9 Doa Doa Setelah Sholat Terbaik yang menenangkan hati

Kumpulan Doa-Doa Islami


Sebagai umat yang beragama, berdoa adalah sesuatu hal yang tidak bisa dipisahkan ketika kita sedang beribadah. Biasanya kita selalu berdoa setelah sholat, iya kan ! akan tetapi, doa-doa islami tidak mesti kita panjatkan ketika setelah sholat saja. melainkan bisa juga ketika kita sedang beraktivitas yang menegaskan bahwa kita selalu mengingat tuhan dan selalu menyertakan tuhan disetiap apa yang kita lakukan.

Doa-doa yang dipanjatkan merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang shalih. Dengan tadharu’ dapat menambah kemantapan jiwa, sehingga doa kepada Allah akan senantiasa dipanjatkan, baik dalam keadaan senang maupun dalam keadaan susah, dalam penderitaan maupun dalam kebahagiaan, dalam kesulitan maupun dalam kelapangan. 

Doa setelah sholat juga sebagai ungkapan pengaduan kepada tuhan semesta alam. setelah kita beribadah, sholat kita dapat menyampaikan  rasa syukur, permintaan, permohonan, bertaubat, meminta ampun, meminta perlindungan baik dari masalah, godaan setan, fitnah, kezaliman, kejahatan, keburukan yang dapat menenangkan hati agar kita selalu di dalam perlindungannya dan keridha-annya. 

PENGERTIAN DOA

Doa merupakan permohonan kepada tuhan yang disertai dengan kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan. Doa adalah bagian dari ibadah. dalam artian, doa diibaratkan tiang penyangga dalam seuatu bangunan. yang menguatkankan bangunan. 

Meski doa artinya menyeru dan memohon, di dalamnya tersimpan kekuatan untuk bangkit dan membuat loncatan hidup jauh ke depan. Ketika berdoa kepada Tuhan, beban seseorang akan menjadi ringan karena telah dibagi dengan Dia Yang Mahaagung yang di tangan-Nya tergenggam semesta alam ini.

9 Doa Doa Setelah Sholat Terbaik yang menenangkan hati
Berdoa


APA FUNGSI BERDOA

Ada pertanyaan yang sering mengganggu saya. Untuk apa berdoa sedangkan Allah telah mengatur dan menentukan takdir segala sesuatu sebelum kita lahir ?

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghafir [40]: 60).

Dalam ayat ini, Allah. menegaskan bahwa berdoa dan memohon kepada Allah. itu adalah ibadah. Oleh karena itu, Allah. mengatakan bahwa orang-orang yang tidak mau berdoa kepadanya, padahal Dia sudah menjanjikan akan mengabulkan doanya sebagai orang-orang sombong sehingga akan dimasukkannya ke dalam neraka dalam keadaan hina.


Berikut kumpulan doa-doa yang bisa kita panjatkan dalam keadaan apapun: 

SEMOGA BERMANFAAT


                      رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

RABBANAA LAA TUZIGH QULUUBANAA BA'DA IDZ HADAITANAA WAHAB LANAA MIL LADUNKA RAHMA, INNAKA ANTAL WAHHAAB 

Artinya Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi
رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْراً كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا 
وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami. ampunilah kami. dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir. (QS. Al-Baqarah: 286)
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي 
ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِم
Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni'mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim). (QS. Al-Ahqaf: 15)


عَلِّمْنِي دُعَاءً أَدْعُوْ بِهِ فِي صَلاَتِي. قَالَ: قُلْ:

اللّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِيْ إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Ya Allah sesungguhnya aku telah menganiaya diriku dengan kezhaliman yang banyak, dan tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau, maka ampunilah aku dengan pengampunan dari sisiMu, dan sayangilah aku, karena sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang'."

للّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ.


Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, kepikunan, dan kebakhilan, dan aku berlindung kepadaMu dari azab kubur dan aku berlindung kepadaMu dari fitnah kehidupan dan kematian'." Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Kitab al-Jihad, Bab Ma Yata'awwadzu Min al-Jubni, 6/36, no. 2823; dan Muslim, Kitab adz-Dzikr, Bab at-Ta'awwudz Min al-Ajzi wa al-Kasali, 4/2079, no. 2706.

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang mengakhirkan, dan Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu." Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Kitab ad-Da'awat, Bab Qauluhu Shallallahu 'alaihi wasallam : Allahummaghfirli, 11/196, no. 6398, dan Muslim, Kitab adz-Dzikr, Bab at-Ta'awwudz Min Syarri Ma Amila, 4/2087, no. 2719. 

اَللّهُمَّ أَصْلِحْ لِيْ دِيْنِيَ الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِيْ، وَأَصْلِحْ لِيْ دُنْيَايَ الَّتِيْ فِيْهَا مَعَاشِيْ، وَأَصْلِحْ لِيْ آخِرَتِيَ الَّتِيْ فِيْهَا مَعَادِيْ، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِيْ فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِيْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ.

Ya Allah, perbaikilah agamaku untukku yang mana ia merupakan penjaga perkaraku. Perbaikilah duniaku untukku yang di dalamnya terdapat kehidupanku. Perbaikilah akhiratku untukku yang di dalamnya terdapat tempat kembaliku. Jadikanlah hidupku sebagai tambahan untukku dalam setiap kebaikan, serta jadikanlah matiku sebagai istirahat untukku dari segala keburukan

BACA JUGA 


اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ، بِأَنِّي أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ، لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ اْلأَحَدُ الصَّمَدُ، الَّذِيْ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ.فَقَالَ: لَقَدْ سَأَلْتَ اللهَ صلى الله عليه وسلم بِاْلاِسْمِ الَّذِيْ إِذَا سُئِلَ بِهِ أَعْطَى وَإِذَا دُعِيَ بِهِ أَجَابَ.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu, bahwasanya aku bersaksi bahwa Engkaulah Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Engkau yang Maha Esa, Yang bergantung kepadaMu segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada sesuatu pun yang menyerupai Dia.

Maka Rasullulloh bersabda, "Engkau telah meminta kepada Allah dengan nama yang apabila diminta dengannya niscaya Dia akan memberi, dan apabila diucapkan doa dengannya niscaya Dia akan mengabulkan."  


Ada satu doa indah yang selalu admin panjatkan ketika selesai sholat
Ya Allah. Engkau yang maha mengetahui sedangkan hamba tidak tahu. Engkau yang maha mengatur sedangkan hamba tidak mengatur. bila engkau mengetahui ada sesuatu yang baik untuk hamba, kehidupan hamba, agama hamba, maka dekatkanlah dan permudahkanlah. dan jika engkau mengetahui sesuatu itu tidak baik untuk hamba, kehidupan hamba, agama hamba, maka palingkanlah hamba dari sesuatu itu, dan palingkanlah sesuatu itu dari hamba. naikanlah derajad hamba dan gantilah dengan yang lebih baik. kemudian ikhlas kan lah hamba menerimanya. 

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »