9 Cara Jitu Mengatasi Rasa Bosan dan Jenuh


RASA BOSAN


Pernah merasa bosan atau jenuh. ? Semua nya pasti pernah. Seringkali kita merasa bosan dan jenuh saat berada dirumah sendirian, di kampus, dikantor, disekolah, terhadap pasangan, saat sedang kerja dan yang semisalnya. Apalagi kalo ada yang sedang nganggur tidak ada pekerjaan. Pasti cukup frustasi bukan :), tahukah kita bahwa rasa bosan dan jenuh itu dapat kita hilangkan,  adakah cara dan tips nya ? lalu, kalau ada, bagaimana caranya mengatasi dan menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan tersebut. Apa itu bosan,? Apa penyebab nya,  Mari simak penjelasanya.

Bosan 


Bosan adalah Keadaan dimana pikiran menginginkan perubahan, mendambakan sesuatu yang baru, dan menginginkan berhentinya rutinitas hidup dan keadaan yang monoton dari waktu ke waktu.

Secara psikologi, rasa bosan didefinisikan oleh Fisher dalam istilah sebagai “suatu kondisi perasaan yang tidak menyenangkan dan bersifat sementara, yang seseorang merasakan suatu kehilangan minat dan sulit konsentrasi terhadap aktivitas yang sedang dilakukannya.


Penyebab Bosan


Banyak penyebab kita sering menjadi cepat bosan. diantaranya
  1. Stagnan : yaitu dimana kita merasa kehidupan kita tidak pernah ada perubahan dari waktu kewaktu. 
  2. Kesendirian : Betul, bahwa kita akan cepat menjadi bosan ketika kita sedang sendirian. tidak ada yang bisa diajak bicara, Meskipun ada juga orang yang menyukai kesendirian.
  3. Tidak ada aktivitas : Kebanyakan dari kita mengeluhkan bosan karena tidak ada aktivitas yang dapat kita lakukan. orang yang ada aktivitanya saja bisa bosan. apa lagi yang tidak ada sama sekali.
  4. Kondisi yang tidak menyenangkan : kadang kita menemukan kondisi dimana menurut kita tidaklah menyenangkan. misalnya menunggu, tidak punya uang, disuruh-suruh, menyesal, serba salah dan yang semisalnya.

Bosan Itu wajar


Sebenarnya perasaan bosan dan jenuh itu adalah hal wajar yang datang di kepala kita atas sesuatu yang kita lakukan. Bosan menjadi penanda apakah seorang manusia masih melakukan aktivitas kehidupan atau tidak. Maka bersyukurlah bila kita dalam beraktivitas tiba-tiba muncul rasa bosan.

Namun, rasa bosan juga tidak bisa diremehkan. Bosan yang terus berkelanjutan dapat berakibat rasa malas yang akut, self confidence (percaya diri) yang rendah, dan membuat hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik.


CARA MENGATASI BOSAN DAN JENUH


1. Aktivitas Rohani


Aktifitas Rohani ini maksudnya adalah beribadah. Bagi yang beragama islam, waktu-waktu luang bisa kita manfaatkan untuk sholat dan berzikir atau membaca al-quran. gunakan waktu luang kita untuk mendekatkan diri kepada tuhan. bukan hanya bosan hilang, kitapun juga akan dapat pahala dari Allah SWT.


2. Bosan Karena Stagnant


Carilah cara agar kita tidak stagnan (berjalan ditempat). Carilah ide-ide baru yang kreatif . penyebab stagnan karena kita melakukan hal yang sama dan dengan cara yang sama, termasuk dengan pola pikir yang sama. hal yang salah jika kita pikir bahwa kita sudah melakukan dengan cara yang terbaik, karena masih ada cara yang terbaik, hanya saja anda belum mengetahuinya.


3. Ubah Caramu


Ubahlah cara kita saat melakukan sesuatu rutinitas. Misalnya, kalau biasanya menulis sambil duduk, cobalah menulis sambil jongkok atau berbaring. Kalau biasanya membaca di kursi, cobalah membaca sambil berjalan-jalan atau meloncat-loncat. Kalau biasanya menelpon dengan tangan kanan, cobalah dengan tangan kiri. Dan seterusnya.


4. Bersosialisasilah


Dari penyebab-penyebab rasa bosan diatas. ada satu penyebab mengapa orang begitu cepat merasakan bosan dan jenuh. yaitu ketika sedang sendirian. perlu diingat bahwa manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. untuk itu, saat kita bosan cobalah ajak bicara orang lain, bila memang tidak ada seorang pun yang dapat diajak bicara. kita dapat melakukan telpon, chat dan semisalnya. intinya jangan menutup diri.


5. Membaca


Membaca juga dapat menghilangkan bosan yang kita rasakan. dengan membaca kita secara tidak langsung menyuruh otak agar tetap berpikir dan berfungsi. baik itu buku atau artikel-artikel yang menarik. buku atau artikel yang dapat menghilangkan bosan antaranya yang bersifat lucu, komik dan semisalnya. akan tetapi, sebaiknya dan disarankan untuk membaca buku atau artikel mengenai pelajaran dan hal-hal yang mendidik lainnya.


6. Lakukan Hobi


Jika bosan saat tidak ada aktifitas. Hobi adalah hal yang tepat untuk kita dilakukan. Hobi identik dengan hal-hal yang disukai dan tentunya menyenangkan, kita juga dapat mengembangkan hobi kita. misalnya admin yang hobi komputer. untuk itu admin mempelajari berbagai software yang admin temukan. selain itu hobi akan menjadi sangat berguna ketika kita dilanda kebosanan dengan catatan hobinya yang positif.


7.Cinta Aktivitas yang sedang dilakukan


Kadang kita merasa bosan dan jenuh menjalani sebuah aktivitas. ini dikarenakan kita tidak mencintai aktivitas yang kita lakukan, kadang ada kata "terpaksa" untuk melakukannya. dengan mencintai aktivitas yang dilakukan, itu artinya kita nyaman dan ikhlas dalam menjalani aktivitas dalam kehidupan kita. Dengan mencintai aktivitas yang dilakukan berarti kita mampu mengatasi rasa bosan.



8. Cari Suasana Baru


Suasana yang begitu-begitu saja merupakan salah satu penyebab utama timbulnya rasa bosan dan jenuh. Carilah suasana baru. misalnya pergi ke tempat-tempat belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Suasana baru  menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan. Suasana baru dapat menyegarkan pikiran, memberikan ketenangan dan kenyamanan, serta segala hal lain yang membuat keseharian kita lebih bervariasi ketimbang melakukan aktivitas yang sama setiap harinya.


9. Tidur


Tidur adalah senjata pamungkas untuk dapat menghilangkan rasa bosan. mungkin tidur menjadi pilihan terakhir bila tips diatas tidak bisa kita temukan atau dilakukan. setidaknya tidur menghilangkan rasa bosan dan membuat tubuh dan otak dapat beristirahat sejenak dari segala hal yang membuat kita jenuh dan bosan

Kesimpulan 


Rasa bosan adalah hal manusiawi yang setiap orang pasti merasakannya.  untuk itu semoga dari ulasannya kita dapat sedikit mengurangi setidaknya sedikit rasa bosan yang kita rasakan saat ini. SEMOGA BERMANFAAT

BERBAGI DALAM KEBAIKAN ITU INDAH

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »