3 Cara Mengobati Rasa Penyesalan karena Masa Lalu


Dalam kehidupan ini, ada kalanya kita merasakan penyesalan atas sesuatu, rasa menyesal sering kali dikaitkan dengan kejadian yang kita telah lalu (masa lalu). baik itu kesalahan yang kita perbuat, kejadian yang tidak bisa terulang kembali atau semisalnya yang disikapi secara berlebihan. lalu bagaimana cara dan tips menghilangkan dan menyikapi serta mengatasi rasa penyesalan tersebut ? Simak Penjelasannya

Penyesalan adalah perasaan dan pola pemikiran yang membuat seseorang selalu memutar kembali dan memikirkan sebuah kejadian, reaksi, atau tindakan lain yang sudah ia lakukan. akan tetapi banyak orang yang bersedih karena penyesalan memanglah datangnya belakangan. tapi bukankah, Penyesalan itu dapat memperbaiki diri. !!

Seseorang itu menyesali dirinya terhadap suatu hal dikarenakan dia lupa bahwa semua yang terjadi di dunia ini sudah ada yang mengatur, selain itu penyesalan bisa juga disebabkan karena hasrat yang terlalu tinggi dalam mengejar sesuatu, sehingga ketika hasrat itu tidak terwujud dia menjadi stress atau depresi. Sesungguhnya mungkin kita tidak mengetahui, barangkali tidak tercapainya apa yang kita inginkan adalah suatu kebaikan bagi kita.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Terbaik

Perlu kita sadari bahwa apapun yang terjadi, apapun yang sudah terjadi dan apapun yang akan terjadi, itu memang harus terjadi karena seizin Tuhan tentunya, Allah lebih mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk bagi kita. maka dari berhentilah menyesali apa yang sudah terjadi. Memang, Kita tidak akan pernah bisa memutar waktu untuk kembali ke masa lalu, Sungguh, penyesalan terhadap peristiwa yang telah terjadi tidak ada manfaatnya sama sekali. penyesalan itu hanya akan membuat sakit hati dan merusak jiwa batin kita

Masa lalu itu sendiri hanya bersifat pembelajaran, suka tidak suka itulah namanya pembelajaran
Ada tiga tips seputar menyikapi rasa penyesalan kita yaitu



MENYIKAPI RASA PENYESALAN



1. Jadikan Pelajaran


Jika kita merasa menyesal akan masa lalu, Coba. Pelajarin kenapa kamu bisa melakukan hal tersebut di masa lalu. apa alasannya ? lalu, apa penyebabnya ? jika sudah, ambil pembelajarannya untuk tidak kita ulangi di kemudian hari.

Misalkan kamu menyesal karena pernah gagal ujian sekolah. Yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu kenapa kamu tidak lulus ujian sekolah. apa sebabnya kamu  tidak belajar atau hal yang lainnya. jika memang penyebabnya karena kamu tidak belajar. tentunya kamu tentu saat ada ujian sekolah lagi kamu akan belajar karena tidak mau gagal ujian lagi.

Baca Juga : Kata Kata untuk ibu

nah, begitu juga rasa sesal dalam hal yang lainnya. Ambil pelajarannya. kadang pelajaran lebih baik untuk kita dapatkan supaya bisa lebih baik di masa yang akan datang.


2. Perbaiki Kesalahan



Tak ada manfaatnya menyalahkan diri sendiri terus-menerus. Lebih baik kamu belajar dari kesalahan yang sudah kamu lakukan.  apa yang bisa kamu perbaiki dimasa lalu. maka perbaiki lah sebelum rasa menyesal akan menghantui mu karena melakukan hal hal yang sama dengan apa ang kamu sesalkan. Misalkan kamu harus belajar dengan lebih giat lagi jika tidak mau gagal lagi diujian sekolah selanjutnya


3. Ambil Manfaatnya Positifnya


Setelah mengambil pelajaran dan memperbaiki kesalahan mu. selanjutnya coba tanyakan kepada dirimu sendiri. manfaat positif apa yang bisa kamu ambil dari masa lalu. setidaknya kamu akan lebih bijak dan berhati-hati untuk menatap masa depan. tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama karena kamu telah mempelajarinya sebelumnya. kamu akan lebih bisa mengartikan hidup dengan lebih tegar. dan menerima apapun yang sudah dan akan terjadi.

Misalkan kasus ujian sekolah diatas, Manfaat positif nya adalah kamu bisa giat belajar. kamu akan tahu kelamahaan dan memperbaiki kelamahaan sedikit demi sedikit agar dikemudian hari jauh lebih baik.


Kesimpulan


Menyesal karena masa lalu itu tidak ada manfaatnya. Cobalah menerima apa yang sudah terjadi dan hadapi apa yang akan terjadi. jangan pernah larut dalam penyesalan yang mendalam. karena tuhan tahu apa yang tidak baik dan yang terbaik untuk kita, Bersemangatlah. SEMOGA BERMANFAAT

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »