika tidur dapat memberikan banyak dampak positif bagi tubuh kita. baik itu jasmani dan rohani kita. untuk itu jika kamu sering tidur dengan lampu yang masih menyala. mungin kamu harus mengubah kebiasaan tersebut. untuk itu semoga ulasan ini bisa membuat kita lebih memahami dan peduli dalam lingkungan kita. SEMOGA BERMANFAAT

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »