Susah Bangun Pagi? Coba Lakukan 7 Tips dan Cara ini


Susah Bangun Pagi ? Pernah memasang Alarm fisik maupun di hp seluler dengan suara yang lantang untuk didengar. namun masih juga susah untuk bangun di pagi hari ? tenang, kamu gak sendiri kok. karena banyak orang yang merasakannya juga. Lalu, pasti ada yang bertanya-tanya, adakah cara untuk menghilangkan kebiasaan susah bangun pagi tersebut?. adakah tips dan cara mengatasi dan melawan sulitnya bangun karena rasa ngantuk di pagi hari ? Simak Penjelasaanya.

Susah untuk bangun pagi mungkin menjadi salah satu momok bagi kebanyakan orang, bukan apa apa. karena sulit untuk bangun di pagi hari dapat membuat mereka telat untuk ke kantor, sekolah, kampus, atau ingin ibadah sholat subuh dan kegiatan-kegiatan lainnya. apalagi kalo ada urusan yang sangat penting. wahh, bisa kebanyang dong kalo bangunnya kesiangan.

Bagi kebanyakan orang,  kesulitan untuk bangun di pagi hari ternyata dipicu dari rasa stress, malas, tingkat emosi yang tidak konsinsten, banyak pikiran dan kemampuan untuk tidur itu sendiri. Memang, perjuangan untuk bangun pagi itu tidaklah mudah. Belum lagi saat kamu sudah terbangun, kamu masih akan melawan rasa malas untuk melakukan aktivitas yang ingin kamu lakukan.

Nah, Berikut adalah trik supaya tidak malas untuk bangun pagi.


TIPS INGIN BANGUN PAGI



1. Kurangi Aktivitas malam


Tahukah kita, tubuh memerlukan setidaknya 8 jam untuk tidur. bisa dibayangkan kalo kalian tidurnya tengah malam. mau bangunnya jam berapa lagi coba ? apalagi kalo pagi nya kita ada aktivitas yang sangat penting. bisa ribet ! maka dari itu, jika kita mengetahui bahwa besok kita harus bangun pagi. hendaknya mengurangi aktivitas pada malam harinya. beranjaklah ketempat tidur dibawah jam 10 agar 8 jam untuk tidur bisa kita capai.


2. Letakan Alamrm jauh dari kita


Kalau kalian memasang alarm. sebaiknya meletakkannya jauh dari kita. kenapa ? alarm yang berada didekat kita biasanya ketika berbunyi, kita cenderung akan langsung mematikannya karena merasa terganggu kemudian tidur kembali. beda kalo alarm nya sulit kita jangkau. mau tidak mau kita harus bangun dan menjangkau alarm tersebut untuk kita matikan.


3. Setting Nada Alarm


Selanjutnya adalah coba kalian pasang bunyi alarm nya dengan nada pengingat. apaan tuh nada pengngat ? jadi begini, misalnya kalian ingin bangun pagi karena ada ujian sekolah. nah, bunyi alarm nya bisa kita ubah dengan kata kata. "ujian sekolah, ujian sekolah, ujian sekolah" 

apa fungsinya ? saat kita tidur, kadang membuat kita lupa akan segalanya. menuruti ego ngantuk yang nggak ada habis-habisnya. Nah, jika alarm pengingat itu berbunyi. diharapkan kita akan segera ingat bahwa pagi ini kita ada ujian sekolah dan mau tidak mau kita segera akan bangun dari tempat tidur. walau sedikit terpaksa :)


4. Gelapkan Tempat Tidur


Apakah kamu hobi terlelap dengan TV yang masih menyala serta lampu yang tidak dipadamkan? Jika iya, Mungkin kamu harus mengubah kebiasaan ini. Kenapa ? karena menurut penelitian tidur dengan keadaan gelap atau keadaan lampu yang padam dapat meningkatkan hormon melatonin yang mampu mencegah dan memerangi sel-sel kanker

Baca Juga : Kata Kata Inspiratif Pendiri Whatsapp

Dengan tidur dengan keadaan lampu dimatikan atau kondisi yang gelap juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita, Tidak hanya tubuh kita yang akan sehat dan segar saat bangun nanti, kamu pun bisa menghemat energi.


5. Hindari Makan Berat


Langsung tidur setelah makan akan menimbulkan banyak efek negatif untuk tubuh kita. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra saat kamu sedang terlelap, sehingga tidurmu tidak bisa nyenyak atau bahkan hal ini akan membuatmu insomnia. Di sisi lain, tidur dalam keadaan lapar juga dapat membuat tubuhmu lemas saat bangun pagi. Jadi cara terbaik untuk menyiasatinya adalah, jangan makan yang terlalu berat saat kamu hendak tidur. Dan hindari minuman berkafein serta beralkohol.

Baca Juga : Kutipan Motivasi Dari Tokoh-Tokoh Sukses Dunia


6. Buka jendela Kamarmu


Biasanya kita akan lebih sulit tertidur ketika kamar dalam keadaan terang. Oleh sebab itu, bukalah jendela kamarmu agar cahaya matahari di pagi hari bisa masuk ke dalam kamar. Hal ini bisa memicumu untuk membuka mata lebih lebar dan tidak lagi berlindung di bawah selimut nyamanmu. Selain itu, membiarkan jendela kamar terbuka saat tidur berfungsi agar sirkulasi udara di dalam kamar tetap berjalan lancar.


7. Mandi


Dan yang terakhir adalah dengan cara mandi, saat mata kita sudah terbuka. maka, paksakanlah untuk bangkit dan segera langsung mandi, walau agak berat menahan beratnya matamu, tapi, mandi bertujuan supaya kamu jadi lebih segar dan tidak merasa ngantuk lagi.


Kesimpulan


Banyak sekali manfaat positif  yang kita dapat kalo kita bangun pagi, selain membuatmu merasa segar karena mendapat udara yang sejuk, kamu juga dapat keberkahaan di waktu pagi jika kamu melakukan hal yang baik. walaupun bagi sebagian orang untuk bangun pagi adalah hal yang sulit dilakukan, namun jika dibiasakan, lama kelamaan akan terbiasa. SEMOGA BERMANFAAT

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »