2 Waktu Terbaik untuk Tidur Menurut Islam dan Kesehatan

Bagaimanakah Islam mengatur waktu atau jam tidur yang baik untuk umat muslim dan juga bermanfaat secara kesehatan? adakah dalilnya mengenai waktu terbaik untuk tidur ? apakah harus dan dianjurkan? Simak Penjelasannya

2 Waktu Terbaik untuk Tidur Menurut Islam dan Kesehatan


Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi tubuh karena ketika kita sedang tidur berarti kita juga mengistirahatkan seluruh anggota badan. Oleh karena itu waktu tidur yang cukup dapat membuat badan kita terasa segar dan bersemangat untuk menjalankan aktivitas. Namun tahukah kita, ada waktu dan jam yang kita dianjurkan oleh islam untuk tidur. kenapa? ya, islam adalah tuntunan manusia didunia. pasti ada manfaat yang ada didalamnya.

Namun, perlu diingat terlalu sering tidur juga tidak baik bagi tubuh kita. kenapa? karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan berakibat timbulnya rasa malas. Untuk itu sebaiknya kita harus mengetahui waktu dan jam terbaik untuk tidur menurut islam dan medis.


WAKTU YANG BAIK UNTUK TIDUR MENURUT ISLAM DAN KESEHATAN

1. TIDUR DIAWAL MALAM


Waktu tidur di malam hari yang baik menurut Islam dan juga bermanfaat bagi kesehatan adalah tidur di awal malam . Tidur di awal malam maksudnya adalah tidur setelah shalat isya. Secara islam Rasulullah SAW membenci tidur yang dilakukan sebelum shalat Isya. Hal tersebut disampaikan dengan hadits berikut ini.

Diriwayatkan dari Abu Barzah radlyallaahu ‘anhu :

”Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelum shalat isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maksud dari hadits di atas adalah tidur sebelum shalat Isya dapat membuat kita lalai untuk melakukan shalat Isya serta tidur terlalu malam karena asyik mengobrol pada malam hari setelah shalat Isya.

Hal tersebut juga sesuai dengan penelitian kesehatan yang menyatakan bahwa sebaiknya tidur pada awal malam. Hal tersebut dikarenakan tidur terlalu malam dapat menyebabkan kerusakan pada hati menurut penelitian para dokter di National Taiwan Hospital.

Baca Juga : Tips Menjadi Pribadi Yang unggulan

Dengan tidur diawal malam juga bertujuan agar kita bisa bangun di pertengahan (sepertiga) malam untuk melakukan ibadah. Karena dipertengahan (sepertiga) malam tuhan semesta alam, Allah SWT meninggalkan Arsy dan turun kebumi. ini dipertengas dalam hadist shahih yang artinya

"Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia lalu berkata: ‘Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar‘ ” (HR. Bukhari 1145, Muslim 758)

2. TIDUR SIANG HARI


Waktu terbaik kedua untuk tidur menurut islam adalah tidur di siang hari. Sebuah penelitian kesehatan menyatakan bahwa tidur siang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung yang berbahaya. Hal tersebut dikarenakan tidur pada siang hari dapat mengurangi stress dan detak jantung yang berlebihan.

Baca Juga : Cerita Inspiratif Pendiri Facebook

Penelitian kesehatan tersebut juga sejalan dengan syariat Islam yang menyatakan bahwa waktu tidur yang baik selain malam adalah siang hari. Hal ini dipertegas dengan Firman Allah SWT sebagai berikut.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” (Ar-Ruum :23)

Dari penjelasan secara medis dan secara islam tersebut, maka kita juga sebaiknya melakukan tidur pada siang hari. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama tidur siang karena dapat mengganggu aktivitas kita pada siang hari untuk bekerja. Lakukan istirahat atau tidur pada siang hari secukupnya dan seperlunya saja.

Baca Juga : Kumpulan Kata Mutiara Bersyukur

Demikian penjelasan mengenai waktu yang baik untuk tidur menurut islam dan medis kesehatan. Semoga dalam penjelasan ini dapat menambah pengetahuan serta menghargai waktu sebaik mungkin. SEMOGA BERMANFAAT

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »