6 Pelajaran Hidup yang Berharga dari Semut Yang patut Ditiru


Manusia adalah makhluk paling sempurna yang diciptakan tuhan. Karena manusia memiliki akal dan pikiran. tapi tahukah kita. kadang kita harus belajar dari kehidupan makhluk ciptaan lainnya. seperti hewan dan tumbuhan. tak terkecuali dengan semut. pelajaran berharga apa yang bisa kita dapat dari semut, Adakah keistimewaan semut yang patut kita tiru untuk kehidupan kita? Simak Penjelasananya.

Semut adalah makhluk yang kecil yang sering kita abaikan atau mungkin kita sering mengusirnya dan membunuhnya karena dirasa mengganggu. Pernah nggak ada semut dirumah kamu. pasti kamu akan mengusirnya dari rumah bukan. atau hanya sekedar menghindar dari semut-semut tersebut. tapi, tuhan itu menciptakan semua makhluknya tidak ada yang sia-sia. pasti ada keistimewaan dan fungsi dari setiap penciptaannya. tapi kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya.

Baca juga : Kumpulan kata kata Bijak

Bahkan kita yang beragama islam dilarang untuk membunuh semut. kenapa ? karena semut dapat memberi pelajaran terhapat manusia dan memberi manfaat untuk kehidupan didunia.

Lalu apa, apa sebenarnya keistimewaan semut yang bisa jadi pelajaran untuk kehidupan kita ?

PELAJARAN YANG BERHARGA DARI SEMUT


1. TIDAK SOMBONG


Pelajaran pertama yang kita dapat dari semut adalah tidak sombong. kok gitu ? kamu pernah memperhatikan semut ? kalo belum perhatikanlah. lihatlah ketika semut bertemu dengan semut lain disebuah jalan. mereka akan menyempatkan diri untuk berhenti seolah saling menyapa satu sama lain. Lau bagaimana dengan kita ?

2. KUAT DAN PEKERJA KERAS


Pelajaran yang kedua yang kita dapat dari semut adalah kuat dan pekerja keras. Semut itu memiliki tekad yang kuat. Pernah nggak melihat semut membawa makanannya yang melebihi badannya sendiri dan tidak jarang harus melalui medan yang berliku, menanjak dan menurun? apa mereka pernah ngeluh :D. mereka seolah mengabaikan beratnya apa yang mereka rasakan dan selalu berusaha untuk membawa makanan tersebut ke sarangnya.

3. MENDAHULUKAN KELOMPOK DARI PADA PRIBADI


Pelajaran yang ketiga yang bisa kita dapatkan dari semut adalah mereka selalu mendahulukan kepentingan kelompok dari pada kepentingan dirinya sendiri. Ketika semut mendapatkan makanannya, apakah dia langsung memakannya ? tidak, mereka akan membawanya terlebih dahulu kesarangnya. mereka bergotong royong saling bantu membantu untuk mengumpulkan makanan kesarangnya.

4. KEKOMPOKAN TIM


Pelajaran keempat yang bisa kita ambil dari semut adalah kompak dalam berorganisasi. kompak seperti apa ? Pernah nngak lihat segerombolan semut saling membantu mengangkut makanannya yang cukup besar ? kekompakan ini juga bisa kita mengambil kesimpulan bahwa semut itu cerdas, cerdas seperti apa ?

Baca juga : 9 doa setelah sholat terbaik

ketika semut menemukan makanan yang besar dab sulit dia angkut. semut tidak akan kehabisan akal untuk membawa makanan tersebut. mereka akan memotong makanan tersebut menjadi bagian-bagian kecil sehingga mereka dengan mudah membawanya. cerdas bukan :)

5. DISIPLIN DAN KONSISTEN


Pelajaran yang kelima yang bisa kita dapat adalah disiplin. Saat semut keluar dari sarang mereka menuju ke tempat tertentu, mereka akan membuat jalan yang dapat mereka lewati. Kemudian, saat akan kembali ke sarangnya, mereka akan tetap melewati jalan yang sudah dibuatnya tadi. Di antara mereka tidak akan membuat jalan baru. Selain itu, semut tidak akan mendahului semut yang lain saat berjalan. teratur dan disiplin. Bagaimana dengan kita ?

6. BERTANGGUNG JAWAB


Pelajaran keenam adalah semut itu bertanggung jawab. Adakah semut yang meninggalkan pekerjaannya? bersantai-santai sedangkan yang lain sibuk mengumpulkan makanan. Semut itu dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki rasa tanggung jawab besar dalam bekerja. setiap semut memliki tanggung jawab masing-masing.

KESIMPULAN

Semut adalah makhluk tuhan yang istimewah. bahkan untuk membunuhnya saja kita dilarang. Pasti ada sebabnya bukan. untuk itu semoga dari ulasan ini kita lebih menhargai semut dan menjadi suri tauladan untuk kita semua. SEMOGA BERMANFAAT

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »