4 Kelompok Black-hat Hacker Yang Paling Berbahaya dan Ditakuti Di Dunia

Ada yang sedang mempelajari dunia hacking, Mungkin kalian sudah mengenal tentang kata hacker, Namun, adakah yang tahu kelompok kelompok hacker (Black-hat hackers) yang cukup populer dan disegani didunia yang perlu kita ketahui untuk menjadi media pelajaran pribadi dan motivasi kita ? kalau mau, simak penjelasannya,



Hacker adalah orang yang memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman dan berkeinginan mengetahui secara mendalam tentang kerja sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. Hacker kini menjadi istilah yang umum didunai komputer saat ini, banyak orang yang beranggapan bahwa sosok hacker sebagai sosok yang jahat di dunia sistem komputer.

Padahal tidaklah semua hacker memiliki prilaku yang jahat, perusakan atas sebuah sistem komputer sebenarnya lebih tepat disebut sebagai cracker.

Perkembangan hacker itu sendiri terbagi menjadi dua kelompok yaitu White-hat Hackers, dan Black-hat hackers, White-hat hakers yang menggunakan kemampuan dan keahlian teknisnya untuk mengembangkan sebuah Teknologi Informasi, sedangkan Black-hat hackers melakukannya untuk kejahatan. dan inilah empat kelompok Black-hat hacker yang paling populer serta ditakuti didunia yang dihimpun dari berbagai sumber

1. Anonymous


Anonymous adalah sebuah kelompok anonim ( tanpa nama ) yang sering tampil dengan ciri khas memakai topeng Guy Fawkes dalam film `V for Vendetta.

Kelompok paling terkenal di dunia ini.adalah kelompok yang bersifat terbuka dan menjalankan sistem perekrutan secara online. Hasilnya, saat ini diperkirakan sudah ada ribuan hacker yang tergabung dalam Anonymous. Kelompok yang saat ini mempunyai anggota kurang lebih 5.635 orang ini memiliki moto “Kami adalah Anonymous. Kami adalah Pasukan. Kami tidak memaafkan. Kami tidak melupakan. Tunggu Kami”.

Baca Juga : Tips Mengatasi Rasa Bosan

Anonymous bisa dibilang tempat berkumpul semua jenis hacker,  Mereka berjuang melawan aksi sensor internet sampai menjalankan protes terhadap hal-hal yang mereka anggap korup dan penuh dengan unsur penindasan yang menyuarakannya dengan tindakan maya. Kelompok yang pernah menglaim bahwa internet adalah punya mereka disebut-sebut sebagai dalang di setiap masalah yang ada di dunia maya atau internet. entah apa alasannya, akan tetapi, itu adalah bentuk pengakuan dunia atas kemampuan yang mereka miliki dalam dunia internet.

Korban dari Anonymous tercatat, mulai dari situs agama, swasta, sampai pemerintah. Mereka pernah meretas Pentagon, MasterCard, Visa, sampai PayPal. Sony PlayStation Network, Bahkan  FBI pun pernah mereka retas,. Anonymous juga yang bertanggung jawab atas aksi hacking Charlie Hebdo dan ISIS di tahun 2015.

2. Lizard Squad


Sekelompok orang yang menamakan didirinya Licard Squad mengaku telah berhasil meluluh lantakkan sistem media sosial terbaik didunia yaitu Facebook dan Instagram, Sistem ke dua media sosial tersebut tidak berfungsi selama 1 jam lamanya. namun pihak Facebook membantah dengan menyebut kejadian itu karena kesalahan internal.

Selain itu, mereka juga berhasil melibas akses MySpace, Tinder, Hipchat dan AOL Instant Messenger, kelompok ini juga mengaku yang bertanggung jawab atas peretasan akun twitter Artis terkenal Taylor Swift yang Sebelumnya mereka juga mengaku telah meretas situs Microsoft dan Sony.

Baca Juga : 7 Hal yang tidak diboleh dilakukan di media sosial

Black-hat hacker Lizard Squad juga pernah merusak sistem layanan PlayStation Network (PSN) dan Xbox Live tepat pada malam perayaan Natal tahun 2014. Serangan cyber yang canggih dari Lizard Squad ini memiliki ciri khas yang selalu menggunakan metode serangan dengan sebuah tools yang disebut DDoS Attack.

3. Masters of Deception

Para anggota Master of Deception ini seringkali melakukan tindakan penyerangan yang mereka sebut sebagai salah satu tindakan pencurian informasi komputer terbesar yang pernah diketahui. Informasi rahasia yang telah mereka curi itu nantinya mereka jual kepada siapapun yang mampu membayar dengan nominal paling besar.

Namun kejayaan dari Master of Deception berhenti ketika agen Secret Service melancarkan serangan besar dan menangkap lima hacker terbaik dari Master of Deception.

4. Milw0rm

Sebuah aksi yang berdampak besar pernah dilakukan oleh Black-hat hacker Milw0rm pada tanggal 3 Juni 1998. Sebagai aksi protes anti-nuklir, saat itu Milw0rm menyerang fasilitas riset nuklir utama milik India ‘Bhabha Atomic Reserach Center (BARC)’. Aksi yang juga dilancarkan Milw0rm ke beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Russia, dan New Zealand ini berhasil membobol firewall fasilitas tersebut, memperoleh data rahasia dari riset terbaru sebesar 5 MB, menghapus data yang ada di dua server, dan menulis pesan anti-nuklir pada situs pusat mereka.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Motivasi

Tak lama setelah aksi tersebut, Nama Milw0rm kembali mencuat ketika berhasil menyerang perusahaan hosting EasySpace. Dalam aksi ini mereka berhasil memunculkan pesan anti-nuklir dalam tempo 1 jam di 300 situs web lainnya, termasuk #website FIFA World Cup, Wibledon, Ritz Hotel, Drew Barrymore, dan Keluarga Kerajaan Saudi.

KESIMPULAN

Sebenarnya definisi hacker itu baik, namun, ada segelintir orang yang memanfaatkan kelebihan kemampuannya untuk melakukan hal-hal yang negatif yang tidak perlu kita tiru. Menjadi Black-hat hacker sangat tidak dibenarkan dalam dunia Sistem Komputer, karena bertujuan merusak dan mencerminkan pribadi yang yang tidak bertanggung jawab atas perbuatan tersebut. sebaiknya, jika kita mempunyai kemampuan, lebih baik melakukannya untuk perkembangan akan teknologi informasi itu sendiri, SEMOGA BERMANFAAT

Share this

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »