Kisah Inspiratif Jack Ma Pendiri Alibaba - Profile Jack Ma

Kisah Inspiratif Jack Ma Pendiri Alibaba - Profile Jack Ma


Alibaba mungkin kata tersebut sudah tidak asing lagi untuk kita. Alibaba adalah perusahaan e-Commerce terbesar didunia saat ini. tapi dari kebesaran nama Alibaba. kita juga harus mengetahui siapa sosok orang dibalik kesuksesan Alibaba. Jack Ma adalah pendiri dan pembuat situs Alibaba.com. Lalu bagaimana dia mendirikannya ? Kali ini kita akan lebih dalam mengenal Kisah Inspirasi Jack Ma, Profil dan biografi, serta cerita sukses perjalanan kehidupan yang mungkin dapat memberikan pelajaran hidup untuk kita dan menarik untuk kita simak.

SEKILAS TENTANG JACK MA


Apakah belum mengenal sosok di balik kerajaan besar Alibaba, Situs Raksasa E-commerce terbesar di dunia dan menjadi salah satu cikal bakal bommingnya startup e-commerce di dunia. Ya, Jack Ma namanya. Walau saat ini dirinya dikenal sebagai orang terkaya di China, jangan pernah berpikir jika pendiri sekaligus founder dari perusahaan rakasasa dunia bernama Alibaba ini mendapatkan kekayaanya tersebut dari harta warisan atau menang lotre, tidak!

Semua kekayaanya dia peroleh dengan, Doa,  kerja keras, kerja kerja keras, kerja cerdas dan pantang menyerah. Jack Ma sendiri juga bukan orang kaya, dulunya dia hanyalah seorang anak miskin di China. Namun karena kegigihanya ia hanya butuh waktu semalam untuk mentasbihkan dirinya menjadi orang terkaya nomor satu di China atau negeri tirai bambu. 


BIOGRAFI DAN PROFIL JACK MA


Jack Ma atau Ma Yun lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 oktober 1964. Jack Ma tumbuh di lingkungan penduduk yang sederhana di Hangzhou. Semasa hidupnya, dia harus berhadapan dengan berbagai masalah. Ma ditolak di setiap sekolah, tempat dia ingin belajar. Bahkan sejak sekolah dasar, dia sudah menerima penolakan karena ujian matematikanya yang buruk. Tapi Ma bertahan dan melaluinya.

Ma (alias Ma Yun) lahir pada tanggal 15 Oktober 1964 di Hangzhou, sebalah bagian tenggara Tiongkok. Dia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Dia dan saudara-saudaranya tumbuh dalam keluarga yang kurang mampu dan yang saat itu Tiongkok Komunis semakin terisolasi dari Barat.

Kisah Inspiratif Jack Ma Pendiri Alibaba - Profile Jack Ma



Walaupun terlihat , Ma sering berkelahi dengan teman sekelasnya. “Aku tidak pernah takut lawan yang lebih besar daripada aku”, kenangnya dalam sebuah buku karya Liu Shiying dan Martha Avery, ‘Alibaba’. Ma memiliki hobi sama seperti anak-anak lain. Dia suka mengumpulkan jangkrik dan mempertarungkannya. Uniknya, dia mampu membedakan ukuran dan jenis jangkrik hanya dari suara yang jangkrik tersebut keluarkan.

Baca Juga : 2 Waktu Terbaik untuk Tidur Menurut Islam dan Kesehatan

Setelah presiden AS Richard Nixon mengunjungi Hangzhou pada tahun 1972, kampung halaman Ma menjadi tujuan wisata yang ramai. Inilah kesempatan baginya. Sebagai seorang remaja. Sejak usia 12 hingga 20 tahun, Ma selalu bangun menjelang terbitnya matahari dia mengendarai sepedanya selama 40 menit ke hotel di mana dia bisa bertemu banyak turis dan dapat belajar bahasa Inggris. Ma menyadari bahwa dia tidak pandai berbahasa inggris untuk itu dia melatih bahasa inggris nya.  Ma menemukan perbedaan belajar bahasa inggris secara langsung kepada turis dengan guru bahasa inggrisnya, koran yang dia baca. 

"disini kita mendapatkan pelajaran bahwa ilmu itu tidak terbatas selagi kita bersungguh sungguh dan mempunyai kemauan"

Ma tak mempunyai banyak uang, juga tak punya juga koneksi, maka satu-satunya cara yang bisa Ma lakukan untuk bisa maju adalah melalui pendidikan. Setelah SMA, dia memutuskan untuk kuliah. Dia pernah gagal ujian masuk dua kali, namun berkat usahanya yang keras dengan belajar lebih giat, ia akhirnya lulus ujian ketiga dan resmi menjadi mahasiswa Hangzhou Teacher’s Institute (Sebuah Perguruan Tinggi khusus bidang pendidikan). Dia lulus pada tahun 1988 dan mulai melamar pekerjaan di beberapa perusahaan.

Dia menerima lebih dari selusin penolakan (termasuk dari KFC ) sebelum akhirnya dia dipekerjakan sebagai guru bahasa Inggris. Ma sangat mencintai murid-muridnya dan menikmati pekerjaannya sebagai guru, walaupun dia hanya mampu menghasilkan $12 setiap bulannya.

AWAL BERDIRINYA ALIBABA


Ma tidak memiliki pengalaman dengan komputer maupun coding, tapi ia terpikat oleh internet ketika ia menggunakan untuk pertama kalinya saat perjalanan ke AS pada tahun 1995. Saat itu, dia baru saja memulai bisnis jasa penerjemahan dan melakukan perjalanan untuk membantu pemulihan pembayaran perusahaan Cina . Saat pertama kali, hal yang dia cari dalam pencarian online adalah “bir,” tapi dia terkejut ketika tidak ada bir Tiongkok yang muncul dalam hasil pencarian tersebut. Berbekal rasa penasaran, Saat itulah ia memutuskan untuk membangun sebuah perusahaan internet Republik Rakyat Tiongkok (China). dan kemudian menjadi faktor pemicu berdirinya Alibaba Group. Ma melihat banyak pengusaha pengusaha kecil di china ingin menjual barang-nya ke luar negeri akan tetapi mereka tidak punya uang, visa, sponsor, hubungan mitra perdagangan, 

Ma berpikir ini adalah peluang. peluang untuk membantu dan bermanfaat bagi banyak  masyarakat china. Ma berpikir Internet mungkin bisa membantu. Kemudian Ma mengumpulkan teman-teman nya dan berkata dia akan melakukan sesuatu dengan Internet. Akan tetapi semuanya mentertawakan ide dan konsep Jack Ma


KESABARAN AKHIRNYA MUNCUL CAHAYA



Kisah Inspiratif Jack Ma Pendiri Alibaba - Profile Jack Ma


Meskipun pada awal bisnisnya Ma mengalami kegagalan sebanyak dua kali, empat tahun kemudian . Pada tahun 1999, dengan keyakinan yang tinggi Ma mendirikan Alibaba dari kamarnya di Hangzhou dengan 17 temannya. dan meyakinkan mereka untuk berinvestasi pada diri dan visinya dalam menciptakan sebuah pasar online yang kemudian dia beri nama ‘Alibaba’. Situs tersebut akan memuat banyak produk dari para exportir yang memungkinkan pelanggan dapat membeli langsung melalui situs tersebut. Mereka berhasil mengumpulkan pendanaan pertama senilai USD 60 ribu. Pada waktu itu, e-commerce belum dikenal di China. Ternyata Alibaba kemudian sukses dan banyak menarik perhatan investor.


Dengan cepat layanan tersebut mulai menarik anggota dari seluruh dunia. Pada bulan Oktober 1999, perusahaan tersebut telah mengumpulkan $5 juta dari Goldman Sachs dan $20 juta dari SoftBank, sebuah perusahaan telekomunikasi Jepang yang juga berinvestasi di perusahaan-perusahaan teknologi. Tim yang dibentuknya menjadi tim yang solid dan berjiwa juang yang tinggi, “Kita akan menciptakannya karena kita masih muda dan kita tidak akan pernah, tidak akan pernah MENYERAH!” seru Ma kepada timnya.

Dia selalu menumbuhkan dan menjaga suasana menyenangkan di Alibaba. Ketika perusahaan untuk pertama kalinya mendapatkan keuntungan, Ma memberi setiap karyawan sekaleng Silly String dan ‘menggila’ bersama mereka. Pada awal 2000-an, ketika perusahaan memutuskan untuk memulai Taobao (diciptakan untuk menyaingi eBay), dia terkadang mengambil alih pekerjaan timnya dan memberikan mereka istirahat supaya energi mereka tetap prima.

Dan kini, Alibaba merupakan retailer online terbesar di China dan berada di posisi kedua dunia Saat ini, Alibaba tengah berniat mengalahkan eBay, situs jual beli online yang bermarkas di Amerika Serikat (AS). Berkat kegigihannya, dua situs Alibaba, Taobao Marketplace dan Tmall.com, kini mendominasi sistem portal pengiriman China. Tanpa berbekal pengetahuan sedikitpun di bidang teknologi dan komputerisasi, Jack Ma ternyata mampu menjadi pendiri retailer online terbesar di China, Alibaba Group. Berkat bisnisnya itulah, mantan guru bahasa Inggris ini sukses menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

Ma mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO pada tahun 2013, dan memilih menjadi ketua eksekutif Alibaba. “Hari ini apa yang kita punya bukanlah uang. apa yang kita punya adalah kepercayaan dari orang-orang”, Ma mengatakan kepada CNBC pada tgl 19 September. Dalam daftar perusahaan oleh Amerika, Alibaba tercatat sebagai perusahaan pertama yang memiliki $150 miliar IPO dalam sejarah Bursa Efek New York. Hal inilah yang menggiring Ma menjadi orang terkaya di Tiongkok, dengan nilai kekayaan sekitar US $25 miliar.\

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata Motivasi Hidup yang Penuh Inspirasi

IPO mungkin memang telah membuat Ma menjadi orang yang sangat kaya, namun ia (belum) melakukan pembelian yang mencolok, dan masih memiliki beberapa hobi yang cukup sederhana. “Saya tidak berpikir dia banyak berubah, ia masih dengan gayanya yang lama”, Xiao-Ping Chen, seorang teman dari Ma, kepada USA Today. Dia suka membaca dan menulis cerita fiksi kung fu, bermain poker, bermeditasi, dan berlatih tai chi. Dia bahkan telah bekerja sama dengan Jet Li untuk menyebarkanluaskan pentingnya kesadaran tai chi, dan ia membawa serta pelatih bersamanya ketika melakukan perjalanan.

WANITA HEBAT DIBALIK LAKI-LAKI HEBAT


Ma termasuk orang yang tidak begitu suka kehidupan pribadinya disorot. Dia diketahui menikah dengan teman sekolah yang sangat dia cintai sejak sekolah dulu bernama Zhang Ying.

Cinta Ma juga ternyata bersambut karena Zhang Ying juga ternyata sangat mencintai Ma.

“Dia memang tidak tampan tapi aku jatuh cinta padanya karena dia bisa melakukan banyak hal yang tidak dapat dilakukan oleh pria lain,” ucap Zhang. seperti dikutip Aribicara.com


KUTIPAN JACK MA


Dari dokumentasi diatas sepositif.com mencoba mengumpulkan dan memberi kutipan-kutipan mutiara yang pernah disampaikan Jack Ma untuk motivasi kita semua. kutipan motivasi sukses jack ma alibaba

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »