10 Cara Sederhana Agar membuat Rasa Percaya Diri Bertambah

Apakah kamu sering merasakan gugup atau grogi, atau sering tidak percaya diri (pede) ? entah itu ketika presentasi dikantor atau disekolah, ingin bertemu pacar, berbicara, berpidato, wawancara kerja dan semisalnya. Kita harus evaluasi terlebih dahulu tujuan dan alasan mengapa kita harus percaya diri. kemudian, apa manfaat dan bagaimana tips dan cara menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangan rasa gugup atau grogi karena sifat pemalu. mari simak penjelasannya.

Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya. banyak yang berpikiran bahwa percaya diri hanya berhubungan dengan pergaulan dan tampil didepan umum.

10 Cara Sederhana Agar membuat Rasa Percaya Diri Bertambah
Percaya Dir
Krisis percaya diri sangat tidak baik jika terus dibiarkan dikehidupan kita. bila terlalu lama dapat menyebabkan rasa minder yang berlebihan dan dapat mengurangi semangat secara drastis. dan ujung-ujungnya kita akan selalu dihinggapi pikiran yang negatif.


Tapi tenang saja. kita tidak sendirian.  percaya diri yang rendah itu juga dialami oleh semua orang. namun walau banyak yang merasakannya. bukan berarti tidak ada cara yang bisa kita terapkan untuk menangkisnya. berikut caranya.

TIPS MEMBUAT PERCAYA DIRI BERTAMBAH


BERDOA

Ketika ingin melakukan sesuatu apapun itu. ada baiknya kita mengawalinya dengan doa. mintalah perlindungan kepada tuhan dan percayalah bahwa tuhan akan selalu bersama kita disetiap apapun yang akan kita lakukan. maka rasa percaya diri itu pun akan meningkat. mungkin doaku hari ini bisa membantu.

TANAMKAN BAHWA KITA BISA

Hal ini cukup berpengaruhu dalam kepercayaan diri yang mana kita terus menerus mensugesti diri bahwa kita tidak bisa melakukannya. mari bercermin dari orang yang bisa melakukannya. bagaimana dia melakukannya ? pelajari tapi jangan meniru. kemudian percaya bahwa ketika orang lain bisa melakukannya, kita pun juga bisa melakukan bahkan bisa lebih baik darinya.

JADILAH DIRI SENDIRI

Kepercayaan diri itu akan muncul ketika adanya rasa menerima dengan apa yang dimiliki, baik itu kelebihannya maupun kekurangannya. jangan sekali-sekali membandingkan diri dengan orang lain. karena akan membuat rasa percaya diri dapat berkurang. untuk apa disukai tapi menjadi orang lain. akan ada seseorang yang menyukaimu apa adanya. itu lebih baik.

PERCAYA BAHWA KITA ISTIMEWA

Cobahlah berpikir bahwa kita ini istimewah. berbakat dan bisa melakukan apapun. walaupun kita memiliki banyak kekurangan. cobolah cari keistimewaan kita. lalu tunjukan. tapi, sebaiknya jangan berlebihan. ini akan membuat kita merasa sombong dan besar kepala. cobalah terapkan ini ketika rasa percaya diri tiba-tiba berkurang saja.

BERPENAMPILAN RAPIH

Penampilan yang baik memang berpengaruh sekali dalam meningkatkan rasa percaya diri kita. kadang hal yang pertama dinilai seseorang adalah penampilan yang rapi. dengan berpenampilan yang rapih akan membuat orang lain menjadi segan terhadap kita. maka kepercayaan diripun akan meningkat dengan sendirinya. untuk itu, biasakanlah selalu berpakaian rapih dan menarik.

FOKUS AKAN HAL POSITIF SAJA

Sadar atau tidak, rasa tidak percaya diri itu hadir karena kamu terlalu takut dan cemas akan penilaian atau hasil yang kelak didapat. fokuskan pikiran dengan hal positif saja. misalnya besok kita akan wawancara kerja. dari pada fokus memikirkan apa saja yang akan ditanyakan dan bagaimana killer-nya yang menguji. lebih baik fokus kepada penguasaan materi yang ingin dijelaskan kepada penguji. masalah baik atau buruk hasilnya itu urusan nanti.

BUATLAH SETIDAKNYA 1 PENCAPAIAN SETIAP HARI

Maksudnya adalah Untuk bisa merasa percaya diri, tentu kita harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Jelas, keyakinan ini tidak bisa datang begitu saja. Kamu harus rutin menguji diri supaya tahu sampai mana batas kemampuan yang dimiliki.

Setiap harinya, buatlah 1 pencapaian yang harus bisa kamu wujudkan. Tidak perlu pencapaian besar, cukup yang kecil saja namun layak untuk dibanggakan.

BERKONSENTRASI

Dengan bahasa tubuh. seseorang dapat membaca diri kita. Misal, ketika kita lagi grogi atau gugup kebanyak dari kita sering mondar-mandir, tegak duduk karena hati kita tidak tenang. cobalah menenangkan diri dengan cara menfokuskan pandangan, menarik nafas kemudian hembuskan. maka rasa cemas itupun akan sedikit berkurang dan percaya diri akan tumbuh kembali.

PERSIAPKAN DIRI DENGAN BAIK.

Susah bagi kita untuk menumbuhkan rasa percaya diri jika kita tidak mempersiapkan diri kita dengan baik. seakan menyerahkan diri sepenuhnya kepada nasib. ini adalah hal yang negatif yang perlu kita hindari.


misalnya 2 hari lagi kita akan ujian. kalau kita tidak mempersiapkan diri kita dengan belajar. tentu saat mengerjakan soal kita akan menjadi grogi kemudian akan muncul kecemasan berkepanjangan untuk menunggu hasilnya. sebaliknya, ketika kita sudah belajar dan mempersiapkan diri kita untuk ujian. kita akan lebih santai untuk mengerjakan soal tersebut karena sudah dipahami dan dipelajari.

PERKAYA PENGETAHUAN

Salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan meningkatkan pengetahuan. misakan ketika kita sedang berpresentasi jangan fokus dengan satu yang dikuasai akan tetapi sebaiknya pelajari materi yang lain untuk menjaga-jaga dari hal yang tidak disangka-sangka.

KESIMPULAN

Kepercayaan diri itu tumbuh dan lemah tergantung dari apa yang kita pikirkan dan apa yang kita sugensti kan.  intinya jangan pernah takut dengan apapun. karena tuhan lebih pantas untuk kita takuti. maka dari itu semoga ulasan ini membuat kita lebih percaya diri dimasa mendatang.
SEMOGA BERMANFAAT

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »